fbpx

MIT atau Harvard: Manakah yang Harus Saya Pilih?

Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University merupakan dua universitas top di Amerika Serikat, bahkan dunia. Kedua universitas ini saling berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Akan tetapi, manakah universitas yang lebih baik? MIT atau Harvard? Manakah yang lebih cocok untukmu?

Setelah sebelumnya kami membahas perbedaan dari Harvard dan Stanford University, maka kali ini kami akan membandingkan Harvard dengan MIT. Ada sejumlah faktor yang kami bandingkan dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik, ya.

Tentang MIT

Sumber: sciencemag.org

MIT merupakan universitas swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts. Berdiri sejak tahun 1861, MIT berfokus pada bidang sains, teknik, dan teknologi. Misi utama dari MIT adalah mendorong penelitian, penemuan, dan juga inovasi.

Di MIT, terdapat enam fakultas utama, yakni sebagai berikut:

  • School of Architecture and Planning
  • School of Engineering
  • School of Humanities, Arts, and Social Sciences
  • Sloan School of Management
  • School of Science
  • MIT Schwarzman College of Computing

Tentu saja, fakultas paling populer di MIT adalah School of Engineering. Secara keseluruhan, MIT menawarkan 56 jurusan sarjana dan 50+ minors.

Tentang Harvard University

Sumber: hbs.edu

Harvard University terkenal sebagai salah satu anggota dari Ivy Leagues. Terletak di Cambridge–yang notabene sama dengan MIT, Harvard juga memiliki kampus di Allston dan Longwood.

Universitas satu ini terkenal sebagai universitas tertua di Amerika Serikat dan telah berdiri sejak tahun 1636. Misi utama dari Harvard adalah mendidik warga dan para pemimpin dunia melalui pendidikan liberal arts dan sains.

Di Harvard, terdapat 13 fakultas dan institusi khusus yang tersedia, yakni sebagai berikut:

  • Harvard Business School
  • Harvard College
  • Harvard Divinity School
  • Harvard Division of Continuing Education
  • Harvard Graduate School of Arts & Sciences
  • Harvard Graduate School of Design
  • Harvard Graduate School of Education
  • Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences
  • Harvard Kennedy School
  • Harvard Law School
  • Harvard Medical School
  • Harvard School of Dental Medicine
  • Harvard T.H. Chan School of Public Health
  • Radcliffe Institute for Advanced Study

Lokasi

Sumber: pinterest.com

Baik Harvard maupun MIT berada di Cambridge, Massachusetts. Wilayah ini terletak di barat laut Boston dan masih berada di wilayah metropolitan Boston. Jumlah populasi di Cambridge mencapai 100.000 orang, dan di antaranya adalah ribuan pelajar dari MIT atau Harvard.

Jenis universitas

Kedua universitas sama-sama merupakan universitas swasta. Jadi, keduanya tidak didanai oleh pemerintah. Lalu, Harvard merupakan anggota dari Ivy League, sedangkan MIT tidak.

Meskipun demikian, status tersebut tidak berarti apa-apa terhadap reputasi kedua universitas. Sebagai contoh, meskipun MIT bukan bagian dari Ivy League, MIT tetap terkenal sebagai universitas terbaik di dunia.

Jumlah mahasiswa

Sumber: mit.edu

Dalam hal kuota pendaftaran, kesempatan kamu untuk masuk Harvard lebih besar dibandingkan MIT. Mengapa? karena Harvard memiliki kuota 6.788 kursi untuk S1. Sedangkan, MIT hanya menyediakan 4.602 kursi.

Hal ini wajar mengingat MIT hanya memiliki enam fakultas dan Harvard memiliki 13 fakultas. Kemudian, satu hal yang menjadi ciri khas dari Harvard adalah sekolah kedokteran dan hukumnya yang terkenal dan paling diminati.

Tingkat penerimaan mahasiswa baru

Tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat penerimaan mahasiswa baru di Harvard dan MIT sangatlah rendah, yakni hanya 7% dan 5%. Kedua universitas ini memang sangat sulit untuk ditembus.

Untuk bisa masuk ke universitas ini, kamu harus memiliki rata-rata nilai 4.17 untuk masuk MIT dan 4.18 untuk Harvard. Meskipun berbeda 0.01 poin saja, rata-rata nilai tersebut akan sulit untuk diraih apabila kamu tidak mempersiapkannya dengan baik.

Lalu, untuk skor tes terstandar yang harus kamu penuhi, rata-rata nilai tes untuk menjadi siswa MIT lebih tinggi dari Harvard. Kamu membutuhkan skor SAT 1530 dan ACT 35 untuk masuk ke MIT. Sedangkan, untuk masuk Harvard, kamu bisa masuk dengan skor SAT 1510 dan ACT 34.

Biaya perkuliahan

Sumber: asiatimes.com

Berhubung kedua universitas merupakan universitas swasta, biaya perkuliahan dari keduanya tidak terlalu berbeda–dan itu berarti sama-sama mahal. Rata-rata biaya perkuliahan di Harvard mencapai $51.925 per tahun (Rp748.187.325,-), dan MIT mencapai $53.790 per tahun (Rp775.060.110,-).

Akan tetapi kamu jangan khawatir, Kawan Rantau, ada banyak sekali bantuan pendidikan yang bisa kamu dapatkan di kedua universitas ini. Di Harvard, siswa yang keluarganya memiliki pendapatan kurang dari $65.000 per tahun, akan dibebaskan dari biaya perkuliahan. Sedangkan, di MIT hal ini berlaku bagi keluarga yang memili pendapatan kurag dari $90.000.

Akademis

Meskipun MIT lebih berfokus pada bidang sains dan teknologi dan Harvard lebih fokus pada liberal arts, kedua universitas ini menawarkan lebih dari 50 jurusan berbeda di berbagai bidang.

Akan tetapi, tentu jurusan paling populer di MIT tidak akan jauh-jauh dari sains, teknik, dan teknologi. Tentu hal ini termasuk pula jurusan ilmu komputer, biologi, dan matematika.

Di sisi lain, jurusan populer di Harvard melingkupi berbagai jenis jurusan di bidang ilmu sosial dan humaniora.

Kesimpulan

Pada dasarnya, MIT dan Harvad sama-sama merupakan universitas paling prestisius yang terletak di Cambridge. Keduanya memang memiliki fokus yang berbeda. Akan tetapi, kita tidak bisa menilai mana universitas yang lebih baik di antara keduanya. Toh, keduanya memiliki ciri khas masing-masing.

Kamu bisa mempertimbangkan pilihanmu antara MIT dan Harvad dengan melihat jurusan yang ditawarkan, biaya perkuliahan, dan juga lingkungan perkuliahan seperti apa yang kamu cari.

Jadi, lakukan riset lebih jauh untuk menentukan pilihanmu, Kawan Rantau. Semangat!

For Your Information

Apa itu MIT?

MIT merupakan universitas swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts. Berdiri sejak tahun 1861, MIT berfokus pada bidang sains, teknik, dan teknologi.

Apa itu Harvard University

Harvard University terkenal sebagai salah satu anggota dari Ivy Leagues. Terletak di Cambridge–yang notabene sama dengan MIT, Harvard juga memiliki kampus di Allston dan Longwood. Universitas satu ini terkenal sebagai universitas tertua di Amerika Serikat dan telah berdiri sejak tahun 1636

Apa perbedaan antara MIT dan Harvad?

Bacalah ulasan lengkap kami di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?