Masih Bingung dengan Jurusan Kuliah? Yuk, Tengok Peluang dari Prodi K3!

Pendaftaran SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN telah dibuka dari 10 Juni 2019 hingga 24 Juni 2019. Masih kebingungan dengan pilihan jurusan? Kali ini Anak Rantau akan membahas jurusan yang cukup baru, yaitu Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3). Apakah prospeknya menjanjikan? Yuk, simak artikelnya berikut ini supaya lebih mantap dalam menetapkan prodi pilihanmu!

170525-A-WN220-184

Prodi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Menurut laporan dari International Labour Organization (ILO), bahwa setiap 15 detik terdapat satu pekerja yang meninggal akibat kecelakaan kerja. Cobalah tengok ke gedung atau proyek pencakar langit di Jakarta. Seringkali kamu akan menemukan himbauan berupa spanduk tentang K3 bagi para pekerjanya. Nah, jurusan ini mempelajari cara menangani bahaya dan resiko yang terjadi di lingkungan kerja maupun proyek demi meminimalisir kecelakaan ketika bekerja. Pun, bahasannya tidak hanya seputar keselamatan kerja di lingkungan proyek, melainkan juga menyangkut tentang gizi kerja dan pengelolaan amdal.

Peminatan ini berada di bawah naungan prodi Kesehatan Masyarakat atau Kedokteran, akan tetapi ada pula kampus yang membuka prodi K3 itu sendiri sebagai fakultas independen. Beberapa PTN yang menyediakan jurusan dan peminatan untuk jenjang sarjana K3 antara lain Universitas Indonesia (UI), UIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan beberapa sekolah tinggi lainnya. Kampus di luar negeri pun membuka jurusan K3 karena kesadaran negaranya untuk memperkecil kemungkinan kecelakaan kerja. Kebanyakan prodi ini terbuka untuk jenjang master seperti Kansai University di Jepang, Monash University di Australia, dan Harvard University di USA.

Sumber : pexels

Kenapa Prodi K3?

Prodi ini cocok bagi kamu yang mampu berpikir kritis dan cepat tanggap di situasi darurat. Profesi K3 dijuluki sebagai Health and Safety Engineer di luar negeri dan memiliki kesempatan yang cukup menjanjikan karena pemerintah juga semakin memperketat aturan kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja. Maka dari itu, perusahaan sangat memerlukan lulusan K3 yang kompeten dalam meminimalisir kecelakaan kerja. Sebagai bayangan, salah satu tugas staff K3 ialah memberi simulasi bencana atau kejadian yang berhubungan dengan keselamatan kerja. Dengan begitu, para karyawan dapat melakukan aktivitas dengan aman tanpa khawatir tertular penyakit atau tertimpa kejadian yang tidak menyenangkan.

Nah, itulah bayangan jika kamu menjadi lulusan K3. Semoga artikel ini dapat mencerahkan dan mengikis kebingunganmu dalam memilih prodi, khususnya K3. Tetaplah semangat dalam menggapai pendidikan dan jurusan impianmu. Selamat berjuang di segala bentuk tes masuk universitas hingga titik darah penghabisan, ya!

#mc_embed_signup{background:#fff; clear:left; font:14px Helvetica,Arial,sans-serif; } /* Add your own Mailchimp form style overrides in your site stylesheet or in this style block. We recommend moving this block and the preceding CSS link to the HEAD of your HTML file. */