fbpx

Sejarah adalah Masa Lalu, Mengapa Kita Harus Mempelajarinya?

Banyak yang bilang, sejarah hanyalah masa lalu dan sebaiknya tidak untuk diingat. Bahkan, banyak yang bilang, kita sebagai manusia itu harus move on. Akan tetapi apakah betul demikian? Mengapa sih kita harus mempelajari sejarah?

Sejarah, Kajian Tentang Masa Lalu

Sumber: Al-fanarmedia.org

Memang tidak mudah untuk memahami apa pentingnya mempelajari sejarah. Banyak yang berpikir bahwa sebaiknya kita mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan. Bukannya melihat ke belakang.

Ilmu sejarah memang tidak akan memberikan dampak secara langsung seperti kedokteran maupun teknik. Fungsi dari ilmu sejarah sendiri memang tidak mudah untuk didefinisikan.

Namun, harus dipahami bahwa ilmu sejarah bisa menjadi sangat berguna. Ketika seseorang memahami sejarah dari suatu kejadian, maka ia bisa melakukan analisis lebih jauh mengenai hal yang terjadi kemudian. Bagaimanapun, suatu kejadian akan menciptakan suatu akibat.

Mengapa kita harus mempelajari sejarah? Apa fungsinya?

Ada beberapa fungsi sejarah yang dicoba untuk dikemukan. Pertama, sejarah akan membantu kita memahami bagaimana orang maupun masyarakat bertingkah laku. Terkadang, data-data yang ada sekarang tak bisa menjelaskan suatu hal.

Sebagai contoh, kita tidak mungkin menganalisis suatu perang ketika negara dalam keadaan damai, bukan? Maka dari itu, kita membutuhkan analisis sejarah untuk bisa memahami kejadian tersebut. Dengan demikian, data historis akan tetap menjadi satu hal yang penting dalam masyarakat.

Selanjutnya, dengan mempelajari sejarah, kita dapat memahami perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Akan ada hubungan antara kejadian di masa lalu, sekarang, dan juga nanti. Hanya melalui sejarah lah kita bisa memahami bagaimana suatu hal mengalami perubahan.

Pada dasarnya, fungsi dari sejarah akan sangat beragam. Mulai dari bekontribusi terhadap pemahaman moral, menciptakan identitas, hingga merupakan suatu hal yang esensial bagi warga negara. Yang pasti, sejarah telah menjadi salah satu subjek penting dalam ranah akademis.

Di mana saya dapat mempelajari sejarah?

Harvard University. Sumber: usnews.com

Harvard University akan menjadi tempat terbaik bagimu untuk mempelajari sejarah. Berdasarkan QS World University Rankings 2019 by Subject, Harvard University menduduki posisi pertama. Mengungguli University of Oxford dan University of Cambridge.

Kemudian, untuk di kawasan Asia sendiri, kamu bisa memilih National University of Singapore (NUS) atau University of Tokyo untuk mempelajari ilmu yang satu ini.

Pekerjaan apa yang dapat saya lakukan setelah lulus?

Sebagai seorang lulusan sejarah, ada beberapa jenis pekerjaan yang secara langsung berhubungan dengan jurusan yang kamu ambil. Inilah beberapa di antaranya:

  • Peneliti akademis
  • Arsiparis
  • Petugas museum
  • Kurator museum atau galeri
  • Pengajar sekolah menengah

Sedangkan, pekerjaan-pekerjaan yang cukup bisa berhubungan dengan jurusamu adalah sebagai berikut:

  • Pustakawan
  • Arkeologis
  • Jurnalis
  • Asisten editorial
  • Pemasaran
  • Pembuat kebijakan
  • Asisten politisi

Demikianlah penjelasan tentang mengapa kita harus mempelajari sejarah. Menarik bukan pembahasan soal jurusan yang satu ini. Pada intinya, sejarah bukan haya soal mempelajari kehidupan di masa lalu. Akan tetapi, menarik pembelajaran lebih jauh dari apa yang terjadi. Baca juga pembahasan soal jurusan sastra anak yang bukan hanya tentang sastra.

For Your Information

Apa itu sejarah?

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang masa lalu. Tapi tidak hanya itu. Ilmu ini mempelajari analisis dampak dan lainnya.

Mengapa harus mempelajari sejarah?

Sejarah berguna sebagai salah satu alat untuk menganalisis tingkah laku masyarakat.

Di manakah saya bisa mempelajari sejarah?

Harvard, Oxford, dan Cambridge masih menjadi sekolah terbaik yang menawarkan jurusan sejarah. NUS dan University of Tokyo bisa menjadi pilihanmu juga bila kamu ingin berkuliah sekolah sejarah terbaik di Asia.

Apa saja karir dari lulusan sejarah?

Jenis karir para lulusan sejarah sangat beragam. Info lebih lengkapnya, silakan baca artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?