fbpx

Pelaksanaan Ujian Gaokao Ditunda untuk Pertama Kalinya

Gaokao merupakan ujian masuk universitas di China yang diadakan setiap tahun. Ada sekitar 10 juta siswa yang mengikuti ujian ini. Akan tetapi, karena pandemi COVID-19, pada akhirnya ujian gaokao ini ditunda untuk pertama kalinya.

Mulanya, ujian ini akan dilaksanakan pada bulan Juni dan akhirnya diundur ke bulan Juli. Untuk Provinsi Hubei, pusat outbreak pandemi dan juga Beijing, tanggal ujian akan menyusul. Hal ini menyesuaikan keadaan dari kedua daerah tersebut.

Tidak pernah ditunda secara nasional

Ujian gaokao ditunda
Sumber: businessinsider.com

Pada dasarnya, gaokao merupakan ujian masuk perguruan tinggi selayaknya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) di Indonesia. Akan tetapi, ujian yang satu ini memiliki soal yang lebih ketat dan sulit. Sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 1950-an, pelaksanaan ujian gaokao tidak pernah ditunda secara nasional.

Memang pada tahun 2008, akibat gempa bumi Wenchuan, pelaksanaan gaokao ditunda di beberapa daerah. Akan tetapi, pembatalan secara nasional tidak pernah dilakukan sebelumnya oleh pemerintah China.

Menunggu kabar sejak Februari

Ujian gaokao ditunda
Sumber: thepienews.com

Para pelajar di China telah menunggu kabar mengenai gaokao sejak Februari, yakni sejak seluruh kelas di China diganti menjadi pembelajaran jarak jauh. Pihak kementerian pendidikan China kala itu belum memutuskan apakah ujian tersebut dapat dilaksanakan atau tidak di kemudian hari. Apalagi, jumlah kasus COVID-19 yang terkonfirmasi terus meningkat di negeri tirai bambu tersebut.

Untuk sekarang, tanggal ujian telah ditetapkan pada bulan Juli. Hal ini diharapkan tidak akan begitu mempengaruhi tahun ajaran 2020-2021 di universitas.

Keputusan penundaan ini diambil sebagai hasil pertimbangan dari concern siswa dan orang tua yang menyatakan bahwa gaokao tidak dapat begitu saja digantikan dengan menghadiri kursus daring di rumah. Hal ini disampaikan oleh Xiong Bingqi, wakil direktur 21st Century Education Research Institute kepada Global Times.

Dua bulan semenjak penutupan sekolah yang ada di China, membuat banyak siswa yang ketinggalan pelajaran. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki akses mudah pada pembelajaran jarak jauh. Kabar baiknya, sekarang jumlah kasus COVID-19 yang terkonfirmasi mulai menurun di China. Bahkan, di sejumlah provinsi, kursus untuk gaokao akan mulai dibuka kembali pada bulan April.

Harapannya, pandemi COVID-19 ini akan segera berlalu dan aktivitas sehari-hari dapat berjalan seperti biasa.

Baca juga dampak COVID-19 terhadap pelaksanaan tes SAT dan ACT.

For Your Information

Apa itu gaokao?

Gaokao merupakan ujian masuk universitas di China yang diadakan setiap tahun. Kalau di Indonesia, ujian ini mirip dengan SBMPTN.

Mengapa ujian gaokao ditunda?

Hal ini menyusul pandemi COVID-19 yang terus berjalan.

Apa pertimbangan penundaan ujian gaokao?

Silakan baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?