fbpx

Simak Tips dan Trik Tetap Sehat Saat Jadi Mahasiswa Kedokteran

Sebagaimana yang kita ketahui, jurusan kedokteran merupakan jurusan yang paling bergengsi. Tak heran apabila banyak yang menganggap bahwa sangatlah sulit untuk diterima di jurusan kedokteran. Bahkan, di Harvard Medical School, sekolah kedokteran nomor 1 di dunia, acceptance rate-nya hanya mencapai 3.3% pada tahun 2019. Iya, hanya ada 227 orang yang diterma dari 6.815 orang yang mendaftar. Jadi, diterima di jurusan kedokteran merupakan suatu hal yang patut disyukuri. Nah, apabila kamu telah resmi menjadi mahasiswa kedokteran, penting bagimu untuk menyimak tips dan trik tetap sehat berikut ini.

Mengapa penting tetap sehat saat jadi mahasiswa kedokteran?

Tips tetap sehat untuk mahasiswa kedokteran
Mahasiswa kedokteran. Sumber: penntoday.upenn.edu

Selain memang sangat penting menjaga kesehatan tubuh untuk mengurangi sejumlah risiko penyakit, ternyata ada alasan-alasan lain mengapa kamu harus tetap sehat saat menjadi mahasiswa kedokteran.

Berikut merupakan beberapa di antaranya:

  1. Mahasiswa kedokteran dan juga praktisi kesehatan secara umum dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih efektif apabila tidak mengalami stres dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
  2. Sangatlah penting bagi seorang praktisi kesehatan, yang tentu saja menjadi impian karir dari para mahasiswa kedokteran, memberikan contoh yang baik akan hidup sehat untuk pasien yang ia tangani.
  3. Dengan menjaga kesehatan, hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan emosional dari para mahasiswa. Otomatis, kamu akan lebih mudah menangani pasien-pasienmu.

Lalu, bagaimana caranya untuk tetap sehat?

Tips tetap sehat mahasiswa kedokteran
Harvard Medical School, Sekolah kedokteran terbaik di dunia. Sumber: hms.harvard.edu

Tentu kuliah di jurusan kedokteran tidak semudah yang dibayangkan. Mulai dari harus belajar berbagai materi dalam satu waktu, waktu tidur yang terpotong karena esai maupun tugas, serta koas yang kadang membuat para mahasiswa kedokteran bila tak siap akan tumbang.

Berikut tips dan trik tetap sehat buat kamu yang merupakan mahasiswa kedokteran.

1. Usahakan tetap makan sehat

Sebagai seorang mahasiswa kedokteran, apalagi yang sedang mendapat giliran jaga yang panjang, makan seadanya menjadi pilihan. Alhasil, makanan yang tidak sehat pun masuk begitu saja dalam tubuh.

Ada banyak jenis makanan yang dapat kamu makan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Sandwich, sup, smoothies, dan juga buah bisa menjadi beberapa pilihan makan bagi kamu. Yang pasti, perbanyak serat dan juga vitamin supaya kondisi tubuhmu tetap sehat.

2. Jangan lupa minum

Kegiatan mahasiswa kedokteran terkadang tak mengenal waktu. Sampai-sampai, untuk minum pun mereka lupa diri. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk membuat tubuh kamu tetap terhidrasi.

Bawalah botol minum apabila kamu ingin lebih mudah ketika butuh minum di tengah-tengah jadwal jagamu.

3. Tetap aktif

Rasa-rasanya, menyempatkan untuk olahraga menjadi hal yang sulit dilakukan oleh mahasiswa kedokteran. Akan tetapi, banyak sekali penelitian yang dilakukan dan menunjukkan bahwa mahasisa kedokteran banyak yang tidak rutin melakukan olahraga.

Lalu, bagaimana cara tetap sempat olahraga di tengah padatnya jadwal?

Akan baik bagimu ketika kamu bisa menggabung beberapa aktivitas yang memang harus kamu lakukan dengan upaya untuk olahraga. Apabila kamu sedang memiliki jadwal jaga, cobalah untuk sesekali menggunakan tangga ketika beraktivitas. Hal ini bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan.

Perbanyak berjalan pun juga menjadi penting untuk melemaskan otot-ototmu. Melakukan olahraga ringan mandiri setelah selesai kuliah juga bisa kamu pilih. Beberapa kali sit-ups dan push up tidak akan membunuhmu, kok. Bahkan, melakukan yoga selama 10 menit juga bisa membuat kamu lebih santai.

Selain tips di atas, yang paling penting bagi mahasiswa kedokteran adalah bagaimana mengatur tingkat stres. Memang tidak mudah, akan tetapi ketika kamu stres maka kesehatanmu akan terganggu. Kamu jadi sulit tidur dan bahkan tidak nafsu makan. Jadi, sangat disarankan bagimu untuk menikmati waktu istirahat yang kamu miliki dengan lebih santai.

Demikianlah tips dan trik tetap sehat untuk mahasiswa kedokteran. Semoga bermanfaat ya, Anak Rantau!

Oh, ya, apabila jurusan kedokteran terbaik ada di Harvard University, maka jurusan kedokteran gigi terbaik ada di Swedia. Penasaran? Baca langsung artikelnya melalui tautan berikut ini.

For Your Information

Apakah sulit untuk masuk jurusan kedokteran?

Jurusan kedokteran termasuk jurusan yang bergengsi. Di Harvard Medical School saja, yang notabene merupakan sekolah kedokteran nomer 1 di dunia, acceptance rate-nya hanya mencapai 3.3 % pada taun 2019.

Apakah mahasiswa kedokteran bisa menjadi contoh bagi pasiennya?

Tentu bisa. Mahasiswa kedokteran serta praktisi kesehatan memiliki kewajiban untuk menjadi contoh yang baik khususnya di pola hidup sehat bagi para pasien.

Di manakah sekolah kedokteran terbaik di dunia?

Berdasarkan QS World University Rankings 2019, Harvard Medical School masih menjadi sekolah kedokteran nomer 1 di dunia.

Mengapa penting mahasiswa kedokteran menjaga kesehatan?

Mahasiswa kedokteran membutuhkan tubuh serta mental yang sehat saat menangani pasien. Ketika dalam keadaan sehat, maka akan lebih mudah bagi para mahasiswa kedokteran memahami keluhan pasien.

Bagaimana cara tetap sehat saat menjadi mahasiswa kedokteran?

Menjaga pola hidup sehat sudah menjadi mutlak. Penasaran? Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?