fbpx

2 Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Dunia Ada di Swiss

Tiap tahunnya, universitas-universitas di Amerika Serikat menduduki peringkat tertinggi di berbagai bidang. Begitu pula dengan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi. Massachusetts Institute of Technology (MIT) masih menduduki peringkat pertama dalam QS World University Rankings 2020. Kurikulum yang mumpuni serta kualitas dari para pengajar di sana sangatlah mendukung. Akan tetapi, ternyata, ada 2 universitas asal Swiss yang berhasil menjejakkan posisinya di 10 universitas teratas.

Universitas mana sajakah itu? Mari simak pembahasannya sebagai berikut.

EPFL – Ecole Polytechnique Federale de Lausanne

EPFL - Ilmu Komputer Swdia
Sumber: campusbiotech.ch

Berdiri sejak tahun 1853, EPFL bermula dengan 11 siswa saja yang berfokus pada ilmu alam dan teknik. Sekarang, EPFL menjadi salah satu Swiss Federal Institute of Technology dan memiliki jumlah total mahasiswa lebih dari 10.000 orang.

Yang menarik EPFL adalah, ia merupakan satu-satunya universitas yang menjalankan reaktor nuklir, reaktor fusi, dan juga fasisilitas P3 bio-hazard.

Akan tetapi, kali ini kami akan membahas School of Computer and Communication Sciences dari EPFL, salah satu pusat pendidikan dan riset di bidang teknologi informasi di Eropa. Berdasarkan QS World University Rankings 2020,  fakultas ini berhasil menduduki posisi ke-8. Otomatis, EPFL berhasil bersaing dengan MIT, Stanford University, maupun University of Oxford.

Apabila kamu memilih untuk berkuliah di EPFL, maka kamu bisa mempelajari berbagai aspek yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi inovatif, mulai dari memilih komponen yang tepat hingga menentukan spesifikasi dari aplikasi yang kamu buat.

Setidaknya, fakultas ini menawarkan dua jenjang, yakni jenjang S1 untuk ilmu komputer dan komunkasi; serta jenjang S2 untuk Ilmu Komputer, Komunikasi, dan Data Science. Yang menarik, sejak pendaftaran musim gugur 2019, akan ada program S2 baru yang dibuka, yakni Cyber Security.

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich - Ilmu Komputer Swiss
Sumber: swissexbrazil.org

Sebagai saudara kembar dari EPFL, ternyata ETH Zurich juga tidak mau berjauhan dengan perolehan peringkat EPFL. Pada pemeringkatan yang telah dipaparkan, ETH Zurich tepat berada di bawah EPFL untuk jurusan ilmu komputer, yakni berada di posisi 9.

Lebih muda dua tahun, ETH Zurich menjadi pusat bagi inovasi dan ilmu pengetahuan. Selain itu, ETH Zurich memiliki visi untuk dapat menciptakan solusi yang efektif bagi tantangan global yang ada sekarang maupun nanti.

Ternyata, ETH Zurich telah memiliki sejarah panjang dalam pengembangan perangkat lunak serta desain sistem komputer. Iya,Departemen Ilmu Komputer dari ETH Zurich ternyata telah berdiri sejak tahun 1981.

Sejak saat itu, departemen ini berkembang begitu pesat dan menjadi salah satu institusi yang prestisius. Beberapa topik besar yang menjadi fokus penelitian dari departemen ini adalah, data management and machine learning, information and system security, networked systems and parallel computing, theory and algorithms, dan visual computing.

Nah, demikianlah dua universitas di Swiss yang memilliki jurusan ilmu komputer terbaik. Lulusan ilmu komputer akan sangat relevan di dunia yang serba modern ini. Apalagi, di perusahaan-perusahaan start up, lulusan jurusan ini akan selalu mendapatkan tempat. Jadi, semangat buat kamu yang ingin mendalami ilmu ini lebih dalam.

Baca juga Mengenal 3 Universitas yang Tawarkan Jurusan Teknik Terbaik di Jepang

Ingin mengetahui cerita lain di Zurich?