fbpx

Nungguin Turkiye Burslari Scholarship, Ya? Ini Panduan Lengkapnya!

Mencari dan mendapatkan beasiswa di tengah pandemi bagaikan mencari jarum di ujung jerami. Meskipun begitu, hal tersebut tidak melonggarkan langkahmu untuk terus berjuang. Sebelum mencapai akhir tahun, ada kabar menantang, nih! Kali ini Turkiye Burslari Scholarship menunggu untuk dibaca oleh kamu. Perhatikan dengan seksama, ya!

Beasiswa Turkiye Burslari (Turkiye Burslari Scholarship)

Sumber: Pexels

Selain memberikan kesempatan pendidikan dengan kualitas internasional serta kekayaan pengetahuan dan pengalaman, Pemerintah Turki menawarkan beasiswa kepada siswa internasional dari seluruh dunia untuk belajar di universitas paling bergengsi di Turki. Turkiye Burslari merupakan beasiswa bergengsi untuk para pemburu kuliah di luar negeri.

Turkiye Burslari Scholarship membuka kesempatan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S1, S2, S3, penelitian, dan program Bahasa Turki untuk kalangan internasional. Lalu, beasiswa ini tidak mewajibkan pelampiran tes TOEFL/IELTS. Sertifikat Bahasa Inggris, Arab, atau Perancis merupakan opsi untuk tambahan nilai dan disesuaikan dengan kondisi kegiatan belajar dan mengajar pada jurusan yang dipilih pelamar.

Pendaftaran Beasiswa Turkiye Burslari

Sumber: Pexels

Pendaftaran Beasiswa Turkiye Burslari biasa dibuka pada awal tahun, yakni sekitar Januari hingga Februari. Pendaftaran pada waktu tersebut dibuka untuk tingkat sarjana, magister, dan doktoral.


Sementara itu, program lain seperti Beasiswa Penelitian, Beasiswa Sukses, dan KATİP memiliki periode aplikasi yang berbeda dan diumumkan secara teratur di situs web dan media sosial resminya.

Tunjangan Turkiye Burslari Scholarship

Sumber: Pexels

Wajar saja jika Turkiye Burslari Scholarship jadi rebutan. Kandidat yang lolos tingga bawa badan, lalu kuliah dibiayai full! Enaknya lagi, dana sudah mencakup akomodasi asrama serta tiket pesawat pulang-pergi. Selain itu, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis selama satu tahun.

Mahasiswa juga akan mendapatkan uang saku untuk kebutuhan bulanan, yakni sebesar 600 TL (Rp 1,270,433) untuk jenjang S1, 850 TL (Rp 1,799,780) untuk jenjang S2, dan 1200 TL (Rp 2,540,866) untuk jenjang S3. Selain itu, yang membuat Beasiswa Türkiye unik adalah tidak hanya mencakup dukungan finansial, tetapi juga menyediakan penempatan universitas kepada penerima beasiswa di semua tingkat pendidikan tinggi.

Cara Pendaftaran

Sumber: Pexels

Pendaftaran dilakukan secara individu melalui situs resmi Turkiye Burslari Scholarship (klik pranala, ya!)

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika mendaftar:

  • Kandidat sangat disarankan untuk membaca instruksi dan peringatan dengan cermat pada sistem aplikasi.
  • Pelamar diminta untuk menyerahkan dan mengunggah dokumen yang diperlukan ke sistem aplikasi.
  • Aplikasi yang dikirim melalui pos, kurir, atau dengan tangan tidak akan diterima.
  • Pendaftaran tidak dipungut biaya sepeserpun. Harap jangan tertipu dengan pihak yang menawarkan jaminan lolos dengan biaya.
  • Beasiswa Türkiye mencakup beasiswa dan penempatan universitas secara bersamaan. Pelamar akan ditempatkan di universitas dan program di antara 12 preferensi yang mereka pilih saat mendaftar.

Dokumen yang Dibutuhkan

Sumber: Pexels

Semua kandidat harus menyerahkan dokumen-dokumen berikut secara daring:

  1. Dokumen Identifikasi Nasional yang valid atau paspor yang valid.
  2. Foto kandidat terbaru. Foto diri sendiri harus dapat diidentifikasi oleh sistem, jika tidak maka mengurangi penilaian, bahkan bisa tidak lolos dokumen.
  3. Nilai ujian nasional. Ini wajib bagi kandidat yang tidak memiliki kualifikasi atau sertifikasi internasional.
  4. Ijazah atau sertifikat kelulusan sementara.
  5. Transkrip akademik. Tangkapan layar online dan transkrip tidak resmi akan merusak penilaian kelengkapan dokumen.
  6. Nilai ujian internasional, seperti GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dan lain-lain jika diminta oleh universitas & program yang dipilih.
  7. Skor tes bahasa, jika diminta oleh universitas & program yang dipilih.
  8. Khusus pelamar jenjang PhD: Proposal penelitian dan contoh karya tertulis.

Itulah panduan pendaftaran beasiswa Turkiye Burslari. Semoga membuatmu lebih semangat ketika menyiapkan seabrek dokumen. Semoga segera ada kabar baik untukmu dan selamat berjuang!

For Your Information

Apa itu Beasiswa Turkiye Burslari?

Pemerintah Turki menawarkan beasiswa kepada siswa internasional dari seluruh dunia untuk belajar di universitas paling bergengsi di Turki. Turkiye Burslari merupakan beasiswa bergengsi untuk para pemburu kuliah di luar negeri.

Apakah Turkiye Burslari memerlukan TOEFL/IELTS?

Disesuaikan dengan kondisi kegiatan belajar dan mengajar pada jurusan yang dipilih pelamar. Nilai ujian internasional, seperti GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dan lain-lain jika diminta oleh universitas & program yang dipilih.

Kapan Beasiswa Turkiye Burslari Dibuka?

Pendaftaran Beasiswa Turkiye Burslari biasa dibuka pada awal tahun, yakni sekitar Januari hingga Februari. Pendaftaran pada waktu tersebut dibuka untuk tingkat sarjana, magister, dan doktoral.

Ingin mengetahui cerita lain di Ankara?