fbpx

Pilih 3 Universitas Terbaik Ini untuk Kuliah di Belgia Tahun 2021

Belgia merupakan salah satu negara di Eropa yang menawarkan universitas dengan kualitas pendidikan tinggi terbaik. Negara satu ini pun dikenal akan keramahan dari warganya dan keterbukaan mereka terhadap pelajar internasional. 

Faktor lainnya yang membuat Belgia diminati oleh pelajar internasional adalah karena kehidupan sosial di Belgia sangatlah penuh dengan atmosfer internasional. Dalam artian, di negara satu ini, kamu bisa menemukan tiga bahasa nasional sekaligus, yakni Perancis, Belanda, dan juga Jerman. Bahasa Inggris pun juga secara kasual digunakan. Maka dari itu, berikut akan kami bahas lebih lanjut mengenai universitas terbaik yang ada di Belgia.

1. KU Leuven

Universitas terbaik Belgia - KU Leuven
Sumber: nature.com

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021, KU Leuven merupakan satu-satunya universitas di Belgia yang masuk daftar 100 besar. Universitas yang berada di Leuven ini berhasil menduduki peringkat ke-84 dunia. Otomatis, KU Leuven menjadi universitas terbaik di Belgia.

Dengan belajar di KU Leuven, kamu tidak hanya mendapat kualitas pendidikan terbaik, tapi juga pengalaman kampus yang unik. KU Leuven terkenal sebagai universitas yang komprehensif karena menawarkan banyak sekali program studi. Setiap tahunnya, hampir lebih dari setengah program studi dari KU Leuven masuk ke dalam peringkat 50 besar dunia.

Uniknya lagi, perkuliahan di KU Leuven akan diajarkan dalam dua bahasa, yakni Belanda dan Inggris.

Kemudian, KU Leuven dikenal sebagai universitas paling inovatif di Eropa menurut Reuters. Hal ini didukung oleh sejumlah penemuan penting yang digagas oleh para peneliti di KU Leuven, seperti obat untuk melawan HIV dan jenis baru dari panel sel surya.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di KU Leuven adalah sebagai berikut:

  1. Teologi
  2. Sejarah klasik dan kuno
  3. Kedokteran gigi
  4. Geografi
  5. Psikologi

2. Ghent University

Universitas terbaik Belgia - Ghent University
Sumber: spotteron.net

Berada pada peringkat 150 besar dunia, ada Ghent University yang berhasil menduduki peringkat ke-135. Universitas satu ini telah berdiri sejak tahun 1817 dan menjadi salah satu universitas paling diminati di Belgia.

Ghent University dikenal sebagai universitas yang terbuka dan pluralistik karena memiliki perspektif internasional. Universitas satu ini terletak di Flander, bagian dari Belgia yang menggunakan Bahasa Belanda dan pusat budaya dan ekonomi Eropa. Keunggulan dari Ghent University sendiri adalah, ia merupakan mitra aktif dalam kerja sama pendidikan, saintifik, maupun industri.

Setidaknya, terdapat 79 departemen dalam 11 fakultas yang ada di Ghent University. Maka dari itu, kamu bisa menemukan berbagai program pilihan di universitas ini.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Ghent University adalah sebagai berikut:

  1. Kedokteran hewan
  2. Agrikultur dan kehutanan
  3. Geografi
  4. Olahraga
  5. Ilmu lingkungan

3. Université catholique de Louvain (UCLouvain)

Universitas terbaik Belgia - UCLouvain
Sumber: fr.wikipedia.org

UCLouvain merupakan universitas berbahasa Perancis terbesar di Belgia. Universitas ini terletak di Louvain-la-Neuve. Dalam pemeringkatan QS, UCLouvain berhasil menduduki peringkat ke-189 dunia. Hal ini mengantarkan UCLouvain menjadi universitas terbaik ketiga di Belgia.

Terdapat empat belas fakultas dan 23 program doktoral yang ditawarkan di UCLouvain. Meskipun berbasis Bahasa Perancis, kamu bisa menemukan 44 program S1 dan 198 program S2 yang diajarkan dalam Bahasa Inggris.

Para staf pengajar di UCLouvain selalu membuat teknik inovatif dalam pendekatan pengajaran mereka. Tujuan utama dari UCLouvain adalah untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam menghadapi dunia karir yang tidak menentu ke depannya. Maka dari itu, UClouvain terus membekali para mahasiswanya dengan kemampuan menyelesaikan masalah dan pemikiran yang terbuka.

Sejumlah jurusan terbaik yang tersedia di UCLouvain adalah sebagai berikut:

  1. Sejarah klasik dan kuno
  2. Teologi
  3. Farmasi dan farmakologi
  4. Filsafat
  5. Geografi

Selain ketiga universitas di atas, kamu juga bisa memilih Vrije Universiteit Brussel (VUB) dan University of Antwerp sebagai alternatif, Kawan Rantau. Yang pasti, Belgia termasuk salah satu negara paling ramah dan nyaman untuk ditinggali. Maka dari itu, kamu sangat bisa mempertimbangkan untuk memilih Belgia sebagai negara tujuanmu.

Baca juga informasi beasiswa penuh untuk raih gelar S2 di Belgia.

For Your Information

Mengapa Belgia menjadi favorit pelajar internasional?

Belgia merupakan salah satu negara di Eropa yang menawarkan universitas dengan kualitas pendidikan tinggi terbaik. Negara satu ini pun dikenal akan keramahan dari warganya dan keterbukaan mereka terhadap pelajar internasional. 

Dimana universitas terbaik di Belgia berada?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Brussels?