fbpx

Jurusan Manajemen Informasi dan Perpustakaan Terbaik ada di Kanada

Halo, Anak Rantau! Apakah kamu tahu tentang jurusan manajemen informasi dan perpustakaan? Mungkin kamu merasa asing dengan jurusan ini, akan tetapi pada dasarnya jurusan ini merupakan penggabungan antara ilmu perpustakaan dan ilmu informasi. Pertama kali jurusan ini muncul di University of Pittsburgh pada tahun 1964. Lalu, kira-kira, sekarang di universitas manakah yang berhasil menawarkan jurusan manajemen informasi dan perpustakaan terbaik di dunia?

Pada tahun 2018, posisi pertama untuk peringkat jurusan manajemen informasi dan perpustakaan versi QS World University Ranking dipegang oleh University of Sheffield dan University of North Carolina, Chapel Hill. Nah, untuk tahun 2019 ini, ternyata University of British Columbia (UBC) berhasil menduduki posisi pertama. Iya, universitas yang terletak di Vancouver dan Okanagan ini, berhasil naik tiga peringkat dari posisinya di tahun sebelumnya.

Sebetulnya, apa sih yang dipelajari di jurusan ini? Berikut penjelasannya.

Sejarah Jurusan Manajemen Informasi dan Perpustakaan, UBC

UBC - manajemen informasi dan perpustakaan
Sumber: macleans.ca

Sebagaimana yang telah dijelaskan, jurusan ini merupakan penggabungan dari ilmu perpustakaan dan infromasi. Awalnya, School of Librarianship didirikan di UBC di bawa naungan Faculty of Arts and Science pada tahun 1961. Kala itu, sekolah ini ditujukan sebagai sebuah sekolah profesional dan menghasikan sarjana ilmu perpustakaan pada tahun 1962.

Jurusan ini mengalami perkembangan yang cukup cepat karena pada Februari 1963 telah berhasil mendapatkan akreditasi dari American Library Association (ALA). Pada tahun 1984, sekolah kepustakawanan ini berubah nama menjadi School of Library, Archival and Information Studies.

Sekarang, jurusan ini lebih dikenal sebagai UBC iSchool.

Misi dari UBC iSchool

UBC - Manajemen informasi dan perpustakaan
Sumber: agenpendidikan123.com

Salah satu misi utama dari iSchool, UBC adalah untuk meningkatkan kapasitas manusia dengan merangkul informasi melalui cara-cara yang efektif, kreatif, dan beragam. Hal ini didasari oleh keyakinan bahwa informasi serta rekam jejak sangatlah berharga dan penting bagi kehidupan individu, bahkan untuk masyarakat secara luas.

Dengan semakin meningkatnya arus informasi, tak heran apabila akses informasi menjadi alat penting untuk menjaga serta membentuk ingatan dan kebudayaan, memungkinkan demokrasi, akuntabilitas, transparansi, serta pendidikan. UBC iSchool hadir ntuk memastikan bahwa setiap individu bisa mengakses informasi seluas-luasnya.

Maka dari itu, ketika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan diajari untuk menggunakan pengetahuan teoretis dan praktismu yang berkaitan dengan produksi, manajemen, penyimpanan, pengaksesan, dan penggunaan informasi dengan baik. Kamu pun juga diajari untuk menjadi seorang profesional maupun peneliti di bidang informasi.

Pekerjaan seperti apa yang bisa dilakukan oleh lulusan jurusan ini?

UBC - Manajemen informasi dan perpustakaan
Sumber: yter.wpart.co

Untuk lulusan dari UBC iSchool, pekerjaan yang mereka dapatkan beragam. Sebagai conth, ada yang menjadi seorang Knowledge Manager maupun Digital Asset Coordinator. Menjadi pustakawan serta arsiparis juga merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh jurusan manajemen informasi dan perpustakaan. Uniknya, lulusan dari jurusan ini akan bisa bekerja di berbagai tingkat, mulai dari pemerintahan, institusi pendidikan, sektor swasta, dan tentu saja di non-profit organizations (NGO).

Beberapa fokus kajian yang akan kamu mempelejari di jurusan ini adalah, pelayanan data, kepustakaan, komunitas dan budaya, interaksi dan desain informas, sumber dan pelayanan informasi, managemen sumber digital, manajemen dan analisis informasi, hingga sastra dan pelayanan anak muda.

Untuk jurusan ini sendiri, UBC menyediakan gelar Master of Library and Information Studies (MLIS). Untuk menjadi mahasiswa di jurusan ini, kamu setidaknya harus memiliki gelar sarjana dengan rata-rata nilai B+. Selain itu, kamu perlu menyediakan tiga surat rekomendasi untuk mendaftar ke jurusan ini.

Demikianlah pemaparan tentang jurusan unik yang satu ini. Pada dasarnya, informasi-informasi yang ada di dunia ini tak dapat mengatur dirinya sendiri. Maka dari itulah, jurusan ini hadir.

Baca juga Cyberpsychology: Turunan Ilmu Psikologi untuk Hadapi Industri 4.0


Ingin mengetahui cerita lain di Vancouver?