fbpx

Sidang Skripsi Online, Tips Sukses untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Mewabahnya virus Corona di seluruh dunia membuat mahasiswa dari beragam tingkatan terkena dampak, seperti ditiadakan acara wisuda hingga perjuangan menyelesaikan skripsi di situasi darurat ini. Bagi mahasiswa tingkat akhir, terdapat proses kelulusan seperti sidang skripsi proposal dan sidang akhir yang terpaksa dilaksanakan secara online. Jika kamu mahasiswa akhir dan masih memerlukan adaptasi menjelang sidang skripsi, maka bacalah 5 tips ini supaya sidang online berjalan sukses!

1.Gladi Resik Sebelum Sidang Skripsi Online

Sumber: Pexels

Kata siapa sidang skripsi online merupakan hal yang mudah? Justru, secara teknis persiapannya lebih ribet daripada sidang secara tatap muka. Kamu harus mengerti fitur di aplikasi meeting dan video conference yang digunakan. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah cara menampilkan presentasi agar dapat terlihat jelas di layar dan dapat diikuti oleh tim penguji. Nah, supaya tidak gugup, lakukan simulasi bersama temanmu sekalian belajar fiturnya.

Life Hack: Powerpoint materi dapat dibuka di aplikasi meeting berdasarkan histori. Jadi, kamu buka terlebih dahulu materi sidang yang ingin ditampilkan. Jangan membuka apapun selain materi sidang supaya tetap masuk ke histori “last opened” di gawai kamu.

2. Pastikan Internet & Listrik Aman

Sumber: Pexels

Sidang akhir online membutuhkan jaringan internet yang kuat karena durasinya tidak bisa sebentar. Maka dari itu, pastikan jaringan internet kamu aman dari gangguan. Beruntunglah bagi yang memiliki wifi, akan tetapi jika mengandalkan kuota biasa, maka mau tidak mau kamu harus rela untuk membeli kuota di atas 10 GB.

Selain internet, pastikan listrik juga bebas dari pemadaman bergilir. Periksa barang-barang yang berpotensi mengeluarkan beban listrik berlebih karena dapat menyebabkan mati lampu dadakan.

Apabila terjadi gangguan, maka jangan panik. Segera hubungi tim penguji atau bagian kemahasiswaan supaya mereka dapat memaklumi situasi yang kamu hadapi. Jangan berbohong ketika memberikan alasan, ya!

3. Efektif Saat Sidang Skripsi Online

Sumber: Pexels

Sidang skripsi online memang menghemat waktu perjalanan, akan tetapi itu hanya bonus. Mahasiswa tingkat akhir perlu berkomunikasi dengan bahasa yang lebih efektif supaya tim penguji dapat mengerti topik yang dibawakan. Maka dari itu, siapkan materi sebaik mungkin dengan melaksanakan gladi resik bersama teman seperbimbingan. Jangan bertele-tele ketika sesi pemaparan di situasi darurat saat ini.

4. Cari Background yang Bagus

Sumber: Pexels

Situasi dan warna background dapat memengaruhi tone muka yang muncul di layar aplikasi. Maka dari itu, pilihlah latar belakang yang bagus dan terang supaya tim penguji dapat melihat mukamu lebih jelas. Rapikan ruanganmu untuk meminimalkan distraksi. Lagipula, kerapihan juga menandakan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi sidang skripsi online. Supaya tetap serius, anggap sidang ini layaknya wawancara via online.

5. Gunakan Ruangan yang Memadai

Sumber: Pexels

Ketika seluruh anggota di rumah berdiam diri, maka ada saja suara bising yang dapat menganggu kamu ketika sidang. Suara tersebut akan masuk ke audio meeting. Daripada canggung, lebih baik buat keluarga mengerti tentang kondisimu dengan cara yang sopan, seperti membuat kertas himbauan untuk tidak berisik. Gunakan ruangan yang jauh dari jangkauan anak kecil supaya kamu dapat berkonsentrasi.

Itulah 5 tips mengenai sukses sidang online untuk mahasiswa tingkat akhir. Mudah diterapkan, kan? Meskipun bimbingan dari rumah, bukan berarti kamu malas-malasan menunda skripsi. Justru, kamu harus bergegas menyelesaikan skripsi supaya tidak kepikiran berlebihan. Jangan lupa jaga stamina dengan memberi jeda. Sukses selalu, ya!

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?