fbpx

Meski COVID-19 Melanda, Minat Pelajar untuk Kuliah di Asia Meningkat

Universitas-universitas di Asia hadir dengan berbagai bentuk penawaran, mulai dari mata kuliah yang lebih beragam, peminatan yang banyak, hingga dukungan yang baik terhadap pelajar internasional. Kemudian, meskipun COVID-19 masih melanda, minat pelajar untuk kuliah di Asia semakin meningkat.

Memang negara-negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia masih menjadi negara tujuan favorit para pelajar internasional. Akan tetapi, adanya larangan penerbangan akibat COVID-19, membuat banyak pelajar internasional yang mempertimbangkan kembali rencana perkuliahan mereka.

Pada akhirnya, banyak pelajar asal Asia yang lebih memilih untuk berkuliah di Kawasan Asia saja.

Sebagai contoh, para pelajar China mulai mengubah rencana studi mereka yang mulanya berfokus pada Inggris, Amerika, dan Australia. Adanya peningkatan tensi geopolitik dan juga kebijakan imigrasi yang tidak menguntungkan membuat para pelajar ini mengubah negara tujuan mereka. Bahkan, berdasarkan data yang telah himpun, jumlah pelajar internasional yang menempuh studi di Amerika Serikat terus menurun selama sembilan tahun terakhir.

Apa keistimewaan dari kuliah di Asia?

Sumber: APIC

Ketika pesona dari negara-negara barat mulai menurun, maka sejumlah negara yang menjadi pusat pendidikan di Asia mulai dilirik. Sebut saja negara-negara seperti China, Singapura, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan yang notabene merupakan lokasi universitas terbaik di Asia berada. Akhir-akhir ini, banyak sekali pelajar di Asia, atau bahkan luar Asia, yang memilih salah satu universitas di negara-negara tersebut.

Tentunya, naiknya popularitas dari universitas-universitas di Asia ini didorong oleh kualitas akademis yang terus meningkat. Kemudian, biaya hidup dan juga perkuliahan yang jauh lebih murah juga menjadi faktor pendorong utama. 

Apabila biaya perkuliahan daring sama dengan perkuliahan tatap muka, maka banyak pelajar yang lebih memilih untuk berkuliah di universitas dengan biaya yang jauh lebih murah. Apalagi, kebijakan imigrasi yang berlaku di negara-negara Asia jauh lebih ramah.

Apa saja pilihan universitas di Asia?

Sumber: college.unc.edu

Pada dasarnya, ada dua negara yang kemungkinan menjadi negara favorit para mahasiswa di Asia, yakni Singapura dan Malaysia. Otomatis, universitas terbaik di kedua negara ini menjadi incaran.

Pilihan lainnya tentu saja bisa kita lihat dari daftar universitas terbaik di Asia berikut ini:

  1. National University of Singapore, Singapura
  2. Nanyang Technological University, Singapura
  3. Tsinghua University, China
  4. Peking University, China
  5. University of Hong Kong, Hong Kong
  6. Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong
  7. University of Tokyo, Jepang
  8. Kyoto University, Jepang
  9. Seoul National University, Korea Selatan
  10. Universiti Malaya, Malaysia

Selain universitas di atas, ada juga pelajar yang memiliki minat untuk menjalani kuliah di sejumlah kampus cabang di Asia seperti Monash dan Curtin University di Malaysia, atau Nottingham University yang berada di Ningbo, China.

Baca juga kemungkinan bagi kamu untuk melanjutkan kuliah di Asia pada tahun 2020.

For Your Information

Mengapa Asia mulai diminati pelajar Internasional?

Negara-negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia masih menjadi negara tujuan favorit para pelajar internasional. Akan tetapi, adanya larangan penerbangan akibat COVID-19, membuat banyak pelajar internasional yang mempertimbangkan kembali rencana perkuliahan mereka.

Universitas mana saja yang menjadi favorit para pelajar di Asia?

Temukan jawabannya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?