fbpx

Sambut Hari Bumi Internasional, Berikut Jurusan Ilmu Bumi Terbaik

Tiap tahunnya, hari bumi internasional jatuh pada tanggal 22 April. Perayaan ini telah ada sejak tahun 1970. Tujuan perayaan hari bumi internasional adalah untuk mulai fokus pada tantangan lingkungan sekarang ini, seperti pemanasan global dan upaya penggunaan energi terbarukan.

Nah, untuk menyambut datangnya hari bumi internasional, berikut jurusan ilmu bumi terbaik di dunia.

The Department of Earth Sciences (D-ERDW), ETH Zurich, Swiss

Jurusan ilmu bumi terbaik
Sumber: erdw.ethz.ch

D-ERDW merupakan salah satu organisasi riset terbaik di ETH Zurich, Swiss. Pada tahun 2020, D-ERDW dari ETH Zurich berhasil meraih peirngkat pertama dalam pemeringkatan QS World University Rankings by Subject untuk ilmu bumi dan kelautan.

Departemen ilmu bumi ini pertama kali terbentuk pada tahun 1979. Departemen ini hadir untuk menggabungkan tiga departemen lainnya untuk berkoordinasi menjadi satu, yakni:

  • The Geological Institute
  • The Department of Crystallography and Petrology
  • The Institute of Geophysics

Tujuan besar dari berdirinya D-ERDW adalah untuk mengenalkan konsep dan metodologi dasar dari ilmu bumi untuk memahami interaksi antara manusia dengan lingkungan.

The Department of Earth, Atmospheric and Planetary Sciences (EAPS), Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

Jurusan ilmu bumi terbaik - MIT
Sumber: libraries.mit.edu

Posisi kedua untuk jurusan ilmu terbaik di dunia diduduki oleh EAPS, MIT. Dengan berkuliah di sini, maka kamu akan mempelajari berbagai turbulensi yang terjadi di lautan maupun atmosfer, memahami kedalaman bumi, planet jauh, hingga asal mula kehidupan.

Dengan demikian, kamu akan bertemu dengan geobiologi, geokimia, geofisika, ilmu kelautan, hingga ilmu planet. Kamu bisa mendapatkan pencerahan melalui berbagai tugas lapangan dan penjabaran teori.

Awal mula dari EAPS telah ada sejak tahun 1861 di bawah pimpinan William Barton Rogers, seorang ahli geologi MIT. Rogers merupakan seorang ahli filsaftar dan juga kimia. Kala itu, Rogers juga menjadi ahli geologi di Virginia.

Department of Earth Science, University of Cambridge

Jurusan ilmu bumi terbaik - Cambridge
Sumber: philanthropy.cam.ac.uk

Beralih ke Inggris, kamu akan menemukan jurusan ilmu bumi terbaik di University of Cambrisge. Department of Earth Science di kampus Oxbridge ini menawarkan pendidikan terbaik dengan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif.

Untuk menyelesaikan jurusan ilmu bumi di University of Cambridge, kamu akan membutuhkan waktu selama empat tahun. Kabar baiknya, gelar yang kamu dapat telah terakreditasi oleh Geological Society of London.

Jadi, kamu akan memilih universitas yang mana, Kawan Rantau, untuk kuliah ilmu bumi? Selain ketiga universitas di atas, kamu juga bisa memilih Australian National University (Australia), University of Tokyo (Jepang), dan University of British Columbia (Kanada).

Baca juga penjelasan lengkap ilmu bumi yang berguna untuk selamatkan planet dari musibah.

For Your Information

Apa itu ilmu bumi?

Secara sederhana, ilmu ini mempelajari segala fenomena yang terjadi di bumi, baik di daratan, lautan, maupun udara.

Apa itu hari bumi internasional?

Perayaan mengani bumi yang kita tinggali setiap tanggal 22 April.

Di mana jurusan ilmu bumi terbaik di dunia berada?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?