fbpx

Pilih 5 Universitas Terbaik ini untuk Kuliah di Malaysia Tahun 2021

Malaysia menjadi negara pilihan yang populer bagi pelajar Indonesia karena kedekatan geografisnya. Selain itu, latar belakang budaya, agama, dan linguistik Malaysia tidak jauh dari Indonesia. Kemudian, biaya perkuliahan di Malaysia akan lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya perkuliahan di negara-negara barat. Dengan demikian, kalau kamu tertarik untuk kuliah di Malaysia, berikut daftar 5 universitas terbaik yang bisa kamu pilih.

5. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

universitas terbaik di malaysia - universiti teknologi malaysia
Sumber: easyuni.co.id

Dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2021, peringkat ke-5 terbaik di Malaysia dipegang oleh Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Menduduki peringkat ke-187, UTM menguatkan posisinya sebagai salah satu universitas terbaik di Malaysia.

Sesuai dengan namanya, UTM merupakan universitas yang berfokus pada bidang sains dan teknologi. Universitas ini terletak di Kuala Lumpur dan Johor Bahru–sebuah kota yang terletak di sebelah selatan Malaysia.

Telah berdiri sejak tahun 1972, UTM memiliki 7 fakultas. Ketujuh fakultas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Faculty of Science
  • Faculty of Built Environment & Surveying
  • Razak Faculty of Technology and Informatic
  • Azman Hashim International Business School
  • Malaysian-Japan International Institute of Technology
  • School of Professional and Continuing Education
  • Faculty of Social Sciences and Humanities

Berhubung UTM memang berfokus pada bidang sains dan teknologi, pilihan jurusan ilmu sosial dan humaniora di UTM cukup terbatas. Pendidikan, psikologi, dan bisnis-manajemen merupakan sejumlah jurusan ilmu sosial dan humaniora andalan dari UTM.

Apabila kamu tertarik untuk kuliah di UTM, maka kamu harus mempersiapkan skor kecakapan bahasa Inggrismu. Persyaratan yang diterima di UTM adalah, skor 500 untuk TOEFL dan lebih dari 59 untuk TOEFL IBT. Untuk IELTS, kamu bisa mendaftar di UTM apabila memiliki skor keseluruhan minimal 5.5.

Kalau kamu merasa masih kesulitan dalam mendapatkan nilai TOEFL impianmu, kamu bisa memanfaatkan kelas daring yang disediakan oleh Cakap. Cakap sendiri merupakan salah satu pelopor pembelajaran Bahasa Inggris secara daring yang paling terpercaya. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari pembelajaran ini.

4. Universiti Sains Malaysia (USM)

Sumber: etawau.com

Berdiri sejak 1 Juni 1969, Universiti Sains Malaysia (USM) merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi tertua di Malaysia bagian utara. USM memiliki tiga kampus, yakni kampus utama yang berada di Penang, kampus kesehatan di Kelantan, dan kampus teknik di Nibong Tebal.

Meskipun berfokus pada bidang sains, pada dasarnya USM menawarkan berbagai jurusan, Kawan Rantau. Kamu bisa menemukan jurusan ilmu alam, ilmu terapan, kedokteran dan kesehatan masyarakat, farmasi, ilmu sosial, humaniora, dan juga pendidikan. Tak heran apabila jumlah pendaftar di USM termasuk lumayan tinggi di Malaysia.

Secara peringkat, USM dapat berbangga hati karena menempati peringkat 142 di pemeringkatan QS. Hal ini berarti USM menduduki posisi ke-4 sebagai universitas terbaik di Malaysia.

Bagi para pelajar, USM dapat dibilang merupakan paket lengkap. Universitas ini menyediakan berbagai fasilitas yang bermanfaat bagi para siswa, mulai dari fasilitas akomodasi, olahraga, maupun rekreasi. 

Pihak USM menyediakan fasilitas akomodasi untuk 75% mahasiswa yang dilengkapi dengan kafetaria yang bermacam-macam. Fasilitas olahraga pun juga sangat beragam di USM, kamu bisa menemukan area panahan, lapangan sepak bola, kriket, lapangan badminton, lapangan tenis, lapangan hockey, dan juga lapangan bola basket.

Kemudian, untuk kamu yang tertarik di bidang seni, kamu bisa juga bergabung di USM Jazz Orchestra atau USM Jazz Band.

3. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

universitas terbaik di malaysia - universiti kebangsaan malaysia
Sumber: afterschool.my

Dalam pemeringkatan QS, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menduduki peringkat ke-141. Pencapaian ini mengantarkan UKM menjadi universitas terbaik ketiga di Malaysia. UKM merupakan universitas negeri yang terletak di Bandar Baru Bangi, Selangor, yakni berada di selatan Kuala Lumpur.

UKM telah berdiri sejak 18 Mei 1970. Institusi ini lahir dari aspirasi masyarakat untuk menegakkan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional serta bahasa pengetahuan. Sekarang, UKM telah berkembang dengan pesat dan memiliki 13 fakultas dengan bidang yang berbeda. Akan tetapi, untuk pelajar internasional, hanya ada 9 fakultas yang menawarkan program internasional.

Berikut merupakan fakultas yang bisa kamu temukan di UKM:

  • Faculty of Social Sciences and Humanities
  • Faculty of Economics and Management
  • Faculty of Islamic Studies
  • Faculty of Law
  • Faculty of Education
  • Faculty of Information Science and Technology
  • Faculty of Engineering and Built Environment
  • Faculty of Science and Technology
  • Faculty of Health Science

2. Universiti Putra Malaysia (UPM)

Sumber: asiaexchange.org

Universiti Putra Malaysia merupakan universitas yang menawarkan jenjang sarjana dan pascasarjana yang berfokus pada ilmu agrikultur. UPM sendiri terletak di Seri Kembangan, Selangor, Malaysia.

Pada tahun ini, UPM berhasil menduduki posisi ke-132 dalam pemeringkatan QS. UPM juga berhasil menduduki posisi ke-33 dalam daftar universitas-universitas terbaik di Kawasan Asia.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, awalnya UPM hanya berfokus pada bidang agrikultur dan juga pertanian. Akan tetapi, sekarang ini kamu bisa menemukan berbagai program di UPM, mulai dari sains, teknik, kedokteran, kedokteran hewan, bisnis, dan juga ilmu sosial.

1. Universiti Malaya (UM)

universitas terbaik di malaysia - universiti malaya
Sumber: thestar.com.my

Universiti Malaya (UM) merupakan universitas nomor satu di Malaysia. Dalam pemeringkatan QS, UM berhasil menduduki peringkat ke-59. Dengan demikian, UM merupakan satu-satunya universitas di Malaysia yang masuk daftar 100 universitas terbaik di dunia. 

UM merupakan universitas negeri yang terletak di Kuala Lumpur. Universitas satu ini merupakan universitas tertua di Malaysia. Sejumlah tokoh penting Malaysia banyak yang merupakan lulusan dari UM, sebagai contoh Mahathir Mohammad (Perdana Menteri ke-4 dan ke-7 Malaysia) dan Anwar Ibrahim (Deputi Perdana Menteri Malaysia ke-7 dan juga pemimpin partai oposisi).

Program yang ditawarkan oleh UM sangatlah beragam. Kamu bisa mempelajari kajian Islam hingga studi bahasa. Berikut merupakan fakultas-fakultas yang ada di UM:

  • Faculty of Education
  • Faculty of Dentistry
  • Faculty of Engineering
  • Faculty of Science
  • Faculty of Law
  • Faculty of Medicine
  • Faculty of Arts and Social Sciences
  • Faculty of Business and Accountancy
  • Faculty of Economics and Administration
  • Faculty of Language and Linguistics
  • Faculty of Built Environment
  • Faculty of Computer Science and Information Technology
  • Faculty of Pharmacy

Dengan demikian, kamu bisa memilih program yang sesuai dengan minat kamu di UM, Kawan Rantau. Kemudian, fakta unik dari UM adalah, dulunya universitas ini memiliki cabang di Singapura yang sekarang telah menjadi National University of Singapore. Jadi, tak heran apabila sistem pengajaran di kedua universitas hampir serupa.

Apabila kamu tertarik untuk kuliah di Malaysia, hindari lakukan sejumlah hal ini supaya kamu tetap diterima dengan ramah di sana.

For Your Information

Mengapa Malaysia menjadi negara tujuan populer pelajar Indonesia?

Malaysia menjadi negara pilihan yang populer bagi pelajar Indonesia karena kedekatan geografisnya. Selain itu, latar belakang budaya, agama, dan linguistik Malaysia tidak jauh dari Indonesia

Di mana universitas terbaik di Malaysia berada?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?