fbpx

ASEAN DSE, Kompetisi Analisis Data untuk Mahasiswa

Dalam berbagai aspek kehidupan, data menjadi penting digunakan untuk menganalisis langkah seperti apa yang bisa diambil dalam menyelesaikan suatu masalah. Maka dari itu, SAP bersama dengan ASEAN Foundation menyelenggarakan kompetisi analisis data bernama ASEAN Data Science Explorers (ASEAN DSE).

Tentang ASEAN DSE

Sumber: indotelko.com

Dalam rangka menggali potensi para pemuda dan menciptakan dampak sosial yang positif di Asia Tenggara, SAP bekerja sama dengan ASEAN Foundation menyelenggarakan kompetisi ASEAN DSE. Kompetisi ini ditujukan untuk meningkatkan tingkat literasi digital para pemuda di kawasan Asia tenggara.

Pada dasarnya, pelaksanaan dari ASEAN DSE ini merupakan wujud dari pelaksanaan pilar komunitas sosio-budaya ASEAN dan juga komunitas ekonomi ASEAN. Pada akhirnya, tujuan dari kompetisi ini adalah mengembangkan solusi bagi isu-isu pertumbuhan dan pembangunan di ASEAN yang berdampak pada kualitas hidup semua orang.

Topik yang disasar

Ada sejumlah topik yang disasar dalam pelaksanaan kompetisi ASEAN DSE. Semua topik ini diturunkan dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

  1. Kehidupan sehat dan sejahtera
  2. Pendidikan berkualitas
  3. Kesetaraan gender
  4. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi
  5. Industri, inovasi, dan infrastruktur
  6. Kota dan komunitas berkelanjutan

Isi proposal

Dalam kompetisi ini, kamu diharapkan menyampaikan gagasanmu dalam konsep terbaik. Setiap proposal yang diterima akan dinilai dari segi kreativitas, kemungkinan diterapkan, dan kemampuan satu kelompok untuk menunjukkan penerapan dari solusi yang ditawarkan.

Berikut isi proposal yang harus kamu buat:

  1. Serahkan storyboard tak lebih dari 10 halaman
  2. Storyboard tersebut harus mengandung grafik maupun digaram yang jelas dan mudah dibaca
  3. Solusi yang kamu tawarkan harus berdasarkan pendekatan penyelesaian masalah berbasis data menggunakan SAP Analytics Cloud
  4. Storyboard yang kamu buat harus mendemonstrasikan bagaimana solusi kamu dapat diterapkan

Siapa yang bisa mendaftar?

Sumber: ltize.org

Apabila kamu ingin mengikuti kompetisi ini, maka kamu haruslah warga negara anggota ASEAN. Kemudian, merupakan mahasiswa di universitas yang ada di perguruan tinggi yang ada di Asia Tenggara. Dengan demikian, kamu sebagai mahasiswa dari Indonesia, berhak mengikuti kompetisi ini.

Lalu, kamu telah berumur lebih dari 16 tahun saat mengikuti kompetisi ini. Selain itu, kamu juga harus menyetujui prasyarat yang telah ditentukan pihak penyelenggara.

Dengan mendaftar kompetisi ini, maka para peserta diasumsikan telah mengonfirmasi bahwa mereka bisa pergi ke Hanoi untuk mengikuti kompetisi ini pada Oktober 2020 mendatang.

Untuk mengikuti kompetisi ini, kamu bisa mendaftarkan diri melalui tautan berikut ini.

Tentu menyenangkan bukan bisa belajar menganalisis data bersama dengan para mahasiswa dari berbagai negara? Pada dasarnya, perubahan bisa berasal dari mana saja. Termasuk melalui upaya menggagas suatu ide saat berkompetisi.

Kamu juga bisa membaca tentang Global Peace Summit 2020, pertemuan para pemimpin muda di Malaysia.

For Your Information

Apa itu ASEAN DSE?

ASEAN DSE merupakan sebuah kompetisi analisis data yang diselenggarakan oleh SAP bekerja sama dengan ASEAN Foundation. Kompetisi ini ditujukan untuk meningkatkan tingkat literasi digital para pemuda di kawasan Asia Tenggara.

Di mana ASEAN DSE akan diselenggarakan?

ASEAN DSE akan dilaksanakan pada Oktober 2020 di Hanoi, Vietnam.

Bagaimana cara mendaftar ASEAN DSE?

Kamu bisa tahu jawabannya dengan membaca artikel yang satu ini.