fbpx

Panduan Kuliah di Kanada: Biaya Kuliah dan Hidup untuk Tahun 2021

Kanada telah lama menjadi negara alternatif tujuan pelajar internasional selain Amerika. Selain karena kualitas pendidikannya yang setara dengan Amerika, Kanada juga menawarkan biaya perkuliahan yang lebih terjangkau. Maka dari itu, tak heran apabila populasi pelajar internasional di Kanada terus meningkat. Kali ini, kami akan mengupas lebih lanjut mengenai biaya kuliah di Kanada untuk tahun 2021. Penasaran? Simak pembahasan lengkap kami berikut ini.

Biaya Kuliah

Sumber boundless.utoronto.ca

Dilansir dari Statistics Canada, rata-rata biaya perkuliahan untuk program S1 di Kanada mencapai CAD $29.714 per tahun atau setara dengan Rp335.743.240,-. Sedangkan, untuk program pasca sarjana, biaya perkuliahan di sana mencapai CAD $17.744 per tahunnya atau setara dengan Rp200.492.295,-.

Akan tetapi, biaya perkuliahan tersebut akan berbeda-beda, tergantung dari bidang apa yang kamu ambil. Sebagai contoh, biaya perkuliahan S1 untuk bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan hukum akan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bidang ilmu sosial, humaniora, dan pendidikan.

Kemudian, selain biaya perkuliahan, kamu juga harus memperhatikan adanya biaya pendaftaran universitas yang berkisar pada angka CAD $100 hingga CAD $500 atau Rp1-5 juta. Biaya tersebut bersifat non-refundable.

Visa

Ketika kamu mengajukan izin belajar di Kanada, maka kamu bisa mendapatkan visa tinggal seharga CAD $150 (Rp1.694.874,-). Kamu juga bisa mengajukan izin kerja tambahan dengan membayar CAD $155 (Rp1.751.369,-). Dengan mendapatkan izin kerja, maka kamu berhak bekerja sambil berkuliah maksimal 20 jam per minggu.

Biaya hidup rata-rata

Sumber: twitter.com

Ketika kamu ingin berkuliah di Kanada, maka setidaknya kamu harus menyiapkan anggaran sebesar CAD $10.000 (Rp112.991.600,-) untuk satu tahun. Jumlah tersebut belum termasuk biaya akomodasi. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai alternatif pilihan akomodasi di Kanada di tautan berikut ini.

Pada dasarnya, biaya makan lah yang cukup memakan anggaran biaya hidupmu. Setidaknya, kamu harus menghabiskan CAD $17 hingga CAD $35 untuk sekali makan di restoran (rentang Rp 100-400 ribu). Akan tetapi, tentu kamu bisa menekan biaya tersebut dengan masak sendiri. Membeli bahan makanan untuk beberapa kali makan bisa menekan biaya makan kamu, Kawan Rantau.

Sejumlah biaya lainnya yang harus kamu keluarkan di Kanada adalah sebagai berikut:

  1. CAD $76.51 per bulan (Rp864.498,-) untuk akses internet tanpa batas
  2. CAD $97 per bulan (Rp1.096.018,-) untuk akses transportasi umum
  3. CAD $600-800 per tahun (Rp6-9 juta) untuk asuransi kesehatan

Akan tetapi yang harus kamu ingat, Kanada merupakan negara yang sangat luas. Dengan demikian, biaya kuliah di Kanada akan sangat beragam. Sejumlah kota selain kota besar di Kanada menawarkan biaya hidup yang jauh lebih murah dan terjangkau bagi pelajar internasional.

Sebagai negara yang ramah terhadap pelajar internasional, tentu kesempatan untuk kuliah di Kanada begitu didambakan oleh banyak orang. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Baca juga panduan lengkap kuliah di China, dari biaya hidup hingga beasiswa.

For Your Information

Mengapa Kanada menjadi favorit pelajar internasional?

Kualitas pendidikan dari Kanada dikenal setara dengan Amerika. Kemudian, biaya perkuliahannya relatif lebih murah dan kebijakan migrasi yang berlaku lebih mudah ditembus.

Berapa biaya kuliah di Kanada?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Montreal?