fbpx

Pelaksanaan Perkuliahan Daring di Berbagai Universitas Diperpanjang

Ketidakpastian akibat pandemi COVID-19 terus memberikan dampak bagi seluruh bidang. Tak terkecuali dengan bidang pendidikan tinggi. Kebijakan lockdown masih terus diterapkan, pelarangan penerbangan pun juga membatas mobilitas semua orang di dunia. Maka dari itu, pada akhirnya pelaksanaan perkuliahan daring di berbagai universitas diperpanjang.

University of Manchester, Inggris

Sumber: visitmanchester.com

University of Manchester mengonfirmasi bahwa perkuliahan daring di institusi mereka akan diperpanjang sampai setidaknya satu semester di tahun ajaran mendatang.

Melalui surel yang dikirimkan pada 11 Mei 2020, April McMahon selaku vice president for teaching, learning and students, mengonfirmasi bahwa pengajaran untuk jenjang sarjana akan dimulai pada akhir September. Kemudian, ia menyatakan pula bahwa seluruh kegiatan perkuliahan untuk satu semester ke depan akan dilakukan secara daring.

“Sebagai bentuk antisipasi, maka kami memutuskan untuk menyelenggarakan seluruh perkuliahan untuk semester ke depan secara daring,” jelas Profesor McMahon.

Untuk biaya perkuliahan sendiri, sampai saat ini belum ada wacana penyesuaian.

UC San Diego, Amerika Serikat

Sumber: 10news.com

Kanselir UC San Diego, Pradeep Khosla menyatakan bahwa kemungkinan UC San Diego akan tetap menerapkan perkuliahan daring hingga semester musim gugur ke depan. Akan tetapi, Pradeep menyatakan bahwa sistem perkuliahan ini tidak akan menjadi permanen.

“Saya kira (tetap melaksanakan perkuliahan secara daring) akan sangat tepat dengan segala kemungkinan yang ada,” tambah Pradeep. Aakan tetapi, Pradeep juga menyadari bahwa pada dasarnya keadaan seperti sekarang ini menciptkan culture shock bagi pelajar maupun pengajar.

“Saya pikir, pandemi ini menimbulkan syok yang hebat. Orang-orang akan menerima (keadaan sementara ini) dan mencoba mengatur kehidupan mereka dengan batasan apa saja yang bisa mereka lakukan.” ujar Khosla. “Akan tetapi, tidak semua orang berpikir bahwa keadaan ini menjadi way of life untuk seterusnya.

Selain kedua uiversitas di atas, pelaksanaan perkuliahan daring juga diperpanjang di University of Pittsburgh. Pada dasarnya, keputusan ini diambil karena sampai sekarang ketidakpastian karena COVID-19 terus merjajalela. Dengan demikian, mengalihkan seluruh perkuliahan menjadi perkuliahan daring menjadi keputusan yang tepat.

Baca juga dampak COVID-19 terhadap World University Rankings.

Ingin mengetahui cerita lain di California?