fbpx

Rotary Peace Fellowship: Bagi yang Ingin Mewujudkan Perdamaian Dunia

Tiap tahunnya, Rotary memberikan 130 fellowship yang diberikan untuk para pemimpin dunia yang mendedikasikan dirinya terhadap kajian perdamaian. Terdapat dua jenis fellowship yang diberikan, yakni pelatihan dan juga beasiswa S2. Fellowship itu sendiri berada di bawah skema Rotary Peace Fellowship.

Tentang Rotary Peace Fellowship

Rotary Peace Fellowship
Sumber: scholarship-positions.com

Rotary merupakan sebuah jejaring global yang terdiri dari 1.2 juta orang yang melihat bahwa ada banyak orang yang dapat berkumpul dan menciptakan perubahan. Perubahan yang positif terntunya. Sejumlah isu disasar oleh Rotary, mulai dari melawan penyakit, menyediakan air bersih, hingga mempromosikan perdamaian.

Maka dari itu, Rotary memiliki sejumlah pusat kajian perdamaian bernama Rotary Peace Centers yang ada di berbagai tempat di dunia. Pusat kajian tersebut memberikan sejumlah pelatihan dan kesempatan berjejaring. Nantinya, fellowship yang diberikan oleh Rotary terdiri dari biaya perkuliahan, akomodasi, transportasi, da juga seluruh pengeluaran selama magang dan kerja lapangan.

Sejak program ini dilaksanakan pada tahun 2002, Rotary Peace Centers telah mendidik lebih dari 1.300 orang yang sekarang bekerja di lebih dari 115 negara. Mereka semua banyak yang bekerja di bidang pemerintahan, non governmental organization (NGO), militer, pendidikan, lembaga penegak hukum, hingga organisasi internasional seperti PBB dan Bank Dunia.

Program yang ditawarkan

Rotary Peace Fellowship
Sumber: rotary.org

Ada dua buah program yang ditawarkan oleh Rotary, yakni Master’s degree programs dan Professional development certificate program.

Untuk program S2, kandidat yang terpilih akan mempelajari isu perdamaian dan pembangunan. Program ini akan berjalan selama 15 hingga 24 bulan, termasuk dengan 2-3 bulan kelas lapangan dan lainnya.

Lalu, untuk program sertifikasi profesional di bidang pembangunan, program ini akan berjalan selama satu tahun. Para profesional di bidang perdamaian dan pembangunan dari berbagai latar belakang bisa mendapatkan kemampuan praktikal untuk mempromosikan perdamaian di sekitarnya.

Siapa yang bisa mendaftar program S2 dari Rotary?

Rotary Peace Fellowship
Sumber: blog.rotary.org

Apabila kamu tertarik untuk mendapatkan beasiswa S2 dari Rotary, maka kamu harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut:

  1. Cakap berbahasa Inggris
  2. Memiliki gelar sarjana
  3. Memiliki komitmen yang kuat terhadap pemahaman lintas budaya dan perdamaian yang terlihat dari rekam jejak profesional dan pencapaian akademik mereka.
  4. Potensi dalam hal kepemimpinan
  5. Setidaknya memiliki pengalaman kerja di bidang perdamaian atau pembangunan selama tiga tahun

Siapa saja universitas mitra dari Rotary?

Asal kalian tahu, penerima beasiswa S2 Rotary tidak diperkenankan untuk mengambil perkuliahan di Rotary Peace Center yang ada di negara asalnya. Maka dari itu, berikut sejumlah universitas mitra dari Rotary:

  1. Duke University, Amerika Serikat
  2. University of North Carolina at Chapel Hill, Amerika Serikat
  3. International Christian University, Jepang
  4. University of Bradford, Inggris
  5. University of Queensland, Australia
  6. Uppsala University, Swedia

Sekarang ini, program Rotary Peace Fellowship sedang membuka pendaftaran untuk program tahun 2021-2022. Kamu bisa mendaftarkan diri hingga 31 Mei mendatang. Informasi lengkap mengenai program yang satu ini bisa kamu dapatkan di sini.

Demikianlah pembahasan kami tentang skema beasiswa S2 yang satu ini. Apabila kamu tertarik untuk berkecimpung di isu perdamaian dan juga pembangunan, maka bergabung melalui beasiswa Rotary ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagimu.

Kamu juga bisa membaca tentang ASEAN and Oceania Postgraduate Excellence Award, beasiswa S2 di University of Nottingham.

For Your Information

Apakah ada beasiswa yang ditujukan bagi para profesional?

Tentu saja banyak sekali jenis beasiswa yang tersedia. Beasiswa Rotary merpakan salah satu beasiswa yang ditujukan bagi para profesional di bidang perdamaian dan pembangunan.

Apa itu Rotary Peace Fellowship?

Tiap tahunnya, Rotary memberikan 130 fellowship yang diberikan untuk para pemimpin dunia yang mendedikasikan dirinya terhadap kajian perdamaian. Terdapat dua jenis fellowship yang diberikan, yakni pelatihan dan juga beasiswa S2. Fellowship itu sendiri berada di bawah skema Rotary Peace Fellowship.

Bagaimana cara mendaftar beasiswa Rotary?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya, Kawan Rantau.