fbpx

Pilih 3 Universitas Ini untuk Kuliah S2 Cybersecurity di Amerika

Cybersecurity menjadi salah satu bidang yang semakin berkembang. Ilmu ini akan banyak membicarakan tentang perlindungan sistem dan jejaring yang terhubung dengan internet dari serangan siber, termasuk perangkat keras, lunak, dan juga data. Dengan demikian, banyak orang yang ingin mendalami ilmu ini. Kalau kamu ingin kuliah S2 cybersecurity di Amerika, maka kamu perlu mempertimbangkan 3 universitas berikut ini.

University of California, Berkeley

S2 Cybersecuty di Amerika - University of California, Berkeley
Sumber: alumni.berkeley.edu

Kalau kamu sedang mencari jenjang S2 cybersecurity terbaik, maka kamu harus mempertimbangkan University of California. Berkeley (UCB). Menurut JM Porup, salah seorang lulusan Master in Information and Cybersecurity (MICS), UCB, cybersecurity di UCB sangatlah cocok untuk para profesional yang telah berpengalaman.

Di jurusan ini, para mahasiswa akan memahami bahwa pada dasarnya cybersecurity merupakan bidang yang interdisiplin. Kamu tidak hanya akan mendapatkan kemampuan secara teknis, tapi juga pemahaman akan kebijakan publik, hukum, dan juga manajemen risiko.

Siapa sangka kalau cybersecurity dapat melingkupi semua disiplin?

Stanford University

S2 Cybersecuty di Amerika -  Stanford University
Sumber: http://www.stanford.edu

Kampus terbaik untuk mempelajari ilmu komputer di dunia? Tentu kita tidak bisa begitu saja melupakan Stanford University. Stanford yang memang lebih fokus pada sisi praktik dibandingkan teori seperti misal Harvard University, menawarkan program yang memungkinkan kamu terlibat dalam berbagai proyek penelitian. Proyek tersebut akan berfokus pada keamanan jejaring dan komputer.

Stanford University juga memiliki sebuah program inisiatif siber yang memungkinkan para ahli untuk melakukan penelitian di bidang cybersecurity. Program ini telah mendapatkan hibah dana sebesar USD $15 juta.

New York University

NYU Cyber Security Tandon School of Engineering - NYU
NYU Tandon School of Engineering

Program cybersecurity di New York University (NYU) sangatlah cocok bagi kamu yang memang memiliki karir di bidang ini. Nah, kalau kamu sedang mencari program S2 yang terjangkau, kamu bisa memanfaatkan skema beasiswa NYU Cyber Fellows yang ditawarkan oleh NYU.

NYU Cyber Fellows merupakan skema beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa NYU Tandon School of Engineering. Dana yang diberikan mencapai USD $16,000 (IDR 217 Juta) untuk penerima beasiswa.

Sejumlah program gabungan pun disediakan untuk mewadahi minat mahasiswa selama perkuliahan di NYU.

Itulah 3 universitas di Amerika Serikat yang menawarkan jurusan S2 cybersecurity paling unggul. Tentunya, kamu menyadari bukan kalau jurusan ini menjadi salah satu jurusan paling dicari. Apalagi, dengan semakin maraknya semangan industri 4.0 di sekitar kita. Jadi, tunggu apa lagi, Kawan Rantau? Pertimbangkan jurusan ini untuk studimu di luar negeri, ya.

Kamu juga bisa membaca tentang Cyberpsychology, turunan ilmu psikologi untuk hadapi industri 4.0.

For Your Information

Apa itu cybersecurity?

Cybersecurity menjadi salah satu bidang yang semakin berkembang dewasa ini. Ilmu ini akan banyak membicarakan tentang perlindungan sistem dan jejaring yang terhubung dengan internet dari serangan siber, termasuk perangkat keras, lunak, dan juga data.

Apakah saya bisa kuliah S2 cybersecurity di Amerika Serikat?

Tentu kamu bisa melajutkan kuliah S2 cybersecurity di Amerika Serikat. Sejumlah universitas ternama di Amerika, seperti University of California, Berkeley, Stanford University, dan New York University dapat kamu pilih untuk melanjutkan studimu. Keterangan lebih lanjut dari masing-masing universitas dapat kamu baca di artikel ini, Kawan Rantau.

Apa keistimewaan cybersecurity di Stanford University?

Tidak seperti universitas lain yang masih melakukan teknik pengajaran tradisional, di Stanford University akan lebih banyak berfokus pada sisi praktik. Dengan demikian, kamu bisa berkesempatan untuk terlibat dalam sejulmlah proyek penelitian secara langsung.