fbpx

Siapa Sangka 3 Hal Unik ini Bisa Dipelajari di Hubungan Internasional

Ilmu hubungan internasional menjadi salah satu jurusan yang diminati oleh para pelajar. Ilmu yang satu ini memang berfokus pada isu-isu politik dan urusan luar negeri yang berhubungan dengan hubungan antar negara. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada sejumlah hal unik yang bisa dipelajari di hubungan internasional?

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, simak pembahasan kami berikut ini untuk tahu jawabannya.

Harry Potter

Sumber: bustle.com

Harry Potter merupakan novel fantasi berseri yang ditulis oleh J.K. Rowling. Novel ini mengisahkan kehidupan seorang penyihir, Harry Potter bersama temannya, Hermione Granger dan Ronald Weasley bersekolah di Sekolah Sihir Hogwarts. Tentunya, novel ini bersama film adaptasinya menuai kesuksesan yang luar biasa.

Lalu, bagaimana Harry Potter bisa dipelajari dalam jurusan hubungan internasional?

Salah satu pembahasan penting dalam hubungan internasional adalah pembahasan mengenai dampak dari pop culture terhadap HI dan sebaliknya. Iver B. Neumann dan Daniel H. Nexon menjadi salah satu pioner para akademisi hubungan internasional untuk membahas dunia Harry Potter dari perspektif HI.

Sumber: amazon.com

Melalui Harry Potter and International Relations, Neumann dan Nexon mengungkap bahwa pada dasarnya dunia Harry Potter bisa merefleksikan dan membentuk dunia secara nyata. Melalui buku tersebut, sejumlah akademisi membahas perbandingan antara quiditch dengan kompetisi olahraga yang ada, proses penerjemahan buku ke berbagai bahasa, hingga sisi ekonomi politik dari Harry Potter.

K-pop

Sebelum BTS dikenal sebagai international sensation, pada dasarnya pembahasan mengenai K-pop sangatlah erat dengan hubungan internasional. Mengapa bisa mahasiswa hubungan internasional mempelajari hal seperti K-pop?

Sumber: amazon.com

Apabila ditarik kembali, pembahasan utama dalam hubungan internasional adalah power. Menurut Joseph S. Nye, Jr., dalam Understanding International Conflicts, yang dimaksud dengan power adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu dan mempengaruhi orang lain.

Kemudian, dalam bukunya tersebut, Nye, Jr., menjelaskan bahwa ada dua jenis power yang dapat digunakan, yakni hard power dan soft power. Pembahasan mengenai K-pop atau secara lebih umum menganai hallyu (Korean Wave) merupakan bagian dari pembahasan soft power.

Berdasarkan penjelasan Nye, Jr., soft power diartikan sebagai upaya suatu pihak untuk mempengaruhi pihak lainnya dengan tujuan mengubah preferensi seseorang terhadap suatu hal. Upaya mempengaruhi menggunakan soft power berarti tanpa menggunakan unsur paksaan.

BTS. Sumber: grammy.com

Dengan demikian, tak heran apabila pembahasan K-pop bisa kamu pelajari ketika memilih jurusan hubungan internasional. Dengan semakin meningkatnya popularitas dan pengaruh boy group seperti BTS, relevansi dari K-pop terhadap hubungan internasional masih akan sangat kuat.

Pergerakan pelajar internasional

Sumber: qswownews.com

Pergerakan pelajar internasional (international student mobility) juga menjadi salah satu hal yang bisa kamu pelajari ketika berkuliah di jurusan hubungan internasional. Apalagi bila kamu mengambil fokus kajian migrasi.

Pembahasan mengenai pergerakan pelajar internasional masuk menjadi pembahasan hubungan internasional karena para pembuat kebijakan, dalam hal ini pemerintah, memiliki andil dalam pergerakan pelajar internasional.

Kemudian, keputusan yang diambil pemerintah, terkait dengan imigrasi dan lainnya, juga berpengaruh terhadap minat dan ketertarikan dari pelajar internasional memilih suatu negara tertentu.

Lagipula, pergerakan pelajar internasional juga bisa menjadi wadah pertukaran budaya antar negara.

Itulah sejumlah hal unik yang dapat dipelajari di jurusan hubungan internasional. Pada dasarnya, jurusan satu ini memiliki pembahasan yang sangat luas dan beragam. Jadi, kamu tidak perlu terkejut apabila menemukan subjek unik untuk dipelajari di jurusan hubungan internasional.

Baca juga buku-buku yang wajib dibaca oleh mahasiswa hubungan internasional

For Your Information

Apa itu jurusan hubungan internasional?

Ilmu hubungan internasional menjadi salah satu jurusan yang diminati oleh para pelejar. Ilmu yang satu ini memang berfokus pada isu-isu politik dan urusan luar negeri yang berhubungan dengan hubungan antar negara.

Apakah ada hal unik yang bisa saya pelajari di jurusan HI?

Ada, Kawan Rantau. Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di London?