fbpx

QS World University Rankings 2021 Dirilis! MIT Kembali Memimpin

Setelah sebelumnya Times Higher Education (THE) merilis THE Asia University Rankings 2020, maka sekarang giliran QS yang merilis QS World University Rankings 2021. Pada dasarnya, QS World University Rankings merupakan salah satu sistem pemeringkatan yang banyak dirujuk di kalangan akademis.

Untuk tahun ini, setidaknya ada 1.000 universitas terbaik dari 80 lokasi berbeda yang termasuk ke dalam daftar ini. Lagi-lagi, tahun ini Massachusetts Institute for Technology (MIT) kembali menduduki posisi pertama untuk yang kesembilan kalinya.

Beriku merupakan daftar universitas terbaik versi QS World University Rankings 2021.

10. UCL (Inggris)

Sumber: pinterest.com

Turun dua peringkat dari tahun lalu, kali ini UCL berada pada posisi ke-10. Akan tetapi, UCL tetap menunjukkan reputasinya sebagai universitas terbaik di Inggris.

Menjadi mahasiswa di UCL tidak hanya tentang mendapatkan pengetahuan. Tapi juga mendapat kesempatan untuk menggali potensi diri sebagai individu.

Salah satu pencapaian terbaik dari UCL adalah mendapatkan peringkat pertama dalam QS WUR by Subject Ranking untuk jurusan pendidikan. Untuk jurusan ini, UCL berhasil melampaui pencapaian dari Harvard maupun Stanford University.

9. University of Chicago (Amerika Serikat)

Sumber: news.wttw.com

Naik satu tingkat dari peringkat tahun 2020, University of Chicago sekarang menduduki peringkat ke-9.

University of Chicago termasuk universitas yang prestisius di Amerika Serikat. Banyak sekali pencapaian yang telah diraih oleh universitas ini, mulai dari di bidang kesehatan, bisnis, hingga teknologi informasi.

Jurusan atropologi menjadi salah satu jurusan terbaik di University of Chicago. Untuk pemeringkatan QS terakhir, jurusan antropologi dari University of Chicago menduduki peringkat ke-7 dunia.

8. Imperial College London (Inggris)

Sumber: imperia.auc.ak

Imperial College London menjadi unik di Inggris karena merupakan satu-satunya universitas yang secara khusus memiliki fokus pada sains, teknik, kedokteran, dan bisnis. Terletak di jantung Kota London membuat Imperial menjadi lingkungan yang ramah bagi para pelajar internasional.

Tahun ini, Imperial College London berhasil naik satu tingkat ke peringkat ke-8.

Jurusan terbaik yang ditawarkan oleh Imperial College London adalah teknik sipil. Dalam pemeringkatan QS, jurusan teknik sipil dari Imperial College London berhasil menduduki peringkat ke-5 dunia.

7. University of Cambridge (Inggris)

Sumber: pinterest.com

Kali ini, University of Cambridge berhasil mempertahankan posisinya di peringkat ke-7 dalam pemeringakatan QS World University Rankings 2021. Bersama dengan University of Oxford, Univesity of Cambridge sering kali disebut sebagai Oxbridge.

Sebagai satu dari universitas paling prestisius di Inggris, Cambridge telah menjadi rumah bagi lebih dari 1.300 pelajar internasional.

Salah satu jurusan terbaik yang bisa kamu temukan di Cambridge adalah anatomi dan fisiologi. Jurusan ini berhasil menduduki peringkat ke-2 dalam QS WUR by Subject Ranking.

6. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology (Swiss)

Sumber: lse.ethz.ch

Menduduki posisi yang sama dengan tahun lalu, ETH Zurich terus hadir sebagai salah satu universitas terbaik di Swiss. ETH Zurich berupaya untuk mempersiapkan para mahasiswanya untuk hidup di masyarakat. Dengan demikian, ada banyak sekali hal yang diajarkan di ETH Zurich di luar bidang akademis.

Salah satu jurusan terbaik di ETH Zurich adalah jurusan ilmu bumi dan kelautan. Well, tak heran bukan karena universitas yang satu ini memang fokus terhadap bidang sains dan teknologi.

