fbpx

Pilih 5 Universitas Perancis Ini untuk Jadi Lulusan Siap Kerja Terbaik

Di Eropa, Perancis menjadi negara tujuan kedua bagi para pelajar Indonesia. Berbagai universitas terbaik juga ada di negeri satu ini. Tentunya, ada juga pemeringkatan untuk universitas terbaik di Perancis dalam menghasilkan lulusan siap kerja. Penasaran universitas mana saja yang termasuk ke dalam daftar ini? Berikut pembahasan kami selengkapnya.

1. Ecole Polytechnique

Universitas Peranis terbaik dalam hasilkan lulusan siap kerja - Ecole Polytechnique
Sumber: polyetchnique.edu

Bagi kamu yang ingin mendalami bidang sains dan teknologi, maka sangatlah tepat apabila kamu memilih Ecole Polytechnique sebagai universitas tujuanmu. Berdasarkan pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2020, Ecole Polytechnique berhasil menjadi universitas terbaik di Perancis dalam menghasilkan lulusan siap kerja. Universitas satu ini berhasil menduduki peringkat ke-18 dunia.

Dalam situs resminya, Ecole Polytechnique menyatakan bahwa mereka selalu berupaya membangun kemitraan dengan sektor bisnis. Hal ini ditujukan untuk membangun hubungan yang baik serta memberikan pembekalan terhadap pelajar. Maka dari itu, kamu bisa mudah menemukan kesempatan untuk melakukan pelatihan maupun internship.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Ecole Polytechnique adalah sebagai berikut:

  1. Matematika
  2. Fisika dan astronomi
  3. Teknik mesin
  4. Ilmu komputer dan sistem informasi
  5. Ekonomi dan ekonometrika

2. CentraleSupelec

Sumber: centralsupelec.fr

CentraleSupelec merupakan institusi riset dan pendidikan tinggi di Perancis yang berfokus pada bidang teknik dan sains. Institusi satu ini merupakan graduate school dari Paris-Saclay University. Berdasarkan pemeringkatan QS, CentraleSupelec berhasil menduduki peringkat ke-69 dunia. 

Sama seperti dengan Ecole Polytechnique, CentraleSupelec juga membangun jejaring dengan sejumlah sektor. Mereka berupaya untuk menciptakan metode pembelajaran yang sesuai dengan realita dunia kerja. Dalam beberapa hal, kemitraan yang dibangun CentraleSupelec memungkinkan pihak perusahaan bekerja sama untuk menciptakan program pengajaran terbaik.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di CentraleSupelec adalah sebagai berikut:

  1. Teknik elektro
  2. Teknik mesin
  3. Matematika
  4. Ilmu komputer dan sistem informasi
  5. Teknik sipil

3. Universite PSL

Sumber: collegedoctoral.psl.eu

Universitas terbaik ketiga dalam daftar ini adalah Universite PSL yang berada di Paris. Universitas satu ini berhasil menduduki peringkat ke-71 dunia. Sebagai salah satu universitas muda dunia, PSL menawarkan kurikulum dan metode pengajaran terbaik. Di universitas satu ini, kamu bisa menjalani perkuliahan di kelas kecil yang tentunya memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan staf pengajar. Kemudian, kamu juga bisa memahami langsung perkembangan terbaru dalam penelitian sedari awal.

Kemudian, PSL dikenal sebagai tempat terbaik untuk mempertemukan sains, sastra, dan juga seni. Dengan berkuliah di PSL, maka kamu bisa menemukan pengalaman mempelajari berbagai hal secara interdisiplin. Tentunya, hal ini akan sangat berguna bagi kehidupan kamu ke depannya.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di PSL adalah sebagai berikut:

  1. Matematika
  2. Teknik mineral dan pertambangan
  3. Filsafat
  4. Statistika
  5. Ilmu komputer dan sistem informasi

4. Sorbonne University

Sumber: sorbonne-assas-ils.org

Sorbonne University merupakan universitas riset negeri yang berada di Paris, Perancis. Mulanya, universitas ini berdiri pada tahun 2018 dan merupakan gabungan dari Paris-Sorbonne University, Pierre et Marie Curie University, dan sejumlah institusi kecil lainnya.

Berdasarkan pemeringkatan QS, Sorbonne berhasil masuk ke daftar 150 besar universitas terbaik di dunia. Tepatnya berada di peringkat ke 141-150. Hal ini mengantarkan Sorbonne menjadi universitas terbaik keempat di Perancis dalam hasilkan lulusan siap kerja.

Sebagai institusi riset, tentu Sorbonne University memiliki kemitraan dengan berbagai institusi. Hal ini mendorong para lulusan Sorbonne mudah mendapatkan jejaring setelah lulus. Kemudian, pembekalan di bidang riset juga diberikan sedemikian rupa bagi para mahasiswa.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Sorbonne adalah sebagai berikut:

  1. Sejarah kuno dan klasik
  2. Geofisika
  3. Modern Languages
  4. Ilmu bumi dan kelautan
  5. Anatomi dan fisiologi

5. Université de Montpellier

Sumber: umontpellier.fr

Université de Montpellier merupakan universitas terakhir di Perancis yang masuk daftar 200 besar universitas terbaik di dunia dalam hasilkan lulusan siap kerja. Universitas yang berada di Montpellier ini berhasil menduduki peringkat ke 191-200.

Pada dasarnya, Universite de Montpellier merupakan universitas terbesar ke-6 di Perancis. Universitas ini dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi paling inovatif di dunia. Setiap tahunnya, ada sekitar 7.000 pelajar internasional yang belajar ke UM.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Universite de Montpellier adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu biologi
  2. Geologi
  3. Farmasi dan farmakologi
  4. Ilmu lingkungan
  5. Ilmu bumi dan kelautan

Demikianlah informasi mengenai universitas terbaik di Perancis dalam menghasilkan lulusan siap kerja. Bagaimana menurut kamu, Kawan Rantau? Apakah kamu tertarik untuk memilih universitas di atas sebagai universitas tujuan kamu?

Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di Perancis, jangan lupa juga untuk mengetahui jurusan-jurusan favorit yang ada di negara satu ini. Selamat memilih universitas impianmu ya, Kawan Rantau.

For Your Information

Apa keistimewaan dari Perancis?

Di Eropa, Perancis menjadi negara tujuan kedua bagi para pelajar Indonesia.

Apa saja universitas terbaik di Perancis dalam hasilkan lulusan siap kerja?

Temukan daftarnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Paris?