Rekomendasi Buku Bagi yang Ingin Mendalami Antropologi dari Awal

Ilmu Antropologi merupakan salah satu ilmu yang menjadi tumpuan dalam ilmu sosial. Mempelajari kebudayaan, apalagi yang berasal dari peradaban masa lampau menjadi salah satu fokus kajian dari antropologi. Sejumlah universitas di dunia pun juga menawarkan jurusan ini. Nah, supaya kamu siap menjadi mahasiswa antropologi, maka kami akan berikan rekomendasi buku antropologi yang sangat pas bagi pemula.

Kebanyakan, buku-buku yang akan kami rekomendasikan berkaitan erat dengan etnografi. Mengapa demikian? Karena etnografi merupakan salah satu metode penelitian terpenting dalam ilmu antropologi.

The purpose of anthropology is to make the world safe for human difference.

Ruth Bennedict.

Structural Anthropology – Claude Levi-Strauss

Rekmendasi buku antropologi - Structural Anthropology
Structual Anthropology. Sumber: goodreads.com

Buku karangan Claude Levi-Strauss ini merupakan salah satu karya antropologi klasik yang tetap digunakan. Telah terbit sejak tahun 1958, buku ini pun menjadi salah satu founding texts of anthropology.

Structural Anthropology akan sangat baik untuk pemula karena menyajikan pengenalan yang baik tentang antropologi struktural. Dengan membaca buku ini, maka kamu akan lebih bisa melihat bagaimana Levi-Strauss memandang manusia dan masyarakat. Apalagi yang berhubungan dengan organisasi sosial, agama, mitologi, dan seni.

The Moral Economy of the Peasant – James C. Scott

Rekmendasi buku antropologi - The Moral Economy of the Peasant
The Moral Economy of the Peasant. Sumber: James C. Scott

Buku The Moral Economy of the Peasant: Rebellion and Subsistence in Southeast Asia karya James C. Scott juga merupakan karya klasik antropologi yang harus kamu baca. Melalui buku ini, metode etnografi yang digunakan oleh para antropologis modern bermula.

The Great Transformation – Karl Polanyi

Rekmendasi buku antropologi - The Great Transformation
The Great Transformation. Sumber: Goodreads.com

Dalam karya klasik yang berjudul The Great Transformation: The Political and Economic Origins ini, Karl Polanyi mencoba menganalisis perubahan ekonomi dan sosial yang dibawa oleh great transformation pada masa revolusi industri. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1944.

The Religion of Java – Clifford Geertz

Rekmendasi buku antropologi - The Religion of Java
The Religion of Java. Sumber: Goodreads.com

Buku ini menyaikan kombinasi antara anslisis dan spekulasi yang komprehensif akan agama yang ada di tanah Jawa. Dalam The Religion of Java, Clifford Geertz menekankan pada variasi serta konflik dalam kepercayaan yang ada di masyarakat Jawa sembari menggabarkan kesamaan dan harmoni yang ada di dalamnya.

Melalui buku ini, kamu bisa mendapatkan sebuah analisis sosial akan kepercayaan keagamaan dan ideologi. Buku ini diterbitkan pada tahun 1976 dan merupakan bagian dari Modjokuto Series.

Native Tours – Erve Chambers

Rekmendasi buku antropologi - Native Tours
Native Tours. Sumber: goodreads.com

Salah satu karya antropologi modern yang berguna bagimu adalah Native Tours: The Anthropology Travel & Tourism karya Erve Chambers. Buku ini diterbitkan pada tahun 2000 dan membahas bagaimana turisme telah menjadi salah satu industri terbesar di dunia.

Buku ini akan menyajikan pengalaman Chambers secara langsung sebagai studi kasus untuk analisisnya lebih jauh.

Jadi, bagaimana, Anak Rantau? Apakah kamu tertarik memasukkan buku-buku di atas ke dalam daftar bacaanmu? Atau kamu memiliki daftar bacaan lainnya? Yang pasti, buku-buku di atas merupakan rekomendasi buku antropologi versi Anak Rantau.

Kamu juga bisa membaca rekomendasi kami tentang buku-buku sosiologi yang cocok untuk pemula.

Apa itu antropologi?

Ilmu Antropologi merupakan salah satu ilmu yang menjadi tumpuan dalam ilmu sosial. Mempelajari kebudayaan, apalagi yang berasal dari peradaban masa lampau menjadi salah satu fokus kajian dari antropologi.

Mengapa kita harus mempelajari antropologi?

Dengan mempelajari antropologi, kita dapat memahami bahwa perbedaan merupakan salah satu hal yang membentuk masyarakat.

Buku apa saja yang dapat saya baca untuk memahami antropologi?

Banyak sekali karya antropologi yang dapat kamu baca. Akan tetapi, kalau kamu seorang pemula, coba cek rekomendasi buku antropologi di artikel ini.