fbpx

Pilih 5 Universitas Terbaik Ini untuk Kuliah di Arab Saudi

Berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO, setelah Mesir, Arab Saudi menjadi negara tujuan favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Sebagai salah satu pusat agama Islam, tidak mengherankan apabila para pelajar Indonesia memilih untuk melanjutkan studi di sana. Maka dari itu, berikut kami akan membahas 5 universitas terbaik yang ada di Arab Saudi.

1. King Abdulaziz University (KAU)

Universitas terbaik di Arab Saudi - King Abdulaziz University
Sumber: konfirmasitimes.com

Posisi pertama untuk universitas terbaik di Arab Saudi ditempati oleh King Abdulaziz University (KAU) yang berada di Jeddah. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021, KAU berhasil menduduki peringkat ke-143. Hal ini membuat KAU unggul dibandingkan Hanyang University (Korea Selatan) dan McMaster University (Kanada).

KAU telah berdiri sejak tahun 1967 untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi di kawasan bagian barat dari Arab Saudi. Mulanya, KAU merupakan universitas swasta. Akan tetapi, sejak tahun 1973, KAU bergabung dengan sistem universitas negeri Arab Saudi.

Sejak saat itu, pada akhirnya KAU berhasil menjadi pionir dari sistem dan tradisi akademis di Arab Saudi. Sekarang, KAU telah dikenal sebagai universitas kelas dunia dengan upaya mereka dalam berkolaborasi dengan sejumlah institusi internasional.

Berikut merupakan program-program yang ditawarkan di KAU:

  1. Ilmu kehidupan (life science)
  2. Klinis, pra-klinis, dan kesehatan
  3. Seni dan humaniora
  4. Ilmu sosial
  5. Teknik dan teknologi
  6. Hukum
  7. Ilmu fisik
  8. Bisnis dan ekonomi
  9. Ilmu komputer
  10. Pendidikan
  11. Psikologi

2. King Fahd University of Petroleum and Minerals

Universitas terbaik di Arab Saudi - King Fahd University
Sumber: kfupm.edu.sa

Tepat berada di bawah KAU, kamu bisa menemukan King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM). Universitas yang berada di Dhahran ini terkenal akan program sains, teknik, dan juga bisnis dan manajemennya.

KFUPM pertama kali dibuka pada tahun 1963 dan hanya mengajar 67 siswa saja. Mulanya, universitas ini didirikan untuk menawarkan program pendidikan tinggi di bidang minyak bumi dan mineral, karena Arab Saudi sangatlah kaya akan kedua sumber daya alam tersebut.

Sekarang ini, KFUPM telah menjadi rumah bagi 8.000 mahasiswa dan menjadi universitas dengan bidang sains dan teknik terbaik di Arab Saudi.

Setidaknya, ada 7 fakultas yang bisa kamu temukan di KFUPM, yakni sebagai berikut:

  1. Seni dan humaniora
  2. Ilmu sosial
  3. Ilmu fisik
  4. Teknik dan teknologi
  5. Ilmu komputer
  6. Bisnis dan ekonomi
  7. Ilmu kehidupan

3. King Saud University

Universitas terbaik di Arab Saudi - King Saud University
Sumber: glassdoor.com

Universitas yang berada di Riyadh, King Saud University (KSU) berhasil menduduki peringkat ketiga. KSU merupakan universitas pertama di Arab Saudi dan hadir untuk memenuhi kebutuhan pekerja ahli di Arab Saudi.

KSU merupakan salah satu universitas terbesar di Arab Saudi. Secara total, KSU memiliki 18 perpustakaan, dua rumah sakit, dan sebuah masjid.

Biaya perkuliahan di KSU adalah gratis dan beasiswa juga tersedia baik untuk pelajar lokal maupun internasiona. Seluruh program di KSU diajarkan dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Apabila kamu ingin melanjutkan kuliah di KSU, maka kamu harus terlebih dahulu lulus ujian kecakapan Bahasa Arab.

Terdapat sebelas fakultas yang ada di KSU, yakni sebagai berikut:

  1. Teknik dan teknologi
  2. Ilmu fisik
  3. Klinis, pra-klinis, dan kesehatan
  4. Ilmu sosial
  5. Seni dan humaniora
  6. Ilmu komputer
  7. Hukum
  8. Ilmu kehidupan
  9. Bisnis dan ekonomi
  10. Pendidikan
  11. Psikologi

4. Umm Al-Qura University

Sumber: saudigazetter.com.sa

Umm Al-Qura University merupakan universitas islam negeri tebesar yang berada di Mekkah, Arab Saudi. Dulunya, universitas ini didirikan sebagai College of Sharia (untuk mempelajari hukum Islam) pada tahun 1949 sebelum bergabung dengan sekolah-sekolah lainnya dan berganti nama menjadi Umm Al-Qura pada tahun 1981.

Mulanya, UQU menawarkan program di bidang hukum Islam dan dan kajian Bahasa Arab. Akan tetapi, sekarang ini program yang ditawarkan oleh UQU telah berkembang sedemikian rupa.

Kamu bisa menemukan program teknik, manajemen, bisnis, ekonomi islam, kedokteran, pendidikan, dan juga arsitektur. 

5. Imam Abdulrahman Bin Faisal University (IAU)

Sumber: iau.edu.sa

Dulunya, Imam Abdulrahman Bin Faisal University (IAU) bernama University of Dammam. IAU termasuk universitas tertua di Kawasan bagian timur dari Arab Saudi. Universitas ini dikenal sebagai sekolah kedokteran terkemuka, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Berikut merupakan sejumlah program yang ditawarkan di IAU:

  1. Seni dan humaniora
  2. Ilmu kehidupan
  3. Ilmu fisik
  4. Teknik dan teknologi
  5. Ilmu sosial
  6. Klinis, pra-klinis dan kesehatan
  7. Bisnis dan ekonomi
  8. Pendidikan
  9. Hukum
  10. Psikologi
  11. Ilmu komputer

Demikianlah pembahasan mengenai 5 universitas terbaik yang ada di Arab Saudi, Kawan Rantau. Kalau kamu memang tertarik untuk melanjutkan studi di negeri satu ini, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan kelima universitas di atas.

Baca juga daftar 5 universitas terbaik di Mesir yang bisa jadi pilihan untuk pelajar Indonesia.

For Your Information

Mengapa Arab Saudi jadi negara tujuan favorit pelajar Indonesia?

Berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO, setelah Mesir, Arab Saudi menjadi negara tujuan favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Sebagai salah satu pusat agama Islam, tidak mengherankan apabila para pelajar Indonesia memilih untuk melanjutkan studi di sana.

Di mana universitas terbaik di Arab Saudi berada?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Jeddah?

Related Article