fbpx

Pilihan Kuliah Terbaik di Swiss: ETH Zurich atau EPFL?

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu ingin memiliki pengalaman kuliah yang berbeda? Maka tidak ada salahnya kalau kamu memilih untuk kuliah di Swiss. Sebagai salah satu negara terbaik di dunia untuk ditinggali, tentu Swiss memiliki daya tarik tersendiri. Dua universitas terbaik di Swiss terus berlomba-lomba menjadi pilihan akhir para pelajar. Kalau kamu, manakah yang akan kamu pilih? ETH Zurich atau EPFL (Ecole polytechnique fédérale de Lausanne)?

Kalau kamu masih tidak yakin dengan pilihanmu antara ETH Zurich atau EPFL, maka berikut akan kami bahas lebih lanjut perbandingannya.

Termasuk ke dalam Swiss Federal Institute of Technology Domain (ETH Domain)

ETH Zurich. Sumber: spacewatch.global

Membicarakan universitas terbaik di Swiss, maka kita tidak dapat begitu saja melupakan ETH Domain. Apa itu ETH Domain? Secara singkat, ETH Domain merupakan persatuan dari universitas dan institusi riset yang ada di Swiss.

Salah satu kategori dari ETH Domain adalah, federasi institut teknologi. Nah, kedua universitas terbaik di Swiss termasuk ke dalam kategori. Tentu saja universitas yang dimaksud adalah ETH Zurich dan EPFL.

Sebagai bagian dari ETH Domain, maka ETh Zurich dan EPFL sama-sama berfokus pada penelitian dan pengajaran di bidang teknik, ilmu alam, dan bidang terkait lainnya. Keduanya menawarkan berbagai jenis program, mulai dari program sarjana hingga PhD.

Pada dasarnya, baik ETH Zurich maupun EPFL diakui sebagai dua institusi terbaik di Kawasan Eropa. Bahkan, dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2021, ETH Zurich menduduki peringkat ke-enam. Hal ini membuat ETH Zurich mengungguli sejumlah universitas unggulan di Inggris. Di sisi lain, EPFL berhasil naik empat peringkat ke peringkat 14 dari tahun lalu.

Keunggulan program studi

Sumber: epfl.ch

Berhubung keduanya sama-sama merupakan institusi teknik, maka program studi unggulan dari kedua universitas adalah bidang teknik dan ilmu alam. 

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject tahun ini, terdapat 27 program berbeda dari ETH Zurich yang masuk ke dalam pemeringkatan. Delapan belas di antaranya berhasil memasuki daftar 20 besar. Sedangkan, EPFL memiliki 17 program dengan sebelas di antaranya berada di 20 besar.

Berikut merupakan daftar lengkap pemeringkatan QS untuk ETH Zurich dan EPFL.

Program studiETH ZurichEPFL
Akuntansi dan keuangan46
Agrikultur dan kehutanan7
Arsitektur410
Ilmu biologi726
Kimia79
Ilmu komputer98
Ilmu bumi dan kelautan1
Ekonomi 33
Teknik kimia58
Teknik sipil68
Teknik elektro59
Teknik mesin1216
Teknik dan teknologi411
Ilmu lingkungan525
Hukum51-100
Ilmu kehidupan dan kedokteran44121
Matematika824
Ilmu material147
Ilmu alam611
Farmasi15
Fisika915
Ilmu politik31
Kebijakan dan administrasi sosial51-100
Olahraga51-100
Ilmu sosial dan manajemen54
Statistika2
Sumber: QS World Universtiy Rankings by Subject 2020

Lokasi

Zurich. Sumber: getbybus.com

ETH Zurich dan EPFL berada di dua kota besar di Swiss, yakni Zurich untuk ETH Zurich dan Lausanne untuk EPFL. Kedua kota tersebut berada di tepi danau (Danau Zurich dan Jenewa) dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Kamu bisa menikmati pemandangan Pegunungan Alpen melalui kedua kota tersebut.

Perbedaan utama dari Zurich dan Lausanne adalah ukuran dan fungsi dari masing-masing kota. Zurich memang merupakan kota terbesar di Swiss. Kota satu ini merupakan pusat pertukaran modal di Swiss dan terkenal sebagai salah satu pusat keuangan dan bisnis terpenting di dunia.

Sedangkan, Lausanne merupakan kota terbesar keempat di Swiss. Meskipun dalam hal industri dan hiburan Lausanne masih kalah dari Swiss, kota satu ini juga merupakan pusat dari kantor besar sejumlah perusahaan dan organisasi internasional. Salah satunya adalah International Olympic Committee.

Kemudian, salah satu perbedaan lainnya dari Zurich dan Lausanne adalah, bahasa yang digunakan. Zurich merupakan kawasan Swiss yang penduduknya berbahasa Jerman. Sedangkan, Lausanne merupakan kawasan dengan penduduk berbahasa Perancis. Tentunya, kedua hal ini dapat menjadi pertimbangan kamu ntuk memilih antara ETH Zurich atau EPFL, bukan?

Biaya perkuliahan dan beasiswa

Lausanne. Sumber: standard.co.uk

Untuk biaya perkuliahan sendiri, biaya perkuliahan di Swiss terkenal sangat rendah. Apalagi bila dibandingkan dengan universitas di Amerika Serikat dan Inggris.

Di ETH Zurich, biaya perkuliahan untuk program sarjana, magister, maupun diploma berkisar pada CHF 730 (Rp11.870.384,-) per semester. Kemudian, untuk EPFL, biaya perkuliahannya juga tidak terlalu berbeda, yakni sekitar CHF 710 (Rp11.545.168,-).

Meskipun biaya perkuliahan di Swiss relatif lebih terjangkau, tidak dapat dipungkiri bahwa biaya hidup di Swiss sangatlah tinggi. Kedua universitas menyarankan supaya para pelajar menyediakan anggaran sebesar CHF 1.870-2.056 (kurang lebih Rp 30-33 juta) per bulannya. Anggaran tersebut sudah termasuk biaya perkuliahan, akomodasi, makan, transportasi, asuransi kesehatan dan lainnya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena baik ETH Zurich maupun EPFL menyediakan beasiswa. Salah satu beasiswa yang bisa kamu manfaatkan adalah Excellence Scholarship & Opportunity Program (ESOP), beasiswa S2 di ETH Zurich.

Demikianlah pembahasan kami mengenai perbandingan antara ETH Zurich dan EFL. Semoga bisa membantu kamu untuk memilih di antara kedua universitas terbaik di Swiss tersebut, ya!

For Your Information

Mengapa harus kuliah di Swiss?

Biaya perkuliahan yang lebih terjangkau dibanding Amerika dan Inggris membuat Swiss menjadi pilihan. Apalagi, kualitas universitas di Swiss pun juga mumpuni.

Apa perbedaan dari ETH Zurich dan EPFL?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Lausanne?