fbpx

5 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa yang Ada di Perantauan

Sebagai anak perantauan, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah menabung. Yap, hidup secara hemat harus menjadi kuncimu selama menempuh studi di luar negeri. Bagaimanapun, kamu tidak ingin kelaparan di tengah bulan pada saat uang sakumu belum turun, bukan? Maka dari itu, berikut kami berikan 5 cara hidup hemat yang pas untuk mahasiswa yang sedang berada di perantauan.

1. Buat anggaran

cara hidup hemat mahasiswa - buat anggaran
Sumber: marketwatch.com

Tentu saja cara pertama yang sangat umum untuk hidup hemat adalah membuat anggaran. Sebelum kamu menggunakan uang sakumu untuk keperluan tertentu, kamu harus terlebih dahulu mengelompokkan pengeluaran kamu.

Pisahkan terlebih dahulu anggaran wajib yang harus kamu keluarkan, seperti biaya sewa kamar, makanan, dan transportasi. Kemudian, pisahkan lagi anggaran untuk tabungan, hiburan, dan juga dana darurat. 

Apabila kamu bisa menyesuaikan anggaran kamu setiap bulan sesuai kemampuan, maka kamu akan terbebas dari masa-masa kelaparan di akhir bulan.

2. Masak sendiri

Sumber: thecourieronline.co.uk

Salah satu pengeluaran yang cukup besar bagi mahasiswa perantauan adalah di bagian makanan. Terkadang, Kawan Rantau, memasak makanan sendiri bisa menghemat uang makanmu berkali-kali lipat. 

Kamu tidak perlu kok membuat makanan yang sulit diolah, kamu bisa mencoba membuat makanan sederhana yang tetap bergizi. Belilah bahan makanan dari supermarket terdekat dan olahlah sendiri. 

3. Manfaatkan perpustakaan

cara hidup hemat mahasiswa - manfaatkan perpustakaan
Sumber: cam.ac.uk

Salah satu kebutuhanmu sebagai seorang mahasiswa tentu adalah buku. Nah, daripada kamu membeli buku baru, manfaatkan saja fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan kampusmu. Kamu bisa meminjam buku dari perpustakaan ketika kamu membutuhkannya saat mengerjakan tugas.

Kemudian, perpustakaan universitas juga selalu berlangganan jurnal-jurnal internasional yang akan kamu butuhkan. Jadi, kamu bisa mengunduh berbagai artikel jurnal secara legal melalui fasilitas perpustakaan yang kamu dapatkan.

4. Carilah hiburan gratis

Sumber: indoartnow.com

Ketika menjadi mahasiswa perantauan, tentu menemukan hiburan menjadi sangat penting. Untuk sekadar melepaskan stres, tentu mencari hiburan merupakan suatu hal yang wajib.

Apabila kamu sudah bosan menonton film di Netflix, coba carilah alternatif dengan mengunjungi museum atau galeri gratis yang ada di sekitarmu. Kemudian, kamu juga bisa mencari konser ataupun pertunjukan seni gratis yang diadakan oleh komunitas tertentu. 

Bahkan, kalau kamu membutuhkan jenis hiburan yang lebih sederhana, berjalan-jalan di teman sembari memakan roti isi bersama teman bisa menjadi hiburan yang cukup untukmu.

5. Cari kerja paruh waktu

cara hidup hemat mahasiswa - kerja paruh waktu
Sumber: indonesiaexpat.biz

Cara yang satu ini sangat berguna apabila kamu merasa bahwa uang saku yang kamu dapatkan setiap bulan belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan. Kamu bisa melakukan kerja paruh waktu yang tersedia di sekitarmu.

Akan tetapi, perlu dicatat kamu harus memastikan bahwa pihak universitas memperbolehkan kamu untuk melakukan kerja paruh waktu. Biasanya, ada sejumlah dokumen yang harus kamu isi sebelum mendapatkan izin untuk bekerja dari universitas. Jadi, pastikan terlebih dahulu hak kamu sebagai pelajar internasional.

Jadi, itulah 5 cara hidup hemat sebagai mahasiswa di perantauan, Kawan Rantau. Pada dasarnya, dengan tinggal jauh dari orang tua, maka kamu harus bisa bertanggung jawab atas dirimu sendiri, termasuk dalam hal keuangan. Manfaatkan uang saku yang kamu miliki sebaik-baiknya dan tetap jalani perkuliahan dengan penuh semangat.

Baca juga tips wisata hemat di Brunei dan Tokyo bagi mahasiswa.

For Your Information

Bagaimana cara hidup hemat saat jadi mahasiswa di perantauan?

Baca pembahasan kami melalui artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Apakah saya harus membeli buku buru saat berkuliah?

Tidak perlu, Kawan Rantau. Kamu bisa memanfaatkan fasillitas dari perpustakaan dan lainnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?