fbpx

Rekomendasi 7 Universitas Terbaik di Swiss untuk Kuliah Tahun 2021

Swiss merupakan salah satu negara cantik yang terletak di tengah-tengah Benua Eropa. Negara satu ini berada di antara Perancis, Jerman, Austria, dan Liechtenstein. Meskipun bukan termasuk negara besar, Swiss dikenal sebagai salah satu negara terbaik untuk tempat tinggal. Tentunya, hal ini menjadi kabar baik bagi pelajar internasional yang ingin kuliah di Swiss. Maka dari itu, berikut akan kami bahas rekomendasi 7 universitas terbaik yang ada di Swiss.

7. University of Lausanne

Sumber: pinterest.com

University of Lausanne merupakan universitas yang terletak di Lausanne, Swiss. Mulanya, universitas ini berdiri pada tahun 1537 sebagai sekolah teologi. Baru pada tahun 1890, University of Lausanne resmi menjadi universitas. 

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021, University of Lausanne berhasil menduduki peringkat ke-169. Hal ini menjadikan University of Lausanne menduduki posisi sebagai universitas terbaik ke-7 di Swiss.

Pada dasarnya, University of Lausanne memiliki tiga fokus utama, yakni bidang ilmu sosial dan manusia, ilmu kehidupan dan kedokteran, dan ilmu lingkungan.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di University of Lausanne adalah sebagai berikut:

  1. Teologi
  2. Olahraga
  3. Anatomi dan fisiologi
  4. Ilmu bumi dan kelautan
  5. Geologi

6. University of Basel

Sumber: linkedin.com

University of Basel, sesuai dengan namanya, terletak di Basel, Swiss. Universitas satu ini telah berdiri sejak 4 April 1460. Hal ini membuat University of Basel menjadi universitas tertua di Swiss, bahkan dunia.

Lingkungan yang ramah pelajar menjadi salah satu hal yang dikedepankan oleh University of Basel. Banyak program yang ditawarkan oleh University of Basel merupakan program dengan struktur yang interdisiplin dan berkaitan dengan banyak bidang vital di universitas. Otomatis, pembelajaran di University of Basel ini menjadi sangat menarik.

Berdasarkan pemeringkatan QS, University of Basel menduduki peringkat ke-149 dunia. Dengan demikian, universitas ini menduduki posisi ke-6 sebagai universitas terbaik di Swiss.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di University of Basel adalah sebagai berikut:

  1. Sejarah klasik dan kuno
  2. Farmasi dan farmakologi
  3. Anatomi dan fisiologi
  4. Kedokteran
  5. Biologi

5. University of Bern

Sumber: rochester-bern.ch

University of Bern merupakan salah satu universitas paling komprehensif di Swiss. Setidaknya, terdapat delapan fakultas dan juga 150 institusi yang ada di universitas ini. Terletak di Bern, University of Bern telah berdiri sejak tahun 1834.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, University of Bern menawarkan banyak sekali program. Kamu pun dapat mengambil program kombinasi di universitas satu ini. Sebagai contoh, kamu bisa menggabungkan program ekonomi dengan arkeologi atau psikologi dengan ilmu komputer. Yang pasti, kamu tidak akan kehabisan pilihan saat berkuliah di sini.

Beragamnya program di University of Bern beserta dengan keunggulan lainnya, mengantarkan University of Bern menduduki peringkat ke-114 dalam QS World University Rankings 201. Pada akhirnya posisi kelima untuk universitas terbaik di Swiss diduduki oleh universitas yang berada di ibu kota ini.

Jurusan-jurusan terbaik yang ada di University of Bern adalah sebagai berikut:

  1. Geofisika
  2. Geologi
  3. Ilmu bumi dan kelautan
  4. Arkeologi
  5. Kedokteran gigi

4. University of Geneva

Sumber: unige.ch

University of Geneva merupakan universitas negeri yang terletak di Jenewa, Swiss. Sama seperti University of Lausanne, University of Geneva awalnya juga bermula sebagai sekolah agama sejak didirikan pada tahun 1559. Kala itu, University of Geneva terus berfokus pada teologi hingga abad ke-17.

Saat ini, University of Geneva telah menawarkan lebih dari 500 program, termasuk 136 program sarjana dan magister, serta 87 program doktoral. Kemudian, bidang yang diajarkan pun telah begitu beragam, yakni mulai dari ilmu eksakta, kedokteran, humaniora, ilmu sosial, hukum, dan lainnya.

