fbpx

Rekomendasi 5 Universitas Terbaik di Kawasan Oseania

Pada tahun 2017, Kedutaan Australia untuk Indonesia menyatakan bahwa jumlah pelajar Indonesia yang memilih melanjutkan studi di Australia semakin meningkat. Australia memang menjadi salah satu negara tujuan para pelajar Indonesia, selain Singapura dan Malaysia yang notabene tidak jauh dari Indonesia.

Nah, berikut merupakan rekomendasi bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di kawasan Oseania, termasuk Australia. Yap. Oseania sendiri merupakan kawasan geografis yang terdiri dari Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, dan beberapa negara kepulauan di sekitar kawasan tersebut.

1. University of Melbourne

anakrantau-university-of-melbourne.jpg
University of Melbourne. Sumber: tripadvsor.com

University of Melbourne merupakan rekomendasi yang tepat untukmu. Mengapa? Karena University of Melbourne digadang-gadang menempati peringkat pertama universitas terbaik di Amerika, dan peringkat ke-32 di dunia.

Bertempat di sebuah kota yang menyandang status kota paling baik untuk ditinggali, University of Melbourne menawarkan lebih dari 100 program studi, mulai dari psikologi, komunikasi, musik, hingga kesehatan.

2. Australian National University

anakrantau-anu-campus-life.jpg
Suasana kampus ANU. Sumber: science.anu.edu.au

Selain University of Melbourne, Australian National University (ANU) juga memiliki reputasi yang tidak main-main. Terkenal akan aspek risetnya, ANU dikenal sebagai salah satu universitas terbaik bagi pelajar internasional karena menawarkan lingkungan kampus yang multikultural.

Terdapat 7 fakultas yang dinaungi ANU, mulai dari bisnis dan ekonomi, hukum, hingga sains dan matematika. Kamu juga tidak perlu khawatir karena setelah lulus dari ANU, kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah terbuka lebar. Apalagi, jejaring alumni dan pusat karir di ANU akan memfasilitasi kamu.

3. University of New South Wales

anakrantau-unsw.jpg
Gedung UNSW. Sumber: thekidsproject.org.au

University of New South Wales (UNSW) merupakan salah satu universitas berbasis riset yang berlokasi di Sydney, Australia. Sama seperti University of Melbourne dan ANU, UNSW juga menawarkan berbagai program studi yang berada di bawah naungan 9 fakultas, yakni UNSW Art & Design, UNSW Arts and Social Sciences, UNSW Built Environment, UNSW Business School, UNSW Engineering, UNSW Law, UNSW Medicine, UNSW Science, dan UNSW Canberra di ADFA.

Scott Morrison, Perdana Menteri Australia saat ini merupakan salah satu alumni dari UNSW. Kala itu, Morrison mendalami studi geografi ekonomi untuk meraih gelar sarjananya di UNSW.

4. University of Auckland

anakrantau-university-of-auckland
Gedung University of Auckland. Sumber: resources.stuff.co.nz

Nah, sekarang mari kita beralih ke Selandia Baru, sebagai negara tetangga dari Australia. Tentu, banyak sekali alasan mengapa Selandia Baru itu cocok untuk para pendatang yang ingin melanjutkan studi mereka. University of Auckland menjadi salah satu universitas terbaik apabila kamu ingin berkuliah di Selandia Baru.

University of Auckland terkenal sebagai universitas terluas di Selandia Baru. Terletak di kota Auckland, University of Auckland menjadi kampus bagi lebih dari 40.000 pelajar. Terdapat delapan fakultas yang dinaungi University of Auckland, yakni Faculty of Arts, Business School, Faculty of Creative Arts and Industries, Faculty of Education and Social Work, Faculty of Engineering, Auckland Law School, Faculty of Medical and Health Sciences, dan Faculty of Science.

5. University of Otago

anakrantau-university-of-otago.jpg
Gedung University of Otago. Sumber: newstalkzb.co.nz

Pilihan kedua bagi kamu yang ingin berkuliah di Selandia Baru adalah University of Otago. Berlokasi di Dunedin, Otago, Selandia Baru, universitas berbasis riset ini berdiri sejak tahun 1869. Beberapa media, seperti The Daily Telegraph dan The Huffington Post menobatkan universitas ini sebagai universitas tercantik di dunia.

Oh, ya, para mahasiswa dari universitas ini punya nickname, lho! Mereka biasa disebut sebagai “Scarfie”. Mengapa demikian? Karena kebiasaan mereka sering kali menggunakan scarf saat musim dingin.

Itulah 5 rekomendasi universitas di kawasan Oseania yang sudah kami rangkum. Bagaimana, anak rantau? Tertarik untuk mencoba berkuliah di kawasan ini?


Ingin mengetahui cerita lain di Auckland?