fbpx

Apakah Oxbridge Tepat Untukmu? Ini Hal yang Harus Kamu Tahu

Oxbridge. Sebuah singkatan serta julukan bagi dua universitas tertua dan paling terkenal di Inggris, yakni University of Oxford dan University of Cambridge. Dikenal sebagai institsusi yang banyak menghasilkan banyak sekali ilmuan, penulis, maupun politisi dari berbagai bidang, Oxbridge hadir sebagai kampus prestisius dan dipercaya sebagai kampus terbaik di Inggris, bahkan dunia. Lalu, apakah kamu yakin Oxbridge tepat untukmu?

Berikut hal yang harus kamu ketahui tentang intitusi yang telah berumur lebih dari 800 tahun ini.

1. Tempat bagi siswa dengan nilai sempurna

anakrantau-oxbridge-tepat-untukmu.jpg
University of Oxford. Sumber: businessinsider.com

Memiliki nilai A dalam setiap nilai yang kamu miliki merupakan hal yang setidak-tidaknya harus kamu penuhi apabila ingin masuk di Oxbridge. Sebagai contoh, IPK minimal yang harus kamu miliki untuk mengamankan tempatmu di Oxford adalah 3,70 dari 4,00. Iya, kamu bukan hanya harus mendapatkan predikat cum laude, tapi harus lebih dari itu.

Mengapa penting untuk memiliki nilai sesempuran itu? Karena, apabila kamu tidak bisa memenuhinya, kamu akan mengalami kesulitan untuk mengikuti perkuliahan di sana. Akan tetapi, hal ini bukan satu-satunya hal yang harus kamu miliki.

2. Masuk Oxbridge berarti kerja keras tanpa akhir

anakrantau-oxbridge-tepat-2
University of Cambridge. Sumber: inews.co.uk

Dengan menjadi mahasiswa Oxford dan Cambridge, maka kamu dituntut untuk bekerja dan belajar lebih keras. Mengerjakan tugas secepat dan sebaik mungkin merupakan makanan sehari-hari mahasiswa Oxbridge. Apalagi, durasi perkuliahan di Oxbridge yang cenderung lebih pendek, maka kamu sangat perlu berupaya mengikuti seluruh perkuliahan dengan baik. Termasuk bersiap dengan membaca daftar bahan bacaan ketika kelas akan dimulai.

3. Perdebatan ilmiah merupakan hal yang biasa

anakrantau-oxbridge-tepat-4
University of Oxford. Sumber: huffingtonpost.co.uk

Diskusi dan perdebatan akademik menjadi salah satu sistem pembelajaran yang diterapkan di Oxford dan Cambridge. Tidak hanya itu, kamu pun akan diminta membuat sejumlah esai mengenai perdebatan ilmiah yang terjadi.

Oxbridge akan menjadi tempat ketika pendapat yang kamu miliki akan diuji. Jadi, sebagai mahasiswa Oxbridge kamu harus meyakini kalau kamu mampu menyuarakan pendapatmu dengan baik di hadapan umum.

4. Tradisi yang tak biasa

anakrantau-oxbridge-tepat-5.jpg
University of Cambridge. Sumber: cambridge-news.co.uk

Tradisi telah menjadi napas dari seluruh aspek kehidupan di Oxford dan Cambridge. Tak heran apabila akan ada tata krama yang harus kamu penuhi, mulai dari apa yang kam makan, hingga apa yang harus kamu kenakan ketika menjalani ujian.

Tradisi-tradisi inilah yang membuat Oxbridge menjadi unik. Kamu harus berusaha menyamankan diri dengan pakaian formal karena banyak sekali acara formal yang diadakan, seperti pesta dansa dan juga posh dinners.

5. Belajar secara mandiri

perpustakaan univeristy of cambridge (oxbridge)
University of Cambridge. Sumber: lib.cam.ac.uk

Dengan sistem pendidikan yang diterapkan, mulai dari sistem tutor dan juga kelas, kamu juga berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan belajarmu secara mandiri. Kamu akan diberi daftar bahan bacaan yang akan berguna bagi jalannya perkuliahanmu. Mengunjungi perpustakaan dan menyerap isi buku bacaan setiap ada waktu adalah hal-hal yang akan kamu jalani selama berkuliah di Oxford dan Cambridge.

Menjadi mahasiswa Oxbridge mungkin terasa begitu jauh dan tidak semua orang merasa bahwa Oxbridge adalah tempat yang tepat bagi mereka. Akan tetapi, Oxbridge memang menawarkan sistem pendidikan terbaik dengan berbagai tradisi yang menyertainya. Bukan suatu hal yang tidak mungkin kok untuk menjadi mahasiswa Oxbridge. Selalu berusaha dan semangat, ya!

Baca juga Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Hukum di Belanda.

Ingin mengetahui cerita lain di London?