fbpx

Pelajar Internasional Selesaikan Kuliah Lebih Cepat dari Pelajar Domestik di Kanada

Kanada telah dikenal sebagai salah satu destinasi populer bagi pelajar internasional, khususnya untuk program pascasarjana. Berdasarkan hasil studi dari Statistics Canada, ditemukan bahwa pelajar internasional cenderung selesaikan kuliah lebih cepat dari pelajar domestik di Kanada.

Mereka menemukan ada sekitar 65% pelajar S2 internasional yang mulai berkuliah pada tahun 2013 dan lulus dalam waktu dua tahun. Angka tersebut lebih tinggi dari jumlah pelajar domestik yang hanya mencapai 58%. Kemudian, untuk pelajar S2 internasional yang menyelesaikan studi selama empat tahun berjumlah 87%, dan pelajar asal Kanada hanya mencapai 83%.

Faktor penyebab

Sumber: paramuseducation.com

Diperkirakan, berbagai faktor menyebabkan hal ini terjadi, mulai dari biaya perkuliahan yang cukup tinggi serta biaya hidup yang tidak murah. Kemudian, ada juga batasan izin tinggal yang membatasi para pelajar internasional untuk tetap berada di Kanada.

Pada tahun 2013, pelajar internasional untuk program pascasarjana membayar rata-rata C $13.490 untuk biaya perkuliahan. Jumlah ini sama dengan dua kali lipat biaya perkuliahan pelajar domestik. Kemudian, hasil kajian lainnya menemukan bahwa para pelajar domestik di Kanada cenderung menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan kuliah karena mereka berkuliah sembari bekerja.

Untuk biaya hidup sendiri, tidak dapat dipungkiri bahwa biaya hidup di Kanada cukup tinggi, apalagi di kota-kota besar seperti Toronto dan Vancouver. Apabila kamu ingin berkuliah di Kanada, maka setidaknya kamu harus mempersiapkan anggaran sebesar CAD $10.000 (Rp112.991.600) per tahun. Jumlah ini pun belum termasuk akomodasi.

Otomatis, pertimbangan tersebut menjadi motivasi utama bagi pelajar internasional untuk segera selesaikan kuliah di Kanada. Tentunya, mereka ingin menekan jumlah anggaran yang harus mereka keluarkan.

Program pascasarjana menjadi populer di kalangan pelajar internasional

Sumber: kingsu.ca

Statistics Canada menemukan bahwa dari tahun 2011 ke 2016, terdapat peningkatan jumlah pendaftar program pascasarjana internasional di Kanada. Mereka menemukan ada lebih dari 43.000 pelajar yang mendaftar program S2 di universitas Kanada pada tahun 2016. Sekitar 12.195 siswa merupakan pelajar internasional, sedangkan 30.873 lainnya merupakan pelajar lokal.

Pada akhirnya, jumlah mahasiswa baru untuk program S2 meningkat 51% dari tahun 2011 untuk pelajar internasional, dan 11% untuk pelajar lokal.

Temuan lainnya yang cukup menarik adalah, semakin naiknya proporsi perempuan yang terdaftar di universitas Kanada. Pada tahun 2016, ditemukan bahwa jumlah perempuan yang mendaftar masuk di program S2 di Kanada mencapai 60%. Sedangkan, di antara para pelajar internasional, jumlah perempuan mencapai 46%.

Sebagai salah satu destinasi favorit pelajar internasional, nyatanya kedua bidang perkuliahan di Kanada cukup populer. Mulai dari bidang Science, technology, and mathematics (STEM) maupun non-STEM, Business, humanities, health, arts, social science, and education (BHASE) memiliki daya tarik masing-masing.

Dari tahun 2011 hingga 2016, jumlah pelajar internasional yang mendaftar di bidang STEM lebih tinggi empat kali lipat dibandingkan dengan pelajar Kanada. Kemudian, untuk bidang BHASE, jumlah pelajar internasional lebih tinggi lima kali lipat dibandingkan dengan pelajar domestik.

Baca juga alternatif pilihan akomodasi yang bisa dipilih oleh pelajar internasional di Kanada.

For Your Information

Mengapa pelajar internasional di Kanada selesaikan kuliah lebih cepat?

Banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satunya karena biaya perkuliahan dan hidup selama tinggal di Kanada. Selengkapnya dapat kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Toronto?