fbpx

Sebagai Pelajar, Tipe Prokrastinator yang Manakah Kamu?

Apakah kamu sering menunda-nunda untuk mengerjakan tugas esaimu padahal tenggat waktunya sudah dekat? Apakah kamu lebih memilih untuk melihat-lihat isi ponselmu padahal kamu tidak punya kebutuhan untuk melakukannya? Atau bahkan kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton film di Netflix dan berpikir bahwa tidak apa-apa bersantai barang sebentar?

Well, pada dasarnya, setiap orang memiliki sisi prokrastinator masing-masing. Di Indonesia sendiri, kata prokrastinator telah menjelma menjadi mager atau “malas gerak“. Penggunaan kata ini seolah menjadi umum dan gejalanya memang menjangkiti semua orang, khususnya para mahasiswa.

Dilansir dari Study International, Ellen Hendriksen, seorang psikolog klinis di Boston University menjelaskan ada tiga tipe prokrastinator pelajar yang ada. Kira-kira, tipe prokrastinator yang manakah kamu?

The Avoider

Tipe prokrastinator pelajar -  The Avoider
Sumber: mindtools.com

Kalau dibilang tipe yang satu ini merupakan tipe yang suka menghindari masalah, maka bisa dikatakan benar. Menurut Hendriksen, seorang avoider cenderung ingin meninggalkan emosi negatif yang ia rasakan ketika mengerjakan suatu hal tertentu.

Sebagai contoh, kamu sengaja belum mengerjakan tugas paper-mu karena kamu merasa tertekan dan takut mendapatkan nilai jelek.

Kita memang belum pernah mengerjakan tugas serupa itu sebelumnya, dan wajar kok kalau kamu merasa tidak tahu harus mulai dari mana. Akan tetapi, dengan terus-terus menghindari tidak akan menyelesaikan masalahmu. Lebih baik, coba kupas satu persatu apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan tugasmu. Berdikusi bersama teman atau bertanya dengan asisten perkuliahan bisa membantumu.

The Optimist

Tipe prokrastinator pelajar -  The Optimist
Sumber: cosmopolitan.com

Apakah kamu adalah tipe prokrastinator yang terlalu optimis bahwa tugas yang harus kamu kerjakan tidak akan memakan waktu lama? Kamu seolah-olah punya kepercayaan diri tinggi untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan dalam waktu yang singkat.

Pada dasarnya, tipe prokrastinator yang satu ini merupakan orang-orang yang telah mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Yang menjadi sandungan adalah, para pelajar yang seolah-olah tahu apa yang harus ia lakukan tapi nyatanya hanya sekadar menggampangkan.

Jadi, saran baik dari kami, perhatikan terlebih dahulu kualifikasi dari tugas yang harus kamu kerjakan. Kalau memang kamu merasa mampu mengerjakannya dalam waktu yang singkat, dan kamu tahu apa yang harus kamu lakukan, menunda mengerjakannya tidak akan menjadi masalah.

The Pleasure Seeker

Tipe prokrastinator pelajar - The Pleasure Seeker
Sumber: gettingsmart.com

Singkatnya, tipe prokrastinator yang satu ini menunggu waktu yang “tepat” bagi mereka untuk mengerjakan tugas. Sebetulnya memang tidak ada yang salah dalam hal ini, apalagi kalau tugas yang diberikan memang berbentuk tugas tertulis seperti esai dan paper.

Yang menjadi masalah adalah ketika pelajar yang punya tipe prokrastinator ini berada dalam satu kelompok. Anggota kelompok yang lain akan merasa bahwa pelajar tersebut hanya seorang pemalas dan malah menghambat kinerja kelompok.

Sebaiknya, posisikan dirimu sebaik mungkin dan betul-betul buktikan bahwa kamu tetap mengerjakan tugasmu sebaik mungkin. Kamu tidak ingin tidak dipercayai oleh teman-temanmu, bukan? Berkata jujur pada teman-temanmu pun juga bisa menjadi hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjelaskan kemageranmu.

Demikianlah tipe-tipe prokrastinator pelajar yang ada. Apakah kamu termasuk satu di antaranya? Pada dasarnya tidak ada paksaan bagimu untuk menjadi seorang mahasiswa yang rajin membaca buku dan mengerjakan tugas. Akan tetapi, mawas diri dengan apa yang seharusnya kamu lakukan, apalagi sebagai anak rantau di negeri orang, menjadi penting.

Ingatlah untuk selalu menempatkan diri dan memanfaatkan privilese yang kamu dapatkan selama kamu berada di luar negeri. Kamu juga bisa membaca alasan mengapa Selandia Baru cocok untuk pendatang. Salah satunya bisa membuat kamu terhindari dari stres.

For Your Information

Apakah wajar seorang pelajar menjadi prokrastinator?

Tentu saja wajar. Setiap orang, khususnya pelajar, memang memiliki sisi prokrastinator di dalam dirinya.

Apakah prokrastinator itu buruk bagi pelajar?

Tentu menunda mengerjakan tugas bukanlah hal yang baik. Akan tetapi, terkadang ada faktor-faktor yang membuat kita terus menundanya. Yang terpenting adalah, kamu harus mampu mawas diri dan menempatkan diri untuk menyelesaikan seluruh tugasmu dengan baik.

Apa saja tipe prokrastinator pelajar yang ada?

Ada banyak macam tipe prokrastinator dari pelajar. Di artikel ini, kami membahas tiga di antaranya. Silakan baca untuk mengetahui lebih lanjut.