fbpx

Pengurusan Paspor Tetap Berjalan Selama Pandemi Covid-19

Covid-19 telah mewabah di hampir seluruh belahan dunia. Jumlah penerbangan dibatasi, begitu pun dengan kegiatan di luar ruangan. Namun, bagi kamu yang memiliki rencana untuk pergi ke luar negeri, ternyata pengurusan paspor tetap berjalan! Untuk lebih jelasnya, simak artikel Pengurusan Paspor Tetap Berjalan Selama Pandemi Covid-19 berikut ini.

Kebutuhan yang mendesak

Sumber: https://unsplash.com/@jeremydorrough

Direktorat Jenderal Imigrasi menyatakan bahwa mereka tetap melayani permohonan pengurusan paspor di tengah pandemi Covid-19, terutama bagi para penerima beasiswa dan pekerja kontrak di luar negeri.

Sebelumnya, pada 24 Maret 2020, Ditjen Imigrasi memberlakukan pembatasan pelayanan paspor sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Namun, Kantor Imigrasi hanya melayani pengurusan paspor dengan kebutuhan mendesak, seperti orang sakit yang tidak bisa ditunda atas rujukan dokter dan orang dengan kepentingan yang tak dapat ditunda seperti paspor untuk kuliah ke luar negeri.

Dilansir dari medcom.id, Cucu Koswala, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, mengatakan bahwa pelayanan paspor ini menyangkut maasa depan pendidikan seseorang.

Lampirkan dokumen lengkap

Sumber: https://unsplash.com/@imattsmart

Agar permohonan paspor dapat disetujui, penerima beasiswa harus melampirkan bukti pendukung dari perguruan tinggi di luar negeri yang menyatakan bahwa ia telah menerima beasiswa.

Hal yang sama juga berlaku dengan paspor para pekerja kontrak di luar negeri yang menyangkut kelangsungan pekerjaan seseorang.

Paspor yang tak diambil 30 hari tak dibatalkan

Sumber: https://unsplash.com/@samuelsparkle

Dilansir dari Kompas.com, pihak Direktorat Jenderal Imigrasi juga menyatakan bahwa mereka tidak akan membatalkan paspor yang tidak diambil pemilik selama 30 hari pada masa pandemi Covid-19.

Paspor akan dibatalkan bila tidak diambil pemilik setelah satu bulan sejak diterbitkan.

Itu dia beberapa informasi tentang pelayanan paspor oleh Ditjen Imigrasi pada masa pandemi Covid-19 ini. 

Selain artikel tentang Pengurusan Paspor Tetap Berjalan Selama Pandemi Covid-19 ini, Kawan Rantau juga bisa membaca artikel seputar dampak Covid-19 terhadap visa pelajar internasional.

Semoga informasi ini berguna bagi Kawan Rantau yang sedang mempersiapkan perjalanan ke luar negeri, ya.

For Your Information

Apakah pengurusan paspor tetap dilayani pada masa pandemi Covid-19?

Ya, pengurusan paspor untuk kebutuhan mendesak, seperti keperluan beasiswa atau kontrak pekerja di luar negeri, tetap dilayani pada masa pandemi Covid-19.

Adakah syarat agar permohonan paspor disetujui pada masa pandemi Covid-19?

Penerima beasiswa harus melampirkan bukti pendukung dari perguruan tinggi di luar negeri yang menyatakan bahwa ia telah menerima beasiswa. Hal yang sama juga berlaku dengan paspor para pekerja kontrak di luar negeri.

Mengapa pengurusan paspor tetap dilayani pada masa pandemi Covid-19?

Untuk informasi lebih lengkap seputar hal ini, silakan baca artikelnya di situs Anak Rantau, ya!

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?