fbpx

Pelajar Internasional Dapat Kembali ke Australia Selatan Mulai November

Pemerintah federal Australia telah menyetujui pilot program untuk membawa kembali sejumlah kecil pelajar internasional ke Australia Selatan. Rencana tersebut diajukan oleh University of Adelaide, University of South Australia (UniSA), dan Flinders University. Diperkirakan, akan ada sekitar 300 pelajar Internasional yang masuk kembali ke Australia pada November 2020 hingga Januari 2021. Hal ini dilaporkan langsung oleh Xinhua.

Kedatangan pelajar internasional

Pelajar internasional kembali ke Australia
Sumber: universitataustrali.com

Para pelajar internasional yang masuk ke Australia, harus menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari sebelum bisa mengikuti perkuliahan. “Program ini akan berjalan sebagai proof of concept bahwa pihak universitas mampu membawa kembali para pelajar internasional untuk kembali belajar di Australia Selatan,” ujar wakil rektor UniSA, David Lloyd.

University of Adelaide diperkirakan mampu membawa kembali 160 pelajar di bawah skema ini. Sedangkan UniSA membawa 90 pelajar dan Flinders University dengan 45 pelajar.

Pilot Programme ini dapat menunjukkan langkah penting bagi penyambutan kembali pelajar internasional di lingkungan kampus. Apabila hal ini sukses dilakukan, maka ke depannya diharapkan akan ada lebih banyak pelajar internasional yang bisa masuk ke Australia saat perbatasan telah dibuka,” jelas wakil rektor Flinders, Sebastian Raneskold.

Charles Darwin University yang lakukan program pertama kali

Pelajar internasional kembali ke Australia
Sumber: abc.net.au

Pada dasarnya, Charles Darwin University (CDU), merupakan universitas pertama di Australia yang menjalankan pilot programme untuk membawa pelajar internasional kembali.

Skema percobaan ini pada dasarnya disetujui oleh pemerintah Australia dan Kawasan bagian Utara. Setidaknya, akan ada 70 pelajar internasional yang tiba di Darwin dari Singapura pada akhir Oktober 2020.

Untuk pilot programme dari Australia Selatan sendiri pada dasarnya telah diumumkan sejak Agustus 2020 tapi harus ditunda pelaksanaannya akibat adanya kekhawatiran yang muncul. Kembalinya pelajar internasional ke Australia menjadi sangat penting karena bisa mendatangkan keuntungan bagi ekonomi Australia Selatan hingga 2 milyar Dolar per tahun.

Dengan demikian, tak heran apabila pihak pemerintah dan universitas saling bekerja sama supaya para pelajar internasional dapat kembali ke Australia. Berbagai kebijakan dan fasilitas telah disiapkan untuk menyambung kedatangan para pelajar ini.

Baca juga daftar negara-negara asal pelajar internasional yang boleh masuk kembali ke Australia.

For Your Information

Mengapa pelajar internasional diperbolehkan kembali ke Australia?

Peran pelajar internasional sangatlah penting bagi ekonomi Australia. Jadi, tak heran apabila universitas dan pemerintah mengusahakan supaya mereka dapat kembali.

Bagaimana mekanisme pelaksanaan pilot programme di Australia?

Temukan pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Adelaide?