fbpx

Panduan Lengkap Kuliah di China: Dari Biaya Hidup hingga Beasiswa

China telah menjadi destinasi kuliah yang diidamkan oleh para pelajar, termasuk pelajar Indonesia. Negara yang memiliki lanskap yang indah ini, menawarkan sistem pendidikan yang unik serta biaya yang terjangkau. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di China, maka berikut panduan lengkap yang bisa kamu gunakan.

Biaya perkuliahan di China

Sumber: globaltimes.cn

Seperti yang telah disinggung di atas, biaya perkuliahan di China termasuk lebih terjangkau apabila dibandingkan di Amerika maupun Eropa.

Tentunya, besarnya biaya tersebut akan tergantung dari jurusan dan juga masing-masing universitas. Rata-rata, biaya perkuliahan di China berada pada kisaran 20.000-60.000 RMB (IDR Rp 40.611.719 – IDR 121.835.159,-).

Untuk jurusan-jurusan seperti teknik, bisnis, dan juga kedokteran, biaya perkuliahan yang harus kamu keluarkan bisa jadi lebih mahal.

Akan tetapi, Kawan Rantau, kamu bisa bernapas lega karena ada banyak beasiswa yang bisa kamu daftar. Salah satunya adalah Chinese Government Scholarship (CGS), skema beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah China.

Apabila kamu memerlukan panduan lebih lanjut untuk mendaftar beasiswa yang satu ini, kamu bisa mengisi form ini untuk mendapat panduan secara personal.

Rata-rata biaya hidup di China

Sumber: chinadaily.co.cn

Biaya hidup di China akan berbeda tiap wilayah. Di kota-kota metropolitan seperti Guangzhou, Shenzen, atau Shanghai, biaya hidupnya cukup tinggi. Akan tetapi, tentu biaya hidup tersebut tergantung dari gaya hidup yang kamu jalankan.

Apabila kamu tinggal di Beijing, kamu akan membutuhkan USD 600-1.200 (IDR 8.676.000 – IDR 17.352.000,-) per bulannya sebagai mahasiswa. Di kota-kota China lainnya, kamu bisa lebih berhemat karena rata-rata biaya hidup yang harus kamu keluarkan menjadi USD 400-800 USD (IDR 5.784.000 – IDR 11.568.000,-).

Maka dari itu, akan lebih baik apabila kamu memilih untuk tinggal di asrama. Biaya yang harus kamu keluarkan akan jauh lebih berkurang.

Pilihan akomodasi lainnya yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah:

  • Homestay
  • Apartemen
  • Residence hall

Banyak pelajar internasional yang memilih untuk tinggal dengan teman sekamar. Hal ini dilakukan supaya biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah.

Apakah ada kesempatan untuk kuliah gratis di China?

Bagi kamu yang ingin merasakan kuliah gratis di China, kamu tidak perlu khawatir. Beasiswa CGS yang disebutkan sebelumnya memberikan kesempatan bagi kamu untuk berkuliah dengan beasiswa penuh.

Selain CGS, kamu juga bisa mencari informasi mengenai beasiswa dari masing-masing pemerintah provinsi. Hal ini semakin menegaskan bahwa banyak sekali kesempatan beasiswa di China yang bisa kamu pilih.

Apakah saya bisa kuliah sembari bekerja di China?

Sumber: chinabriefing.com

Sebelum tahun 2013, pemerintah China tidak memperbolehkan pelajar internasional untuk bekerja paruh waktu atau melakukan internship. Akan tetapi, aturan tersebut telah berubah.

Sekarang, para pelajar internasional dapat dengan mudah mencari pekerjaan paruh waktu di China. Jadi, sembari berkuliah, kamu juga bisa menambah uang saku.

Akan tetapi, apabila kamu ingin bekerja paruh waktu, kamu memerlukan NOC letter dari dosenmu untuk kemudian diserahkan ke international student office. Baru setelahnya kamu bisa mendapatkan izin untuk bekerja.

Bagi kamu yang telah menyelesaikan studi S2 dari universitas di China, kamu juga bisa mendapatkan izin bekerja di sana. Kamu hanya perlu mencari tahu syarat-syarat yang ditentukan lebih lanjut.

Demikianlah sejumlah informasi mengenai seluk-beluk kuliah di China. Apakah kamu tertarik untuk berkuliah di Negeri Tirai Bambu ini, Kawan Rantau?

Baca juga pengalaman Velicya Aurelia Wiranata yang menjalani kuliah D3 di YRCTI, China.

For Your Information

Mengapa harus kuliah di China?

China telah menjadi destinasi kuliah yang diidamkan oleh para pelajar, termasuk pelajar Indonesia. Negara yang memiliki lanskap yang indah ini, menawarkan sistem pendidikan yang unik serta biaya yang terjangkau.

Apakah bisa kuliah gratis di China?

Banyak beasiswa penuh yang ditawarkan oleh pemerintah China bagi pelajar internasional. Jadi, kesempatan untuk kuliah gratis di China terbuka lebar

Apa saja yang harus saya ketahui tetang kuliah di China?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?