fbpx

Mitos dan Fakta Soal Sekolah Bisnis yang Harus Kamu Tahu

Bisnis menjadi salah satu jurusan favorit bagi sebagian besar orang. Bahkan, banyak sekali yang masih ingin medapatkan gelar MBA. Sayangnya, masih banyak pula yang memiliki kesalahpahaman mengenai sekolah bisnis. Maka dari itu, berikut akan kami bahas mitos dan fakta soal sekolah bisnis yang harus kamu tahu.

Harus punya pengalaman yang relevan sebelum mendaftar

Mitos dan fakta sekolah bisnis
Sumber: unsplash.com

Untuk mendapatkan pengalaman, kamu juga membutuhkan pengalaman yang relevan. Tentu ungkapan tersebut memang ada benarnya. Banyak sekolah bisnis mensyaratkan seorang pendaftar memiliki pengalaman 3-5 tahun. Syarat yang terdengar sulit untuk beberapa orang tentunya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua sekolah bisnis mensyaratkan hal tersebut. Ada juga yang hanya mensyaratkan pengalaman satu tahun saja. Hal ini tergantung dari program apa yang kamu ambil.

Lebih cepat mendaftar lebih baik

Banyak yang mengira bahwa ketika berhasil mendaftar lebih cepat, maka kemungkinan diterima akan semakin besar. Sayangnya, hal tersebut sama sekali tidak benar. Untuk mendaftar di sekolah bisnis favorit, kamu harus memastikan bahwa seluruh dokumen pendaftaranmu bersih dari kesalahan.

Jadi, gunakan waktumu sebaik mungkin untuk mempersiapkan aplikasi pendaftaranmu.

Sekolah bisnis hanya tentang bisnis

Sumber: unsplash.com

Dulunya, program MBA memang menjadi primadona bagi semua sekolah bisnis. Otomatis, semua hal yang dibahas di sekolah tersebut hanya seputar bisnis. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir terdapat perubahan yang cukup drastis.

Banyak sekali jenis program yang ditawarkan di sekolah bisnis, mulai dari pemasaran hingga manajemen, keuangan hingga kewirausahaan, hingga soft skill yang berguna dalam mengembangkan bisnis.

Para mahasiswanya adalah ahli bisnis

Tentu saja pernyataan ini tidak benar. Seseorang memilih sekolah bisnis karena mereka butuh untuk belajar bisnis. Jadi, jelas mereka bukanlah ahli bisnis.

Meskipun banyak para mahasiswa sekolah bisnis memiliki latar belakang di bidang bisnis, banyak juga mahasiswa yang berasal dari jurusan seni dan humaniora, bahasa, teknik, bahkan kedokteran.

Hanya bisa belajar di kampus

Mitos dan fakta sekolah bisnis
Sumber: unsplash.com

Di tengah dunia yang telah terhubung ini, maka tidak semua sekolah bisnis menggunakan metode perkuliahan tatap muka. Faktanya, banyak sekali sekolah bisnis yang membuka program kuliah daring. University of Nebraska, Fayetteville State University, dan Embry-Riddle Aeroautical University merupakan sejumlah program kuliah MBA daring yang dapat menjadi pilihan.

Demikian sejumlah mitos dan fakta soal sekolah bisnis yang harus kamu tahu. Kalau kamu memang ingin berkuliah di sekolah bisnis, mengapa tidak, Kawan Rantau?

Baca juga alasan mengapa kamu harus kuliah bisnis di SSE, Swedia.

For Your Information

Apakah kita harus punya latar belakang bisnis untuk sekolah bisnis?

Tidak, Kawan Rantau. Banyak orang yang mengambil sekolah bisnis padahal memiliki latar belakang yang jauh berbeda.

Apakah kita hanya belajar bisnis di sekolah bisnis?

Tidak lagi. Banyak sekali aspek lainnya yang akan kamu pelajari di sekolah bisnis.

Apakah saya harus berkuliah tatap muka untuk sekolah bisnis?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?