fbpx

Sejumlah Universitas Tangguhkan Persyaratan Tes SAT/ACT

Persyaratan untuk melampirkan hasil tes terstandar seperti SAT dan ACT merupakan hal yang lazim untuk pendaftaran universitas di Amerika. Akan tetapi, terkait dengan pandemi COVID-19, maka pelaksanaan kedua ujian tersebut telah dibatalkan di berbagai tempat. Akibatnya, sejumlah universitas tangguhkan persyaratan tes SAT/ACT untuk proses pendaftaran kali ini.

University of California mengambil langkah

Sumber: calmatters.org

University of California merupakan salah satu universitas yang tangguhkan persyaratan tes SAT/ACT untuk proses pendaftaran tahun ini. Tindakan ini tentu merupakan hasil respons terhadap pembatalan SAT dan ACT karena COVID-19.

Meskipun demikian, pihak UC menegaskan bahwa penangguhan ini tidak berlangsung secara permanen. Ke depannya, persyaratan pendaftaran dan lainnya akan dibicarakan lebih lanjut. Kemungkinan, hasil tes terstandar SAT/ACT tetap digunakan untuk proses pendaftaran selanjutnya.

Langkah awal diambil Case Western Reserve University

Sumber: collegeconsensus.com

Pada dasarnya, memang telah ada perdebatan perlunya pelampiran hasil tes terstandar ini untuk pendaftaran kuliah. Maka dari itu, Case Western Reserve University in Cleveland menjadi salah satu universitas pertama yang menangguhkan persyaratan tes SAT/ACT ini akibat COVID-19.

Rick Bischoff selaku salah satu panitia seleksi menyatakan bahwa terdapat diskusi bahwa tes SAT/ACT ini hanyalah pilihan. Hal ini merupakan bagian dari upaya Case Western Reserve untuk meningkatkan kesetaraan.

Kebijakan telah menjadi permanen

Persyaratan tes SAT/ACT
Sumber: salesforce.org

Apabila University of California menyatakan bahwa penangguhan ini hanyalah sementara, maka berbeda dengan University of Oregon dan Oregon State University. Kedua institusi ini menyatakan bahwa kebijakan mereka menjadikan persyaratan tes SAT/ACT opsional telah menjadi permanen. Dengan demikian, para calon pendaftar tak perlu lagi berkewajiban melampirkan hasil tes ini.

Pada dasarnya, pandemi COVID-19 ini telah banyak mempengaruhi kebijakan di berbagai bidang. Termasuk di bidang perguruan tinggi. Bahkan, menurut UNESCO, ada lebih dari 850 juta siswa di dunia yang terdampak. Maka dari itu, terus perbarui informasi yang kamu dapatkan ya, Kawan Rantau.

For Your Information

Apakah perlu melampirkan hasil tes SAT/ACT?

Di sejumlah universitas, melampirkan hasil tes terstandar tersebut memang menjadi persyaratan. Akan tetapi, akibat pandemi COVID-19, banyak universitas yang menangguhkan persyaratan tersebut.

Apakah penangguhan persyaratan tes SAT/ACT itu permanen?

Hal ini tergantung dari universitas masing-masing. Baca artikel ini untuk tahu detail lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di California?