fbpx

Sejauh Mana Keefektifan Perkuliahan Secara Daring?

Berdasarkan data Coronavirus Covid-19 Global Cases by John Hopkins CSSE, tercatat ada 113.605 kasus Corona yang tercatat per hari Selasa (10/03/2020) pukul 09.09 WIB. Hal ini tentu membuat sejumlah institusi pendidikan tinggi memutuskan untuk melaksanakan perkuliahan secara daring. Akan tetapi, sejauh mana keefektifan dari pelaksanaan perkuliahan secara daring ini?

Keuntungan

Sumber: unsplash.com

NYU Shanghai merupakan salah satu universitas di China yang melaksanakan proses perkuliahan secara daring. Menurut mereka, ada lebih dari 1.000 mahasiswa dan pengajar yang berhasil menjalani proses ini. Peserta perkuliahan ini pun berasal dari berbagai belahan dunia, mulai dari Brazil, India, hingga Amerika Serikat.

Menurut Joanna Waley-Cohen, wakil rektor di NYU Shanghasi, salah satu keuntungan dengan diterapkannya perkuliahan daring adalah, proses pembelajaran ini dapat mendorong mahasiswa yang jarang bertanya di kelas, menjadi lebih berpartisipasi dalam diskusi. Hal ini memang didasarkan dari perbedaan karakter dari setiap mahasiswa. Tidak semua mahasiswa dapat merasa nyaman untuk menyampaikan pendapatnya di depan kelas.

Keberhasilan dari pelaksanaan perkuliahan secara daring ini juga berhasil dilaksanakan di IE University, Spanyol. Gonzalo Garland selaku wakil humas dari IE menyatakan bahwa peserta perkuliahan secara daring memberikan umpan balik yang cukup positif.

Kekurangan

Sumber: unsplash.com

Meskipun banyak yang menyatakan bahwa pelaksanaan perkuliahan secara daring cukup baik, ada juga yang merasakan kesulitan saat perkuliahan secara daring dilaksanakan. Hal ini disebabkan oleh tidak siapnya infrastruktur dan hal teknis lainnya untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan secara daring.

Biasanya, diperlukan waktu berbulan-bulan untuk bisa menciptakan program pembelajaran secara daring dengan kualitas tinggi. Akan tetapi, sekarang waktu yang dimiliki sangatlah sedikit. Apalagi, pelaksanaan perkuliahan secara daring ini bukanlah suatu hal yang direncanakan. Alhasil, tidak semua pihak dapat menjalani perkuliahan ini dengan baik.

Kemudian, ada juga kesulitan untuk mengadaptasi proses pembelajaran yang harusnya dilakukan di dalam kelas, menjadi diterapkan dalam sistem daring. Hal ini terkadang malah membuat materi yang disampaikan menjadi membosankan. Apalagi, cara menyampaikan materi secara daring tidak semudah mengunggah semua materi secara langsung, tapi juga harus ada pertimbangan bagaimana konten yang ada bisa tersampaikan dengan baik.

Keefektifan perkuliahan secara daring

Sumber: unsplash.com

Meskipun memang terdapat kesulitan untuk menerapkan proses perkuliahan secara daring, pada nyatanya sisi positif dari proses ini masih banyak yang dapat diambil. Awalnya, banyak orang yang menganggap remeh keefektifan dari perkuliahan daring, akan tetapi, dengan keadaan seperti sekarang yang “memaksa” penggunaan metode ini, pada akhirnya dapat mengubah persepsi dari orang-orang yang sinis tersebut.

Diharapkan, pengalaman pelaksanaan perkuliahan secara daring ini dapat menjadi salah satu strategi perkuliahan dalam jangka panjang. Toh, pada akhirnya, sistem perkuliahan secara daring memang dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan.

Kamu juga bisa membaca tentang tipe-tipe prokrastinator yang ada di antara para pelajar.

For Your Information

Mengapa dewasa ini perkuliahan secara daring menjadi lebih banyak digunakan?

Penyebaran wabah virus Corona Covid-19 lah yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak kampus di dunia menerapkan proses perkuliahan secara daring.

Apa keuntungan pelaksanaan perkuliahan secara daring?

Salah satu keuntungan yang didapatkan adalah mahasisa menjadi jauh lebih aktif dalam kegiatan diskusi.

Seberapa efektif pelaksanaan perkuliahan daring?

Baca jawaban lengkapnya di artikel ini ya, Kawan Rantau.