fbpx

Pentingnya Saling Membantu Saat Kuliah di Luar Negeri

Apabila kamu merasa tak yakin ingin kuliah di luar negeri karena harus tinggal sendiri dan jauh orang tua, maka buanglah segala ketakutan itu. Mengapa? karena pada dasarnya, akan banyak yang membantu kamu selama kuliah di luar negeri. Maka, berikut akan kami bahas pentingnya saling membantu saat berkuliah di luar negeri.

Perlu bukti? Kali ini, Krisna dari podcast PDKS berbagi cerita bagaimana kehidupan perkuliahannya di luar negeri berjalan dengan aman karena bantuan-bantuan yang ia dapatkan. Yap, Krisna akan mengulas lebih lanjut pentingnya saling membantu satu sama lain saat berada di negeri orang.

Penasaran? Yuk, baca kisahnya berikut ini.

Penting untuk saling membantu

Dalam pembahasan Kenapa Kuliah di US itu Signifikan di Hidup Gua, Krisna berbagi mengenai manfaat-manfaat yang ia dapatkan selama kuliah di luar negeri. Kali ini, ia membahas pentingnya untuk saling membantu orang lain selama di perantauan.

Selama berkuliah di University of California, Davis, Amerika Serikat, baik saat masih di college maupun uni, Krisna selalu berusaha untuk membantu temannya dalam bentuk apapun.

Salah satu bentuk upaya yang Krisna lakukan adalah rela bolak-balik bandara untuk mengantar-jemput temannya. Hal ini Krisna lakukan sebagai bentuk balas budi akan bantuan yang pernah ia dapatkan selama ia berkuliah di UC Davis. Ia ingin terus meneruskan good behavior dan influence yang ia terima.

Tak perlu takut

Tentu tidak mudah untuk tinggal sendiri dan jauh dari orang tua. Akan tetapi, Krisna merasa tidak terlalu mendapat kesulitan saat awal tinggal di Amerika. Hal ini disebabkan oleh bantuan yang ia dapatkan dari para senior selama ia berkuliah.

Bagi Krisna, para senior ini lah yang membantunya untuk cepat beradaptasi. Mereka memberikan banyak sekali bentuk bantuan, mulai dari mengantar jemput Krisna pada saat awal sampai di Amerika, mengajari dalam hal akademis, memberikan advice mengenai perkuliahan, atau sekadar menawari ajakan nongkrong, Yang pasti, banyak insight yang Krisna dapatkan dari para seniornya.

Jadi, apabila kamu memiliki ketakutan untuk kuliah di luar negeri, kamu harus lebih rileks karena pasti akan ada yang membantu kamu. Komunitas pelajar Indonesia akan selalu ramah dan terbuka menerima kamu sebagai bagian dari mereka.

Apabila kamu penasaran dengan pengalaman Krisna lebih jauh, kamu bisa mendengarkan podcast-nya secara langsung di sini:

Baca juga tips kuliah di luar negeri bagi seorang introver.

For Your Information

Apakah ada yang akan membantu saya selama kuliah di luar negeri?

Percaya atau tidak, akan banyak orang yang membantu kamu selama kuliah di luar negeri. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk tinggal sendiri dan jauh dari orang tua.

Apa pentingnya membantu orang lain selama kuliah di luar negeri?

Baca uraian pengalaman Krisna selama kuliah di UC Davis di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di California?