fbpx

NEOMA Business School Buka Kampus Digital 100% Pertama di Eropa

NEOMA Business School di Perancis menjadi sekolah pertama di Eropa yang membuka kampus digital secara 100%. Pembukaan sekolah digital ini ditujukan untuk menciptakan interaksi dan atmosfer dari kampus secara nyata meskipun melaksanakan pembelajaran secara remote.

Ditujukan bagi pelajar internasional

Sumber: neoma-bs.com

Kampus digital ini mulanya ditujukan untuk pelajar internasional yang tidak mampu hadir ke tiga kampus fisik milik NEOMA pada awal tahun akademis tahun ini. Akan tetapi, NEOMA memiliki wacana bahwa kampus digital ini nantinya dapat digunakan oleh siapa saja.

Melalui penggunaan avatar yang dipersonalisasi, para pelajar bisa belajar di tempat baru setiap harinya. Ketika telah terhubung, maka para pelajar dapat mengakses bangunan virtual untuk menjalani perkuliahan, bertemu dengan kelompok belajar, atau menghadiri seminar.

Kemudian, sejumlah pelayanan di kampus pun dapat kamu nikmati secara virtual, mulai dari pusat pengembangan karir hingga perpustakaan.

Alain Goudey, Direktur Transformasi Digital NEOMA menjelaskan bahwa para avatar yang digunakan dapat menggantikan konsep telepresence dengan menghindari aspek melelahkan dari video-conference.

“Kalian dapat membuka pintu, mengangkat tangan, duduk, atau bertepuk tangan ketika bermain sepak bola,” ujar Goudey.

“Nantinya, akan terdapat banyak fitur yang didasarkan pada gestur dan gerakan fisik. Hal ini dapat membuat pengalaman kampus digital terasa lebih natural dan menyenangkan.”

Pemanfaatan Virtual Reality (VR)

Sumber: wikiwand.com

Pembukaan kampus digital ini merupakan hasil kemitraan NEOMA dengan ahli teknologi VR/AR Laval Virtual. Pada akhirnya, kampus digital NEOMA dapat digunakan sebagai wadah kolaboratif yang mampu memfasilitasi diskusi antar anggota di komunitas NEOMA–mulai dari pelajar, profesor, hingga pegawai.

“Dengan demikian, para mahasiswa dapat bertemu dengan para ahli di bidang industri teknologi, wirausahawan start-up, dan juga para peneliti dan anggota dari komunitas Laval Virtual,” ujar Goudey.

“Melalui penggunaan alat-alat ini, NEOMA dan Laval Virtual juga menciptakan kesempatan unik untuk menggabungkan budaya bisnis dengan teknologi.”

Pada dasarnya, kampus virtual baru ini merupakan bentuk kombinasi antara pengajaran secara fisik dengan memanfaatkan teknologi. Tentunya, pengalaman untuk menjalani perkuliahan di kampus digital akan jauh berbeda dengan menjalani perkuliahan daring lewat zoom atau aplikasi semacamnya.

Tentang NEOMA Business School

NEOMA Business School merupakan sekolah bisnis dan manajemen yang baru didirikan pada tahun 2013. Sekolah satu ini merupakan hasil penggabungan antara Reims Management School dan Rouen Business School. Saat ini, NEOMA memiliki tiga kampus fisik yang berada di Perancis, yakni di Rouen, Paris, dan juga Reims.

Sebagai sekolah bisnis, maka NEOMA menawarkan jenjang sarjana dan juga magister untuk bidang manajemen. Tak lupa, ada juga program Executive Education yang bisa kamu ambil di NEOMA.

Pada dasarnya, pembukaan kampus digital di NEOMA ini merupakan pengejawantahan tujuan dari NEOMA, yakni tidak sekadar mengikuti inovasi, tapi menciptakannya.

Baca juga kisah IIT Bombay yang Gunakan Virtual Reality (VR) untuk rayakan wisuda daring.

For Your Information

Apa itu NEOMA Business School?

NEOMA Business School merupakan sekolah bisnis dan manajemen yang baru didirikan pada tahun 2013. Sekolah satu ini merupakan hasil penggabungan antara Reims Management School dan Rouen Business School. Saat ini, NEOMA memiliki tiga kampus fisik yang berada di Perancis, yakni di Rouen, Paris, dan juga Reims.

Mengapa NEOMA membuka kampus digital?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Paris?