fbpx

Part Time di Australia Ternyata Seru dan Menjanjikan, Loh!

Australia merupakan negara yang memiliki kebijakan baik bagi mahasiswa internasional untuk kuliah sambil kerja. Terdapat sebuah cerita yang viral di Twitter yaitu seorang suami menemani istrinya kuliah S2 di negeri Kangguru sambil bekerja sebagai loper koran. Sekilas, mungkin kamu melihatnya sepele, namun pekerjaan tersebut dapat menghidupi keluarga kecilnya. Tanggung jawabnya pun terhitung besar, yaitu memastikan koran terdistribusi secara merata. Meskipun sudah era digital, warga Australia tidak meninggalkan kebiasaan untuk membaca dari media analog seperti koran. Itulah salah satu cerita seru kuliah sambil part time di Australia. Mau segera bergabung?

Penyusunan Gaji Part Time di Australia

Pelajar diperbolehkan part time sejak usia 18 tahun. Sumber: Pexels

Pelajar diperbolehkan part time sejak usia 18 tahun. Usut punya usut, Pemerintah Australia menyusun kebijakan gaji bagi para pekerja paruh waktu berdasarkan usia dan waktu. Semakin tua, maka semakin tinggi pula gajinya. Lalu, terdapat penambahan sekitar 10% apabila bekerja di atas jam 10 malam hingga dini hari. Pekerja paruh waktu akan dibayar per jam, biasanya sekitar AUD 15-25 (Rp 150.000 hingga Rp 250.000) dan gaji akan diberikan setiap 2 minggu sekali melalui transfer bank atau cash. Wah, enak sekali, bukan? Apalagi, jika kamu mendapatkan beasiswa seperti Australia Award Scholarship, maka gaji dapat ditabung atau menjadi uang tambahan. Keuntungan lain bekerja sambil kuliah di Australia ialah gaji tetap dihitung meskipun tanggal merah.

Ketentuan Jadi Part Time di Australia

Pelajar bisa Apply ulang di tempat dan posisi sama setiap 1 bulan sekali. Sumber: Pexels

Jadi part time di Australia memiliki banyak pilihan pekerjaan, seperti loper koran, pekerja di restoran cepat saji, hotel staff, cleaning service, koki, dan lain sebagainya. Supaya mendapatkan pekerjaan, kamu wajib membuat resume dan cover letter berisi pengalaman kerja, kemampuan, status kamu di Australia, dan apapun yang dapat memperbesar peluang lamaran kerja diterima perusahaan. Enaknya di sana ialah apabila tidak kunjung mendapat panggilan kerja, kamu dapat apply ulang di posisi yang sama setiap 1 bulan sekali.

Jika sudah menandatangani kontrak kerja, maka kamu wajib membuat Tax File Number (TFN) gratis di situs resmi Australian Taxation Office. Tanamkan di bawah alam sadarmu bahwa pekerjaan part time tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, semakin tinggi jam terbang, maka gajimu juga semakin besar. Selain itu, manajer juga akan semakin percaya dengan memberikan jam kerja yang besar. Pemerintah Australia menerapkan peraturan part time dengan perhitungan maksimal 8 hari per jam, 40 jam per minggu saat masih kuliah, dan tidak terbatas saat libur semester.

Beberapa website yang dapat dikunjungi oleh mahasiswa pejuang kuliah sambil kerja: SEEK atau GumTree.

Hilangkan Gengsi

Apapun pekerjaanmu, lakukan yang terbaik. Sumber: https://elearn.id/

Apapun pekerjaanmu, lakukan yang terbaik. Bekerja part time di Australia merupakan pengalaman yang tidak akan kamu lupakan setelah lulus. Sebaiknya, kamu tinggal di luar negeri tidak hanya mengandalkan beasiswa, tetapi juga harus aktif bertahan hidup sambil mengembangkan kemampuan beradaptasi, salah satunya dengan bekerja. Jangan memikirkan orang lain yang mencemoohmu karena mereka tidak berada di “sepatumu” untuk merasakan sensasi kuliah sambil bekerja di luar negeri.

Demikian artikel mengenai kuliah sambil kerja di Australia. Jalan kesuksesan setiap orang tidak bisa dipukul rata. Semua manusia di bumi ini pasti pernah merasakan suka dan duka saat sedang menggapai impian. Nah, sambil menunggu panggilan, baca terlebih dahulu panduan lengkap mencari dan melamar kerja di Australia. Selamat melihat-lihat lowongan pekerjaan, ya!

For Your Information

Apakah rekomendasi website untuk part time di Australia?

Beberapa website yang dapat dikunjungi oleh mahasiswa pejuang kuliah sambil kerja di Australia: SEEK atau GumTree.

Bagaimana sistem gaji part time di Australia?

Pemerintah Australia menyusun kebijakan gaji bagi para pekerja paruh waktu berdasarkan usia dan waktu. Semakin tua, maka semakin tinggi pula gajinya. Lalu, terdapat penambahan sekitar 10% apabila bekerja di atas jam 10 malam hingga dini hari. Pekerja paruh waktu akan dibayar per jam, biasanya sekitar AUD 15-25 ( Rp 150.000 hingga Rp 250.000) dan gaji akan diberikan setiap 2 minggu sekali melalui transfer bank atau cash.

Bagaimana melamar part time khusus mahasiswa internasional di Australia?

Perdalam keahlian bahasa Inggris. Kamu pun wajib membuat resume dan cover letter berisi pengalaman kerja, kemampuan, status kamu di Australia, dan apapun yang dapat memperbesar peluang lamaran kerja diterima perusahaan.

Ingin mengetahui cerita lain di Brisbane?