Dalam pemeringkatan QS, University of Geneva menempati peringkat ke-106. Hal ini membuat University of Geneva berhasil mengungguli Ohio State University dan Purdue University yang berada di Amerika Serikat.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di University of Geneva adalah sebagai berikut:

  1. Sejarah klasik dan kuno
  2. Farmasi dan farmakologi
  3. Filsafat
  4. Anatomi dan fisiologi
  5. Kedokteran gigi

3. University of Zurich

Sumber: isc.uzh.ch

University of Zurich terkenal sebagai universitas terbesar di Swiss. Terletak di Zurich, University of Zurich telah berdiri sejak tahun 1883. Kala itu, University of Zurich menyediakan sekolah teologi, hukum, dan kedokteran. Kemudian, pada tahun 1525, fakultas filsafat ditambahkan.

Pada dasarnya, University of Zurich merupakan universitas pertama di Eropa yang didirikan di bawah sistem politik demokrasi. Sampai sekarang, University of Zurich menjadi salah satu universitas berbahasa Jerman terdepan di dunia. Kemudian, universitas ini juga dikenal sebagai institusi riset paling prestisius di Eropa.

University of Zurich merupakan satu dari tiga universitas di Swiss yang masuk ke dalam daftar 100 universitas terbaik di dunia. Dalam pemeringkatan QS, University of Swiss berbagi tempat dengan Korea University di peringkat ke-69.

Jurusan-jurusan terbaik yang bisa kamu temukan di University of Zurich adalah sebagai berikut:

  1. Anatomi dan fisiologi
  2. Kedokteran gigi
  3. Ilmu komunikasi dan media
  4. Sejarah klasik dan kuno
  5. Teologi

2.  École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL)

Sumber: vetrotech.com

Terletak di Lausanne, Swiss, EPFL merupakan universitas dan institusi riset yang dikhususkan untuk bidang ilmu alam dan teknik. Universitas satu ini dikenal sebagai universitas teknik yang paling kosmopolitan.

Saat ini, EPFL telah menjadi rumah bagi pelajar profesore, maupun kolaborator dari 120 negara lebih. Tiga misi utama yang diusung oleh EPFL adalah, pengajaran, penelitian, dan juga inovasi.

Berdasarkan pemeringkatan QS, EPFL berhasil menduduki peringkat ke-14 dan berhasil mengungguli Tsinghua University (China) dan University of Pennsylvania (Amerika Serikat). Selain itu, EPFL juga berhasil masuk ke dalam daftar universitas paling ramah terhadap pelajar internasional tahun 2020 versi Times Higher Education.

Jurusan-jurusan terbaik yang dapat kamu temukan di EPFL adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu material
  2. Kimia
  3. Ilmu komputer dan sistem informasi
  4. Teknik kimia
  5. Teknik sipil dan struktural

1. ETH Zurich 

Sumber: en.wikipedia.org

Pada akhirnya, peringkat pertama untuk universitas terbaik di Swiss dipegang oleh ETH Zurich. Universitas satu ini merupakan universitas negeri yang berada di Zurich, Swiss. Didirikan oleh Pemerintah Federal Swiss pada tahun 1854 untuk menyediakan sekolah yang berfokus pada sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Berdasarkan pemeringkatan QS, ETH Zurich berhasil masuk 10 besar universitas terbaik di dunia. Bahkan, ETH Zurich menduduki peringkat ke-2 terbaik di Eropa setelah University of Oxford yang berada di peringkat kelima.

Sama seperti EPFL, ETH Zurich juga termasuk ke dalam universitas yang paling ramah terhadap pelajar internasional. Sam saat ini, ada sekitar 19.000 pelajar internasional yang terdaftar di ETH Zurich dan berasal dari 120 negara. Meskipun bahasa pengantar utama di ETH Zurich merupakan Jerman-Swiss, kamu tetap bisa menemukan sejumlah program yang diajarkan dalam Bahasa Inggris.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di ETH Zurich adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu bumi dan kelautan
  2. Geologi
  3. Fisika
  4. Statistika
  5. Arsitektur

Itulah rekomendasi 7 universitas terbaik di Swiss, Kawan Rantau. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Swiss, maka kamu bisa memilih salah satu di antaranya.

Baca juga daftar 10 universitas terbaik yang ada di Inggris.

For Your Information

Mengapa harus kuliah di Swiss?

Swiss merupakan salah satu negara cantik yang terletak di tengah-tengah Benua Eropa. Negara satu ini berada di antara Perancis, Jerman, Austria, dan Liechtenstein. Meskipun bukan termasuk negara besar, Swiss dikenal sebagai salah satu negara terbaik sebagai tempat tinggal.

Dimana universitas terbaik di Swiss berada?

Baca artikel ini untuk membaca rekomendasi kami.

Ingin mengetahui cerita lain di Geneva?