fbpx

Murah dan Berkualitas: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di Swedia

Selain negara-negara tujuan populer seperti Inggris, Amerika, Australia, dan Kanada, kamu juga bisa memilih Swedia sebagai negara alternatif kamu untuk kuliah, lho. Swedia merupakan salah satu negara yang bisa menghadirkan campuran antara kebudayaan yang inovatif serta pendidikan yang berkualitas. Lalu, sebetulnya, apa alasan mengapa kamu harus kuliah di Swedia?

Berikut akan kami bahas satu-persatu.

Kesempatan kerja

alasan kuliah di Swedia - kesempatan kerja banyak
Kantor pusat Spotify di Stockholm, Swedia. Sumber: newsroom.spotify.com

Ketika kamu berkuliah di Swedia, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja hingga 40 jam per minggu. Nah, tentunya hal ini akan sangat membantu kamu untuk menambah uang jajan, bukan?

Kemudian, setelah lulus, kamu bisa berkesempatan untuk mengajukan perpanjangan izin tinggal untuk mencari kerja di sana. Bahkan, kamu juga punya kesempatan untuk memulai bisnis kamu secara mandiri hingga enam bulan setelah lulus.

Selain itu, ada banyak sekali kesempatan magang bagi para pelajar internasional di banyak perusahaan besar seperti IKEA, Volvo, dan juga Spotify. Bagaimanapun, Swedia merupakan pusat startup yang berbasis budaya kerja inovatif. Menarik, bukan?

Pendidikan berkualitas

Aula Medica, Karolinska Institute. Sumber: ki.se

Pendidikan tentu menjadi perhatian utama di Swedia. Setidaknya, kamu bisa menemukan 14 universitas negeri dan sejumlah institusi independen di Swedia.

Universitas-universitas terbaik yang bisa kamu pilih di Swedia beberapa di antaranya adalah, Karolinska Institute, Lund University, Uppsala University, Stockholm School of Economics, dan Stockholm University.

Pada dasarnya, pembelajaran di Swedia lebih menekankan pada pembelajaran praktis dibandingkan dengan buku teks. Dengan demikian, kamu akan banyak belajar bagaimana menggunakan pengetahuan kamu dalam konteks nyata.

Biaya perkuliahan yang terjangkau

Memang untuk para pelajar internasional yang berasal dari Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), Uni Eropa, dan negara-negara Nordik lainnya tak perlu membayar biaya perkuliahan.

Akan tetapi, bagi para pelajar internasional dari luar wilayah negara tersebut, biaya perkuliahannya cukup terjangkau, yakni sekitar USD $8.000-15.000 per tahun. Tentu jumlah ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya perkuliahan di Inggris dan Amerika Serikat.

Kualitas hidup

alasan kuliah di Swedia
Sumber: swedishlapland.com

Negara-negara Nordik terkenal sebagai negara-negara paling layak ditinggali. Sebagai contoh, ada Finlandia yang resmi menjadi negara paling bahagia sedunia tahun 2020. 

Nah, kalau Swedia, negara ini terkenal akan keberhasilan dan keberlanjutannya. Ketika kamu tinggal di negara ini, kamu bisa menikmati udara yang segar dan berbagai pemandangan yang indah.

Kemudian, kamu tidak perlu kesulitan menemukan transportasi umum karena di negara ini terdapat sekitar 100 stasiun dengan desain yang unik.

Lalu, ketika musim panas, banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan di Swedia. Kamu bisa melakukan hiking, kayaking, atau sekadar jalan-jalan di sekitar kota. 

Makanan yang enak

Tentu saja makanan menjadi salah satu faktor penting suatu negara layak dikunjungi atau tidak. Ketika kamu tinggal di Swedia, kamu akan menemukan berbagai makanan lokal seperti bola-bola daging Swedia, raggmunk (panekuk kentang Swedia yang digoreng menggunakan butter), salmon, crispbread, dan juga sour cream.

Kalau kamu penyuka makanan manis, kamu bisa menemukan berbagai makanan tradisional Swedia seperti crepes, wafel, kue, pastri, kukis, dan juga roti.

Selain itu, Swedia juga menyediakan berbagai pilihan makanan sehat. Kamu bisa mengunjungi restoran vegetarian di Stockholm apabila kamu merupakan seorang vegan.

Itulah 5 alasan mengapa kamu harus kuliah di Swedia. Yang pasti, Swedia itu selalu menarik untuk ditinggali, Kawan Rantau. Kamu tetap bisa mendapatkan pendidikan berkualitas dan tinggal dengan nyaman di sana.

Baca juga alasan mengapa Swedia masih menjadi favorit para pelajar meski terdampak COVID-19.

For Your Information

Apa ciri khas dari Swedia?

Selain negara-negara tujuan populer seperti Inggris, Amerika, Australia, dan Kanada, kamu juga bisa memilih Swedia sebagai negara alternatif kamu untuk kuliah, lho. Swedia merupakan salah satu negara yang bisa menghadirkan campuran antara kebudayaan yang inovatif serta pendidikan yang berkualitas.

Apakah mudah mendapatkan pekerjaan di Swedia?

Pihak pemerintah Swedia memungkinkan para pelajar internasional untuk lanjut bekerja di sana.

Bagaimana dengan biaya perkuliahan di Swedia?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Stockholm?