fbpx

Pertimbangan bagi Kamu yang Ingin Pindah Jurusan

Pindah jurusan? Well, Kawan Rantau, berdasarkan hasil studi, sekitar 50%-70% mahasiswa S1 memiliki keinginan untuk pindah jurusan. Jadi, apabila kamu ingin pindah jurusan, hal tersebut dapat dikatakan lumrah. Pada satu titik, setiap pelajar merasa tidak nyaman dengan apa yang ia pelajari sekarang. Hal inilah yang membuat perasaan ingin pindah jurusan semakin kuat.

Akan tetapi, apakah perlu untuk pindah jurusan? Apa hal yang harus kamu pertimbangkan?

Waktu

Sumber: pexels.com

Ketika kamu memutuskan untuk pindah jurusan, maka waktu menjadi hal penting yang harus kamu pertimbangkan. Kebanyakan para mahasiswa ingin menyelesaikan perkuliahan selama empat tahun. Tak lebih. Apabila kamu memutuskan pindah jurusan, maka kemungkinan tahun kelulusanmu akan menjadi lebih lama

Bagi sebagian pelajar, mundurnya tahun kelulusan bukanlah masalah besar. Akan tetapi, ada juga pelajar yang merasa tak nyaman apabila harus lulus di waktu yang berbeda dengan teman-temannya.

Pada akhirnya, waktu menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin pindah jurusan.

Biaya

Sumber: pexels.com

Tak dapat dipungkiri bahwa biaya perkuliahan tidaklah murah. Selain itu, biaya lainnya seperti akomodasi, transportasi, buku, dan lainnya juga tidak murah.

Maka dari itu, tentu pertimbangan biaya menjadi penting untuk mendasari keputusanmu dalam pindah jurusan. Jangan sampai karena keinginan sesaat, keputusan kamu itu malah membuat kamu menderita.

Alasan mendasar

Sumber: pexels.com

Kebanyakan pelajar ingin pindah jurusan karena ingin menempuh jenjang karir yang berbeda. Akan tetapi, pada dasarnya, karir yang tersedia tidak selalu tercerminkan dari jurusan yang kamu jalani.

Yang harus kamu perhatikan ketika memutuskan pindah jurusan adalah, alasan mendasar mengapa kamu ingin melakukannya. Lakukan riset kecil-kecilan mengenai jurusan yang sedang kamu tempuh sekarang. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu merasa salah jurusan, Kawan Rantau.

Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum kamu mengambil keputusan.

Apapun jurusan yang kamu pilih, selalu ingat bahwa kamulah yang memilih jurusan tersebut di awal. Kalau memang kamu merasa tidak puas dengan apa yang kamu pelajari, maka lebih baik sampaikan keraguan kamu itu kepada penasehat akademik ataupun orang tua. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui hal apa yang bisa kamu lakukan ke depannya.

Baca juga tips dan trik memilih jurusan yang tepat di luar negeri.

For Your Information

Mengapa seseorang ingin pindah jurusan?

Pada satu titik, setiap pelajar merasa tidak nyaman dengan apa yang ia pelajari sekarang. Hal inilah yang membuat perasaan ingin pindah jurusan semakin kuat.

Apa yang harus saya perimbangkan untuk pindah jurusan?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?