Sekolah Masak Unggulan di Korea Selatan, Gudangnya Koki Handal!

Kuliner Korea Selatan semakin terkenal berkat halyu wave yang tiada habisnya. Hidangan Korea Selatan seringkali menghiasi drama-drama hingga variety show untuk menunjukkan bahwa apapun masalahnya, makan adalah solusi terbaik bagi masyarakat Korea. Masyarakat Korsel pun seringkali menyapa kenalan dengan pertanyaan “sudah makan?” Selain itu, beragam konten masak, mukbang, dan kuliner di acara televisi Korea Selatan ditampilkan dengan ciamik hingga membuat penonton internasional lapar mata. Tidak sampai di situ, penonton juga penasaran cara membuat hidangan ala Korea Selatan yang menggugah selera bak tayangan drama. Jika kamu memiliki minat memasak, yuk coba ketahui 3 sekolah masak unggulan di Korea Selatan!

1. Woosong University, Jurusan Masak di Korsel (S1)

Sumber: http://english.wsu.ac.kr/

Universitas Woosung merupakan satu-satunya kampus yang memiliki jurusan culinary arts jenjang sarjana (S1) di Korea. Perguruan tinggi tersebut memiliki high-tech laboratorium memasak yang berkualitas tinggi untuk menampung 20 hingga 50 mahasiswa setiap hari. Selain itu, kampus juga memiliki fasilitas restoran sendiri serta start up untuk belajar membangun bisnis kuliner. Universitas ini sangat mementingkan kemampuan mahasiswa dalam memasak, maka dari itu mereka diwajibkan untuk magang di luar negeri dan hotel ternama. Wajar saja jika kampus memiliki fokus seperti itu karena memiliki visi dan misi lulusannya dapat berkompetisi di dunia kuliner modern, baik di dalam maupun luar negeri.

Masak jadi gerbang pembuka menuju internasional, maka dari itu pihak kampus juga menyiapkan mahasiswa untuk dapat berbicara dengan Bahasa Inggris dan Cina melalui program Sol International Hotel and Foodservice Department. Mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan kuliah di dua negara, yakni 2 hingga 3 tahun di Korea Selatan dan 1 tahun di Australia. Kayaknya, seru, ya! Woosung University sedang membuka pendaftaran untuk mahasiswa internasional. Yuk, tengok websitenya!

Alamat: 171 Dongdaejeon-ro (155-3 Jayang-dong), Dong-gu, Daejeon, Republic of Korea (34606)


2. OME Cooking Lab, Kursus Masak Unggulan di Korea

Sumber: https://handluggageonly.co.uk/

Kalau sekolah masak di Korea Selatan yang satu ini berupa kursus singkat selama kurang lebih 2 hingga 3 jam. Tempat seru ini memiliki ulasan bintang lima di TripAdvisor. Meskipun durasinya singkat, kesempatan ini tidak boleh dilewatkan jika kamu sedang berada di Seoul. Kamu akan belajar membuat masakan tradisional ala pasar-pasar di Korea Selatan yang terkenal dengan gurihnya kuliner di sana.

Kursus ini memiliki bahan-bahan segar untuk diolah menjadi hidangan dalam porsi banyak, yaitu lebih dari 5 menu. Daftar masakan setiap hari berbeda dengan cakupan menu utama hingga makanan penutup. Setelah masak, peserta akan makan bareng ala keluarga di Korea Selatan dengan suasana hangat dan ceria. Bagaimana, tertarik untuk mengikuti kursus?

Alamat: 37-6, Yangnyeongjungang-ro, Dongdaemun-gu, Seoul.

3. Le Cordon Bleu-Sookmyung Academy, Lulusan Dapat Ijazah D3

Sumber: Youtube Le Cordon Bleu Seoul

Le Cordon Bleu memang merupakan akademik kuliner prestisius sekaligus tertua di dunia. Para praktisi handal siap membantu para calon koki untuk mengasah keahlian memasak menjadi lebih mumpuni. Kampus asal Perancis tersebut memiliki banyak cabang di berbagai negara, seperti Australia, London, Kanada, Paris, dan Korea Selatan. Jika kamu memiliki minat sekolah kuliner di Korea Selatan, kampus ini terkenal dengan sebutan Sookmyung Academy.

Akademik ini merupakan satu-satunya di Korea Selatan yang hanya fokus kepada bidang memasak, yakni Diplome De Cuisine, Diplome De Patisserie, dan Diploma De Boulangerie. Mahasiswa Soomkyung Academy akan mendapatkan gelar diploma (D3) setelah lulus. Ijazahnya dapat digunakan untuk mengembangkan karier di bidang kuliner di seluruh dunia.

Alamat: 7th Fl., Continuing Education Bldg. Sookmyung Women’s University, 100, Cheongpa-ro 47-gil Seoul , Yongsan-gu, 04310
South Korea.

Itulah 3 sekolah masak unggulan di Korea Selatan yang mempelajari masakan terenak di dunia. Ternyata, hobi juga menghasilkan uang dan jenjang karier apabila ditekuni secara serius. Kalau kamu masih mau explore sekolah kuliner terbaik lainnya, silahkan mampir ke 5 Sekolah Kuliner Terbaik di Dunia untuk Menjadi Chef Handal!

Di manakah kampus Korea Selatan yang membuka jurusan kuliner?

Universitas Woosung merupakan satu-satunya kampus yang memiliki jurusan culinary arts jenjang sarjana (S1) di Korea. Selain itu, ada juga Le Cordon Bleu-Soomkyung Academy yang memiliki jurusan Diplome De Cuisine, Diplome De Patisserie, dan Diploma De Boulangerie jenjang diploma (D3).

Belajar apa saja di Woosung University Culinary Arts?

Perguruan tinggi tersebut memiliki high-tech laboratorium memasak yang berkualitas tinggi untuk menampung 20 hingga 50 mahasiswa setiap hari. Selain itu, kampus juga memiliki fasilitas restoran sendiri serta start up untuk belajar membangun bisnis kuliner. Universitas ini sangat mementingkan kemampuan mahasiswa dalam memasak, maka dari itu mereka diwajibkan untuk magang di luar negeri dan hotel ternama.