fbpx

3 Universitas Ini Tawarkan Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik di Swedia

Kedokteran Gigi menjadi salah satu jurusan yang juga memiliki banyak peminat. Apalagi, kebutuhan akan dokter gigi semakin meningkat. Tidak heran apabila jurusan ini menjadi pilihan bagi yang ingin berkarir di bidang kesehatan tapi tidak ingin masuk kedokteran. Berdasarkan pemeringkatan yang dikeluarkan oleh QS World University Rankings 2019, ternyata salah satu universitas di Swedia berhasil menjadi yang terbaik di bidang ini. Berikut 3 universitas di Swedia yang tawarkan jurusan kedokteran gigi terbaik.

3. Malmo University

Malmo University - Kedokteran Gigi di Swedia
Sumber: smapse.com

Malmo University merupakan institusi pembelajaran terbesar ke-9 di Swedia. Terletak di Malmo, Swedia, terdapat lebih dari 24.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Yang menarik, pada tahun 2007, Faculty of Odontology dari Malmo University mendapatkan penghargaan sebagai Centre of Excellence 2007 dari Swedish National Agency for Higher Education.

Hal tersebutlah yang membuat jurusan kedokteran gigi di universitas ini menjadi semakin maju dan dipercaya dapat mencetak lulusan terbaik. Pada dasarnya, Faculty of Odontology di Malmo University ini telah berdiri sejak tahun 1948. Fakultas ini dipercaya sebagai salah satu pusat penelitian gigi dan mulut terbaik dan berpengaruh di Skandinavia.

Berdasarkan QS World University Rankings 2019, Kedokteran Gigi dari Malmo University berhasil menduduki peringkat ke-25.

2. University of Gothenburg

University of Gothenburg - Kodekteran Gigi di Swedia
Sumber: inspera.com

Sesuai dengan namanya, University of Gotherburg terletak di Gothenburg, kota terbesar kedua di Swedia. Universitas ini merupakan universitas tertua ketiga dan termasuk salah satu universitas terbesar di negara-negara Nordik.

Terletak di Negara Skandinavia, tentu University of Gothenburg membawa semangat kesetaraan, keberlanjutan, dan juga modern dalam menjalankan proses belajar mengajar. Dengan demikian, universitas ini pun sangat menghargai keberagaman. Bahkan, bagi mereka, keberagaman merupakan kunci bagi penelitian serta pengajaran.

Yang menarik, berdasarkan QS World University Rankings 2019 by Subject untuk kedokteran gigi, University of Gothenburg berhasil menduduki posisi ke-6. Hal ini didukung oleh adanya Intitute of Odontology yang telah berdiri sejak tahun 1967. Institusi ini menawarkan sejumlah program di jenjang sarjana dan juga pasca sarjana, seperti Dental Hygiene, Dental Laboratory Technology, dan Dentistry.

1. Karolinska Institutet

Karolisnka Institutet - kedokteran gigi di Swedia
Sumber: scholarship-position.com

Karolinska Institutet dikenal sebagai kampus kedokteran paling prestisius di dunia. Visi terbesar dari Karolisnka Institutet adalah untuk meningkatkan penegetahuan menuju kehidupan yang lebih sehat bagi semua. Dengan demikian, Karolinska menjadi pusat penelitian kedokteran terbesar di Swedia dan menawarkan berbagai program di bidang kesehatan, salah satunya adalah kedokteran gigi.

Pada tahun 2019, Karolisnka Institutet berhasil menggeser posisi University of Hong Kong (HKU) dan menyabet ranking pertama untuk kedokteran gigi. Menurut Mats Trulsson sebagai kepala Departemen Kedokteran Gigi dari Karolinska Institutet menyatakan bahwa hal ini dapat terjadi karena Karolinska telah memiliki reputasi yang baik di antara para akademisi di seluruh dunia.

Kemudian, berkat pencapaian tersebut, Trulsson juga menegaskan bahwa hal ini akan membuka kesempatan yang lebih luas bagi para mahasiswa. Kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar serta menjadi lulusan yang paling dicari menjadi terbuka lebar. Apabila kamu ingin mencoba untuk berkuliah kedokteran gigi, maka kamu harus meningkatkan kemampuanmu berbahasa Swedia karena tidak ada program dengan pengantar bahasa Inggris yang ditawarkan.

Itulah 3 universitas di Swedia yang tawarkan jurusan kedokteran gigi terbaik. Semoga bisa menginspirasi kamu ya, Kawan Rantau.

Baca juga Ekoteknologi, Mid Sweden University: Solusi bagi Tantangan Lingkungan

Ingin mengetahui cerita lain di Gothenburg?

Related Article