fbpx

Perkembangan Korean Wave di Bidang Literatur dan Akademis

Kepopuleran dari film serta musik asal Korea terus berkembang. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan Korean Wave atau Hallyu semakin memberikan dampak di berbagai bidang. Termasuk di bidang literatur dan akademis.

Awal mula kemunculan literatur mengenai Korean Wave

Perkembangan literatur mengenai Korean Wave telah ada sejak tahun 2003. Di JSTOR, sekarang telah ada lebih dari 260 buku maupun artikel jurnal yang membahas mengenai Korean Wave.

Dal Yong Jin, salah satu penulis yang awal menulis mengenai Korean Wave menyatakan bahwa, “Budaya populer serta digital Korea telah menjadi fenomena global sejak akhir 2000-an, dan situasi ini terus berkembang hingga sekarang.

Profesor Jin, salah seorang pengajar Komunikasi di Simon Fraser University, Kanada, menyatakan bahwa film pemenang Oscar seperti Parasite dan boy band seperti BTS, telah berhasil mendapatkan capaian yang sensasional. Pada akhirnya, banyak yang tertarik untuk mempelajari Korean Wave secara lebih lanjut atau sekadar mempelajari bahasa Korea.

Dampak terhadap kajian akademis

Perkembangan korean wave
Sumber: wikimedia.com

Kepopuleran K-pop yang terus naik membuat banyak siswa yang mulai mendalami K-pop melalui berbagai pendekatan. Ada yang menggunakan sudut pandang kajian media, budaya, antropologi, sosiologi, dan lainnya. Hal ini tentu akan memperkaya kajian akademis yang ada.

Kemudian, perkembangan Korean Wave ini juga berdampak pada ketertarikan banyak pelajar untuk belajar di Korea. Dari tahun 2015 hingga 2019, terdpat peningkatan jumlah mahasiswa asing di Korea dari 91.000 menjadi 160.000.

Kebanyakan, para pelajar ini memilih untuk mendalami bahasa dan budaya Korea. Tentu hal ini dilakukan untuk memahami Korean Wave lebih lanjut. Dengan demikian, tak heran apabila Korea Selatan semakin menarik dijadikan negara tujuan kuliah.

Apalagi, SKY University sebagai 3 universitas terbaik di Korea memiliki reputasi akademis yang baik. Jadi, wajar apabila Korea Selatan berhasil menarik minat para mahasiswa internasional.

Kalau menurut kamu bagaimana, Kawan Rantau? Apakah kamu tertarik untuk belajar di negeri ginseng ini? Baca juga alasan kenapa kamu harus memilih Korea sebagai negara tujuanmu untuk melanjutkan kuliah.

For Your Information

Bagaimana Korean Wave berdampak di bidang akademis?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Mengapa Korea harus menjadi pilihan universitas yang menarik?

Salah satunya karena Korea memiliki SKY University yang notabene universitas terbaik dengan reputasi akademis yang baik.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?