Ayo Pergi Ke Korea dan Ikuti KNU Global Summer School 2020!

Rasa-rasanya, bisa jalan-jalan sembari belajar menjadi impian bagi banyak pelajar. Nah, kalau kamu ingin pergi ke Korea dan tidak sekadar jalan-jalan, maka kamu bisa coba untuk mendaftar KNU Global Summer School 2020.

Dijamin, deh, selain mengikuti perkuliahan di salah satu universitas yang prestisius di Korea ini, kamu juga masih akan mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan!

Penasaran bagaimana detailnya program summer school ini? Simak pembahasannya berikut ini ya, Kawan Rantau.

Apa itu KNU Global Summer School 2020?

Kyungpook National University. Sumber:trungcaptaichinhhanoi.edu.vn

Tiap tahunnya, Kyungpook National University menyelenggarakan program short course yang bernama KNU Global Summer School. Program ini terdiri dari 2 sesi.

Untuk sesi 1, akan dilaksanakan pada 29 Juni-24 Juli dan berjalan selama 4 minggu. Lalu, untuk sesi 2, program ini berjalan selama 2 minggu dan dilaksanakan pada 10-21 Agustus 2020 mendatang.

Dengan mengikuti KNUGGS, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari isu-isu global dan Korea, ditambah dengan mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea.

Keseluruhan perkuliahan akan diajarkan menggunakan bahasa Inggris dan Korea. Nantinya, kamu akan ikut bergabung dengan siswa-siswa lainnya dari seluruh dunia.

Apa saja program yang ditawarkan?

Para siswa pertukaran pelajar di Kyungpook National University. Sumber: youtube.com

Kedua sesi dari program ini akan memiliki struktur yang berbeda. Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Korea saja, maka kamu bisa memilih sesi 2.

Untuk sesi 1, kamu dapat memilih 2 kelas (6 sks), satu kelas merupakan pilihan, satu lagi wajib. Kelas wajib yang harus kamu ambil tentu kelas bahasa dan kebudayaan korea. Sedangkan, untuk kelas pilihan, kamu bisa memilih antara kelas Contemporary Korea, Information Technology and Human, dan International Business.

Selain belajar di kelas, kamu juga bisa merasakan pengalaman kebudayaan dan juga field trip yang ditawarkan. Untuk pengalaman kebudayaan, kamu akan diajak untuk menikmati dan mempelajari tarian K-Pop, Taekwondo, memakai hanbok, upacara minum teh, dan juga menonton film-film korea.

Lalu, untuk field trip, kamu akan diajak mengunjungi sejumlah kota yang ada di Korea, seperti Gyeongju, Busan, dan juga Humi. Tentu pengalaman tersebut akan menjadi hal yang tak terlupakan, bukan?

Siapa yang bisa mendaftar?

Bersyukurlah bagi kamu yang masih duduk di bangku S1 karena kamu sudah pasti memenuhi persyaratan untuk bisa mendaftar program ini. Persyaratan lainnya yang harus kamu penuhi adalah, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Bagaimanapun, seluruh kelas dan perkuliahan akan diajarkan menggunakan bahasa Inggris.

Bagaimana cara mendaftarnya?

Suasana kelas di Kyungpook National University. Sumber: en.knu.ac.kr

Biasanya, program summer school yang diadakan oleh suatu universitas, mengharuskan universitas asalmu memiliki memorandum of understanding (MoU) dengan pihak penyelenggara summer school. Akan tetapi, untuk KNUGSS 2020, kamu bisa bernapas lega karena apabila universitas asalmu belum memiliki MoU dengan Kyungpook National University, kamu tetap bisa mendaftar.

Setelah mendaftar dengan mengumpulkan formulir pendaftaran online, sekitar 3 hari kemudian kamu akan menerima formulir aplikasi dan diharuskan memilih sesi yang diinginkan.

Kamu memiliki waktu untuk melengkapi formulir pendaftaran tersebut dari tanggal 24 Januari hingga 8 Mei mendatang.

Selesaikan pembayaran untuk program ini sebelum tanggal 15 Mei. Untuk biayanya sendiri, memang akan berbeda untuk siswa yang berasal dari universitas yang memiliki MoU dan tidak. Siswa dari universitas mitra, diharuskan membayar USD $1,400 untuk sesi 1 dan USD $1,000 untuk sesi 2. Sedangkan, untuk siswa dari universitas non mitra, diharuskan membayar USD $1,680 untuk sesi 1 dan USD $1,200 untuk sesi 2.

Biaya yang dibayarkan tadi sudah mencakup biaya program selama 4 minggu hingga 2 minggu, akomodasi, field trips, dan juga welcome package yang telah disediakan.

Penutup

Pengalaman kebudayaan di Kyungpook National University. Sumber: en.knu.ac.kr

Dengan mengikuti program summer course ini, kamu betul-betul bisa mendapatkan pengalaman yang tidak ada duanya. Kamu juga bisa jalan-jalan ke sejumlah tempat wisata di Korea yang otentik, seperti Pasar Seomun, 83 Tower, dan juga Daegu Oriental Medicine Museum.

Untuk proses pendaftarannya sendiri akan ditutup pada 8 Mei 2020. Kalau kamu ingin mendapatkan detail lebih lanjut mengenai program ini, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini. Di situ, kamu juga bisa mendapatkan gambaran jadwal lengkap dari program yang ditawarkan.

Pada dasarnya, banyak sekali lho universitas yang juga membuka program summer course maupun student exchange. Kamu hanya perlu lebih berusaha mencari.

Oh, iya, bagi kamu yang tertarik untuk student exchange ke Jepang, kamu bisa mengikuti program JYPE, program student exchange yang diadakan oleh Tohoku University.

Apa itu KNU Global Summer School 2020?

Tiap tahunnya, Kyungpook National University menyelenggarakan program short course yang bernama KNU Global Summer School. Program ini terdiri dari 2 sesi berdurasi 2-4 minggu.

Apa manfaat yang bisa saya dapatkan dengan mengikuti KNU Global Summer School 2020?

Dengan mengikuti KNUGGS, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari isu-isu global dan Korea, ditambah dengan mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea.

Siapa yang bisa saya mendaftar untuk KNU Global Summer School 2020?

Program ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa S1.

Universitas asal saya tidak memiliki MoU dengan KNU, apakah saya bisa mendaftar?

Untuk program KNU Global Summer School ini, terbuka bagi para pelajar di mana saja. Meskipun universitas asalmu tidak memiliki MoU dengan KNU, kamu tetap bisa mendaftar. Hanya saja, biaya pendaftaran dan perkuliahan yang harus kamu bayarkan akan berbeda.

Bagaimana cara saya mendaftar KNU Global Summer School 2020?

Kunjungi artikel ini dan dapatkan jawaban selengkapnya di dalamnya.