fbpx

Kesempatan Student Exchange di Ateneo De Manila, Filipina

Filipina menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang terus merintis kualitas pendidikan tinggi yang mereka miliki. Terdapat 4 universitas besar yang telah mendapatkan pengakuan secara internasional, yaknik University of The Philippines, De Las Salle University, University of Santo Tomas, dan Ateneo de Manila University. Kali ini, kami akan membahas kesempatan bagi kamu untuk melakukan student exchange di Ateneo de Manila University, Filipina.

Tentang Student Exchange di Ateneo de Manila, Filipina

Sumber: news.abc.-cbn.com

Dengan menjalani program student exchange di Ateneo, kamu akan bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di salah satu institusi tertua dan terbaik di Asia Tenggara. Dengan adanya tradisi dan kulitas akademik yang kuat, Ateneo akan menerapkan kurikulum dengan standar tingkat tinggi.

Setiap tahunnya, Ateneo de Manila University membuka kesempatan untuk para pelajar internasional melakukan study exchange di sana. Program student exchange ini berdurasi satu semester.

Kapan program ini dilaksanakan?

Setidaknya, dalam kalender akademik Ateneo, kamu bisa berkesempatan untuk menjalankan program ini pada semester pertama (Agustus-Desmber) atau semester kedua (Januari-Mei).

Siapa yang boleh mendaftar?

Sumber ateneo.edu

Kamu berhak mendaftar program student exchange ini apabila universitas asalmu telah menjalin kemitraan dengan Ateneo de Manila. Kemudian, setidaknya kamu telah menyelesaikan dua semester di universitas asal sebelum mengikuti porgram ini.

Terakhir, tentu kamu harus memiliki skor kecakapan bahasa Inggris yang mumpuni. Untuk IELTS, minimal skor yang harus kamu miliki adalah 6.0, sedangkan untuk TOEFL ITP, minimal adalah 550.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan?

Ada sejumlah dokumen yang akan kamu butuhkan untuk mendaftar program student exchange ini. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Transkrip akademik
  2. Sertifikat kecakapan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS)
  3. Surat rekomendasi
  4. Motivation letter
  5. Rencana studi
  6. Dokumen lainnya yang dibutuhkan

Bagaimana cara saya mendaftar?

Silakan hubungi kantor internasional di universitas asalmu untuk menanyakan kesempatan kamu untuk mengikuti program student exchange di Ateneo ini. Kemudian, kamu bisa melengkapi pendaftaranmu dan menyerahkannya untuk diteruskan pada pihak Ateneo.

Apabila diterima, kamu akan mendapatkan Letter of Accepatance. Kemudian, kamu tinggal mengikuti petunjuk selanjutnya yang disediakan oleh Ateneo de Manila University.

Jadi, bagaimana, Kawan Rantau? Apakah kamu tertarik untuk melakukan student exchange di Ateneo de Manila, Filipina? Kalau iya, segera cari info selengkapnya di universitas asalmu masing-masing. Kabar baiknya, program student exchange di Ateneo juga bekerja sama dengan AUN-ACTS Scholarship yang memungkinkan kamu untuk melaksanakan program student exchange secara gratis.

Jangan lupa juga untuk membaca alasan-alasan mengapa kamu harus kuliah di Filipina.

For Your Information

Apakah saya bisa student exchange di negara-ngeara ASEAN?

Ya, kamu bisa menjalani program student exchange di universitas-universitas yang ada di AEAN.

Apa saja persyaratan untuk melakukan student exchange di ASEAN?

Kamu bisa membaca informasi lengkapnya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Bagaimana cara saya mendaftar program student di negara ASEAN?

Yang pasti, pastikan dulu telah terjalin kerja sama antara universitas asalmu dengan universitas yang kamu tuju.

Ingin mengetahui cerita lain di Manila?