5. University of Oxford (Inggris)

Sumber: pinterest.com

Tampaknya tahun ini bukan tahun terbaik untuk Oxford. Kali ini, University of Oxford turun satu peringkat ke posisi ke-5 dalam pemeringkatan kali ini.

Sebagai salah satu universitas tertua di dunia, University of Oxford masih sangat disegani. Maka dari itu, reputasi universitas ini dapat dikatakan tak pernah pudar.

Jurusan unggulan dari University of Oxford selain di bidang sosial dan humaniora adalah anatomi dan fisiologi. Akan tetapi, kalau kamu tertarik untuk mendalami jurusan sosial dan humaniora, tak ada salahnya untuk memilih universitas yang satu ini.

4. California Institute of Technology (Amerika Serikat)

Mengambil alih posisi Oxford, Caltech berhasil menduduki peringkat ke-4 untuk pemeringkatan kali ini. Sebagai salah satu universitas yang berfokus pada bidang sains dan teknik, universitas yang terletak di Pasadena, California ini memang perlu dipertimbangkan.

Untuk jurusan ilmu alam sendiri, Caltech berhasil menduduki posisi ke-6 dalam QS WUR by Subject. Jadi, apakah kamu tertarik untuk kuliah di universitas ini, Kawan Rantau?

3. Harvard University (Amerika Serikat)

Sumber: britannica.com

Bagian dari Ivy League dan terus menunjukkan performa terbaik di bidang akademis adalah ciri khas dari Harvard University.

Harvard memang dikenal sebagai salah satu institusi termahal di dunia. Akan tetapi, banyak sekali bantuan keuangan yang bisa kamu dapatkan. Jadi, melanjutkan kuliah di Harard bukan sekadar mimpi.

Untuk akuntansi dan keuangan, reputasi Harvard memang tidak terkalahkan. Dalam pemeringkat QS WUR by Subject Ranking, jurusan akuntansi dan keuangan Harvard University terus menduduki peringkat pertama.

2. Stanford University (Amerika Serikat)

Sumber: wsj.com

Stanford University sering kali dibandingkan dengan Harvard. Akan tetapi, pada dasarnya kedua universitas ini memiliki tradisi keilmuan yang berbeda.

Sebagai universitas yang lebih fokus terhadap sasaran praktis, maka tak heran apabila Stanford lebih unggul di bidang teknik dan sains. Tahun ini, Stanford berhasil mempertahankan posisinya di peringkat ke-2.

Jurusan ilmu lingkungan menjadi jurusan terbaik di Stanford University. Dalam pemeringkatan QS WUR by Subject Rankings, jurusan ilmu lingkungan menduduki posisi pertama sejak tahun 2018.

1. Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat)

Sumber: mite.edu

MIT melanjutkan rekornya dengan menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan QS sebanyak sembilan kali berturut-turut.

Dengan tujuan ingin menciptakan dunia yang lebih baik melalui pendidikan, penelitian, dan inovasi, MIT hadir sebagai institusi yang menghargai keberagaman dan tidak elitis.

Bidang sains dan teknologi menjadi bidang yang menonjol di MIT. Banyak sekali jurusan sains dan teknik di MIT yang menduduki posisi pertama dalam QS WUR by Subject.

Demikianlah daftar 10 Universitas terbaik di dunia, Kawan Rantau. Tampaknya, komposisi dalam pemeringkatan QS ini tidak banyak berubah. Hanya posisinya saja yang mengalami perubahan. Jadi, Kawan Rantau, mana universitas yang ingin kamu pilih?

For Your Information

Di mana universitas terbaik di dunia berada?

Menurut pemeringkatan QS World University Rankings 2021, MIT kembali meduduki posisi pertama untuk ke-9 kalinya.

Dari mana saja 10 besar universitas terbaik di dunia?

Amerika Serikat dan Inggris menjadi dua negara utama. Ditambah dengan ETH Zurich yang berada di Swiss.

Apa saja universitas yang masuk 10 besar universitas terbaik di dunia?

Temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di California?