fbpx

Pelajar Internasional Akan Segera Diizinkan Masuk ke Jepang

Apabila kamu termasuk para pelajar yang akan berkuliah di Jepang, kamu bisa bernapas lega. Mengapa? Pada akhir Agustus 2020, diperkirakan pelajar internasional akan diizinkan untuk masuk ke Jepang. Dilansir dari The Asahi Shimbun, pemerintah Jepang memutuskan para pelajar internasional yang telah memenuhi persyaratan akan diizinkan masuk.

Untuk kamu yang merupakan penerima beasiswa Pemerintah Jepang merupakan gelombang pertama yang akan diizinkan masuk. The Japan Times menyatakan bahwa Pemerintah Jepang diharapkan dapat terus memperluas kemudahan bagi pelajar internasional untuk masuk ke Negeri Sakura tersebut.

Perjanjian dengan negara lain

Sumber: usplash.com

Sekarang ini, Jepang memiliki kesepakatan dengan 16 negara untuk mengendorkan larangan untuk perjalanan bisnis. Otomatis, perjalanan bisnis antar negara akan berjalan lebih optimal. 

Sebagai contoh, Jepang memiliki kesepakatan dengan Malaysia. Dengan demikian, para warga Malaysia mendapatkan kemudahan untuk masuk ke Jepang. Tentunya dengan memenuhi persyaratan yang ada. Pada akhirnya, dilaporkan bahwa Jepang dapat menerima kedatangan pelajar Malaysia, khususnya yang dibiayai oleh pemerintah, sesegera mungkin.

Kebanyakan pelajar internasional datang ke Jepang pada musim semi dan gugur. Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, terdapat 35.000 pelajar internasional yang datang ke Jepang pada musim gugur 2018, dan 54.000 pelajar pada musim semi 2019.

Keistimewaan jepang

Sumber: tohoku365.com

Berdasarkan Japan Student Service Organisation (JASSO), jumlah pelajar internasional di Jepang per 1 Mei 2019 mencapai 312.214 orang. Angka ini cenderung naik hingga 4.4% dari jumlah tahun sebelumnya. 

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara penyumbang pelajar internasional di Jepang. Berdasarkan data JASSO, terdapat 6.227 pelajar Indonesia di Jepang pada tahun 2018.

Sebelumnya, universitas di Amerika dan Eropa menarik minat pelajar internasional karena mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Akan tetapi, sekarang ini popularitas dari universitas Jepang terus meningkat seiring dengan bertambahnya program di Jepang yang menggunakan Bahasa Inggris.

Kualitas dari universitas di Jepang pun tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah universitas unggulan Jepang seperti Tohoku University, University of Tokyo, dan Kyoto University menjadi universitas yang paling diminati oleh para pelajar internasional.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk kuliah di Jepang, Kawan Rantau? Kalau iya, jangan lupa untuk mengetahui lebih dulu daftar universitas terbaik di Jepang berdasarkan Japan University Rankings 2020.

For Your Information

Apakah pelajar internasional bisa masuk ke Jepang?

Diperkirakan pelajar interasional sudah bisa masuk kembali ke Jepang pada akhir Agustus 2020.

Apakah ada persyaratan untuk masuk ke Jepang kembali?

Baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Kyoto?