fbpx

Program Student Exchange Laku, Tapi Masih Jarang Dikulik

Halo, anak rantau kembali lagi dengan informasi program student exchange, nih! Adanya pandemi Covid-19 memang membuat sejumlah agenda pendidikan ditunda hingga waktu yang tidak menentu. Akan tetapi, seharusnya hal tersebut tidak membuat semangat belajar jadi kendor, ya! Supaya ada persiapan, yuk cek informasi pertukaran pelajar terbaru di bawah ini!

1. Australia-Indonesia Muslem Exchange Program (AIMEP)

Sumber: Pexels

Kamu bisa pergi belajar kebudayaan gratis melalui program yang satu ini. Program yang sudah ada sejak 2002 ini bertujuan untuk membangun hubungan pertemanan dengan komunitas muslim di Indonesia dan Australia. Selama 2 minggu peserta akan berkunjung ke organisasi agama, universitas, NGO, hingga ke rakyat biasa.

Peserta program pertukaran pelajar ini memiliki rentang usia 23-40 tahun, sehingga diutamakan bagi yang sudah memiliki pengalaman organisasi atau bekerja. Yuk, cek langsung situs resmi AIMEP untuk informasi pendaftaran!

2. Youth For Understanding (YFU)

Sumber: https://www.studyabroad101.com/

Program student exchange yang satu ini akan membawamu jalan-jalan ke berbagai negara di dunia. Program YFU berfokus pada pembelajaran budaya untuk meningkatkan keterampilan pemuda pada tingkat internasional. YFU memiliki durasi yang lama, yakni 1 tahun ajaran pada Program Year

Program ini berbayar, ya! Lalu, peserta yang dapat mengikuti pertukaran pelajar ini harus berusia 15-18 tahun. Berdasarkan sumber dari situs resmi, YFU 2020 menunda semua perjalanan pertukaran pelajar hingga COVID-19 usai. Meskipun begitu, persiapkan tabungan mulai dari sekarang, ya!

3. Kennedy-Lugar Youth Exchange & Study (YES)

Sumber: Pexels

Program pertukaran pelajar ke Amerika ini dibuka untuk pelajar SMA. Program bergengsi ini memberikan beasiswa beasiswa bagi pelajar SMA di Indonesia untuk menghabiskan waktu selama 1 tahun akademik di Amerika Serikat.

Selama disana, kamu bakal tinggal bareng host family, merasakan sekolah SMA layaknya remaja Amerika, dan mengikuti beragam kegiatan khas Amerika. Selain itu, kamu juga bisa bertukar pengetahuan dengan pemuda Amerika supaya mereka mengetahui tentang Indonesia.

Persyaratan peserta yang dapat mengikuti beasiswa ini adalah siswa tahun pertama di SMA/SMK/MA. Kemudian, program YES 2021-2022 dibuka untuk pelajar Indonesia kelahiran 01 Januari 2004 hingga 01 Agustus 2005. Akan lebih baik jika peserta aktif di organisasi atau ekstrakulikuler sekolah. Informasi lebih lanjut dapat dicek di situs resminya, ya!

4. International Student Festival in Trondheim (ISFiT)

Sumber: http://www.youthpop.com

ISFiT merupakan program pertukaran pelajar yang diadakan di Trondheim, Norwegia. Pendaftaran untuk tahun 2021 memang belum dibuka, namun panitia sudah menetapkan tanggal festival pelajar internasional terbesar di dunia, yakni 11 Februari hingga 22 Februari 2021. Festival ini menggelar 18 workshop sebagai bagian dari program budaya di festival dengan tema “Creating Knowledge”. Wah, bakalan seru, nih!

Sebagai informasi penting, program pertukaran pelajar ISFiT merupakan acara subsidi parsial. Penyelenggara menanggung biaya akomodasi dan makan selama acara, akan tetapi pelamar terpilih tetap harus bisa menanggung biaya pesawat secara mandiri. Informasi lebih rinci dapat kamu lihat di FAQ ISFiT.

Itulah program pertukaran pelajar yang dapat kamu ikuti untuk menambah wawasan dan pengalaman. Meskipun virus Sars Cov-2 sedang mewabah di bumi, akan tetapi kamu tetap bisa bermimpi pergi ke luar negeri untuk belajar. Semoga kesempatannya terbuka lebar, ya! Sukses selalu bagi Kawan Rantau.

Bagi kamu yang mencari informasi beasiswa short course di Amerika, maka baca artikel berikut, ya!

For Your Information

Apakah Corona membuat studi jadi tertunda?

Iya, seperti program pertukaran pelajar Youth For Understanding (YFU) 2020 menunda semua perjalanan pertukaran pelajar hingga COVID-19 usai.

Apa saja program student exchange banyak peminat, tapi belum diekspos?

Baca artikel menarik ini untuk memperlebar kemungkinan menjadi peserta pertukaran pelajar di luar negeri.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?