Baca Biar Lolos! Perbedaan 4 Jenis Ujian Masuk Universitas di Jepang

Minat kuliah di negara Asia seperti Jepang sudah naik daun sejak tahun 2016. Berdasarkan data dari Jasso dan MEXT, Indonesia berada di peringkat enak sebagai penyumbang pelajar terbanyak setelah Tiongkok, Vietnam, Nepal, Korea Selatan, dan Taiwan.

Hal tersebut dibuktikan antara tahun 2015 hingga 2016 terjadi peningkatan sebanyak 1030 mahasiswa asal Indonesia yang menimba ilmu di negeri matahari terbit tersebut. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat mengingat beasiswa ke Jepang semakin berlimpah.

Bagi kamu yang memiliki mimpi merasakan atmosfer belajar bersama orang-orang hebat di Jepang, maka perhatikan jalur masuknya, ya! Terdapat 4 jenis ujian masuk universitas di Jepang dan masing-masing memiliki perbedaan syarat. Supaya lebih jelas, yuk simak artikel berikut ini!

1. Examination for Japanese University Admission for International Students (EJU)

EJU merupakan ujian yang paling banyak dipakai oleh universitas di Jepang. Data dari JASSO menyebutkan terdapat 438 kampus yang menggunakan nilai EJU dalam seleksi penerimaan mahasiswa asing. Tes ini menekankan pada kemampuan Bahasa Jepang dan pengetahuan dasar akademik, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Jepang dan Dunia, serta Matematika. Nah, kamu harus perhatikan bahwa setiap universitas memiliki tingkat nilai EJU yang berbeda. Cek infonya di sini!

Berhubung tingkat persaingan masuk sangat ketat, maka kamu wajib belajar keras. Menurut pemilik akun Youtube Nihongo Mantappu, Jerome mengatakan bahwa buku soalnya tergolong langka di Indonesia. Tapi, kekhawatiranmu akan sirna karena JASSO Indonesia sudah menyiapkan buku kumpulan soal EJU secara lengkap. Kamu dapat mengaksesnya dengan berkunjung ke kantornya di kawasan Sudirman, Jakarta. Kamu juga bisa latihan menjawab soal di sana, loh!

Kuliah di Jepang bukan lagi sebuah kemustahilan sebab banyak peluangnya. Bagi kamu yang mengalami kekurangan biaya transportasi ke luar negeri, jangan khawatir karena EJU dapat dilaksanakan di luar Jepang! Di Indonesia sendiri tes ini dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya. Cek waktu tesnya di sini !

2. Japanese Language Proficiency Test (JLPT)

Jenis ujian masuk universitas di Jepang yang satu ini merupakan tes untuk mengukur dan memberikan sertifikasi kemampuan bahasa Jepang kamu. Ujian dilaksanakan 2 kali dalam setahun yakni Juli dan Desember di Jepang dan luar negeri. Persiapkan dengan matang baik lisan maupun tulisan.Sekali lagi, belajar ke Jepang sudah mendapatkan banyak kemudahan pada saat ini. Kamu tidak usah ke Jepang untuk mengikutinya karena tes diselenggarakan di banyak kota di Indonesia, dari pulau Jawa hingga Nusa Tenggara. Lokasinya dapat kamu lihat di sini!

3. The National Center Test for University Entrance Examination

Sumber : https://ssl.c.photoshelter.com

Ujian masuk yang satu ini lebih sering dilakukan oleh mahasiswa asal Jepang ketika mendaftar ke program S1 di universitas negeri dan swasta. Sedangkan, mahasiswa asing tidak perlu mengambil tes karena tidak semua jurusan memakai sistem ini. Biasanya pihak kampus akan meminta jika kamu mendaftar ke Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

4. TOEFL dan SAT di Negara Asal

Sumber : medcom.id

Jenis ujian masuk ke kampus di Jepang yang satu ini menekankan kepada kemampuan bahasa Inggris. Terdapat beberapa kampus yang memberikan persyaratan administrasi berupa skor TOEFL, IELTS, TOEIC, dan The EIKEN Test in Practical English Profiency. Ketentuannya bisa kamu lihat di situs universitas yang dituju.

Lalu, ada juga kampus yang memakai penilaian berdasarkan kemampuan akademik setara lulusan SMA di asal negara kamu. Bentuknya bermacam-macam, tergantung permintaan kampus tujuan, seperti rata-rata rapor, SAT, ACT, International Baccalaureate Exams, dan Ujian Nasional (UN). Di sini kamu harus jeli melihat ketentuan skornya agar memenuhi persyaratan yang diinginkan.

Nah, itu dia 4 Jenis Ujian Masuk ke Universitas di Jepang yang wajib kamu perhatikan. Studi ke Jepang bukanlah hal yang mustahil jika kamu berkeinginan keras dalam mewujudkan cita-citamu. Jika kamu masih kebingungan, maka JASSO siap membantumu dengan segudang informasi serta pelayanan yang ramah. Hal itu dapat kamu lakukan dengan mengunduh student guide di sini atau datang langsung ke kantor JASSO untuk berdiskusi. Selamat berjuang!