YISS, Program Short Course di Yonsei University, Korea

Berbagai kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar selalu terbuka lebar. Salah satu universitas yang menawarkan kesempatan ini bagi para pelajar internasional adalah Yonsei University. Melalui Yonsei International Summer School (YISS), Yonsei University membuka program short course di Korea.

Mengapa Yonsei University?

Program Student Exchange Yonsei University, Korea
Yonsei University. Sumber: linkedin.com

Ketika membicarakan universitas di Korea Selatan, maka kita tidak bisa begitu saja melewatkan Yonsei University. Yonsei University merupakan salah satu universitas yang paling pertema menyelenggarakan program pertukaran pelajar internasional di Korea, yakni sejak tahun 1985.

Hingga saat ini, Yonsei telah membangun kemitraan dengan sejumlah jejaring internasional dari 650 intitusi di 70 negara. Hal ini membuat Yonsei menjadi salah satu universitas yang menampung jumlah pelajar internasional terbesar di Korea.

Tentang YISS: program short course di Yonsei University, Korea

Sumber: studyabroad101.com

Pada dasarnya, program YISS telah ada sejak tahun 1985 dan menjadi bagian terpenting bagi Yonsei University. Kehidupan di kampus Yonsei University menjadi unik karena menjadi tempat bercampurnya kebudayaan Korea dan juga dunia.

Program pertukaran pelajar ini biasanya akan berjalan selama 4-6 minggu. Meskipun demikian, kamu bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan di jantung Kota Seoul. Kamu bisa mendapat teman, membangun jejaring, serta memperluas horizon akademis dan budayamu.

Tentunya, menjalani program student exchange di Yonsei dapat membuatmu merasakan pengalaman berkuliah di salah satu universitas nomor satu di Korea.

Apa saja program yang ditawarkan?

Untuk program di tahun 2020, ada sejumlah program yang dapat kamu ikuti, mulai dari seni, budaya, dan juga humaniora. Kemudian, kamu pun bisa mengikuti sejumlah mata kuliah irisan yang melibatkan manajemen, ekonomi, isu-isu global, sejarah, ilmu sosial, dan juga sains dan teknologi.

Bagaimana cara saya mendaftar?

Program Student Exchange Yonsei University, Korea
Sumber: oia.yonsei.ac.kr

Apabila kamu ingin mengikuti program YISS ini, maka pastikan bahwa universitas asalmu memang memiliki Memorandum of understanding (MoU) dengan Yonsei University. Kemudian, kamu bisa menghubungi kantor internasional universitas asalmu untuk dinominasikan mengikuti program YISS.

Setelah dinominasikan, kamu bisa mulai mengisi formulir pendaftaran online yang telah disediakan oleh kantor internasional Yonsei University. Kamu bisa mengisi formulir tersebut di tautan berikut ini. Sebelumnya, kamu harus membuat akun terlebih dahulu di laman tersebut.

Selesai mengisi formulir, kamu diwajibkan membayar biaya pendaftaran apabila ada. Setelahnya, baru pihak Yonsei University akan mempertimbangkan formulir pendaftaranmu. Berharaplah kamu akan menerima Letter of Admission yang dikirimkan melalui surel kemudian.

Terakhir, apabila kamu resmi diterima, kamu hanya tinggal membayar biaya program dan mendaftar untuk mendapatkan tempat tinggal selama program. Kalau kamu masih penasaran dengan alur pendaftarannya, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Siapa yang bisa mendaftar?

Program Student Exchange Yonsei University, Korea
Sumber: studyabroad101.com

Bagi yang ingin mendaftar program YISS, maka kamu setidak-tidaknya sudah menyelesaikan dua semester di universitas asalmu ketika mendaftar program ini.

Lalu, kamu pun harus memenuhi persyaratan IPK yang ditetapkan, yakni 2.50 dari skala 4.00.

Untuk kemampuan bahasa, kamu diharuskan menguasai Bahasa Inggris atau Korea. Kamu bisa mengikuti program ini apabila memiliki skor 213 untuk TOEFL CBT, 79 untuk TOEFL IBT, atau 550 untuk TOEFL PBT. Sedangkan, apabila kamu menggunakan skor IELTS, kamu harus memiliki skor minimal 6.5.

Kemudian, apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa Korea, maka kamu setidaknya telah berada di Level 4 untuk KLAT.

Untuk tahun 2020 ini, pendaftaran untuk program YISS akan dibuka dari tanggal 3 Januari hingga 15 Mei 2020. Untuk programnya sendiri, akan berjalan dari tanggal 30 Juni 2020 hingga 6 Agustus 2020 untuk program 6 minggu. Sedangkan, untuk program 4 minggu akan berakhir pada tanggal 23 Juli 2020.

Nah, bukankah ini merupakan kesempatan yang langka untuk bisa menjadi mahasiswa di Yonsei, Kawan Rantau? Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan aplikasi pendaftaranmu dan rasakan pengalaman menghabiskan musim panasmu di Korea.

Kamu juga bisa mencari tahu info soal program student exchange di Tohoku University, Jepang

Apakah saya bisa short course ke Korea?

Mengapa tidak? Sejumlah universitas di Korea menawarkan program short course bagi para pelajar internasional untuk berbagai program.

Apa persyaratan short course di Korea?

Salah satu yang terpenting adalah memenuhi persyaratan kemampuan berbahasa. Kamu bisa menggunakan kecakapan kamu dalam berbahasa Inggris atau Korea.

Bagaimana cara saya mendaftar program short course di Korea?

Kebetulan, artikel ini akan membahas tentang program YISS, program short course yang diselenggarakan oleh Yonsei University, Korea.